Harap Tunggu

Media - Media Detail

Cara Menentukan Harga Jual Rumah Over Kredit Anti Rugi

10 August 2023 - Artikel

Bingung cara jual rumah KPR milikmu?

Mungkin saat ini Anda sedang bertanya-tanya bagaimana cara jual beli rumah over kredit milik Anda, serta bagaimana sih cara menentukan harga jual rumah over kredit agar tidak rugi.

 

Cara Jual Rumah Over Kredit dengan Harga Terbaik

Anda adalah pekerja baru yang ingin membeli rumah di Medan. Karena itu Anda memutuskan untuk membeli hunian KPR karena berencana untuk terus bertempat tinggal di Medan

Sampai akhirnya pekerjaan Anda sukses, Anda naik pangkat dan dipindahtugaskan ke kantor pusat yang terletak jauh dari tempat tinggal sekarang.

Tidak mungkin meninggalkan istri dan anak karena jarak yang terlalu jauh. Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan akhirnya Anda memutuskan untuk menjual rumah tersebut.

Rumah tersebut telah Anda tinggali selama total 7 tahun lamanya, dan masih ada sisa kewajiban cicilan 5 tahun lagi.

Di sini, Kami akan membantu Anda menentukan harga jual rumah KPR dengan gambaran di atas dengan artikel di bawah ini.

 

1. Hitung Biaya Total yang Sudah Dikeluarkan

Menghitung biaya ini bisa Anda cari tahu dengan mencari tahu besaran jumlah uang muka yang Anda sudah ANda keluarkan di awal-awal pengajuan KPR ada bank yang tersangkut.

Misalnya saja, Anda membeli sebuah hunian River Valley yang Anda beli di agent estate Wiraland dengan harga kisaran Rp1.200.000.000.

Uang muka yang Anda keluarkan sebanyak Rp130.000.000, lalu ada hal hal lainnya seperti pengurusan dan pengesahan yang perlu mengeluarkan kiranya 17.500.000,-

Sehingga total pengeluaran Anda di awal adalah Rp147.500.000. 

Rumah itu harus di cicil selama 12 tahun dan dibayarkan tiap bulannya sebesar 8.000.000,-

 

2. Hitung Jumlah Cicilan yang Terbayar Sampai Saat Ini

Ingin tahu berapa banyak Anda telah menghabiskan biaya di rumah tersebut?

Anda bisa pakai perhitungan ini. Kalikan jumlah bulan selama Anda membayar cicilan dengan biaya angsuran tiap bulan.

84 (bulan) x Rp8.000.000 - (besar angsuran) = Rp672.000.000,-

Total keseluruhan biaya yang sudah habiskan adalah: Rp147.500.000 + Rp672.000.000 = Rp819.500.000.

Pastikan mengecek perhitungan ini dengan benar. Karena biaya inilah yang nantinya bisa jadi patokan harga jual rumah. 

Jangan sampai terlalu murah karena tentu Anda akan rugi, tapi juga jangan terlalu mahal karena nanti akan sulit mendapat pemilik baru.

 

3. Pertimbangkan Kondisi Rumah

Lakukan evaluasi menyeluruh terhadap rumah Anda, lihat ada berapa banyak kerusakan atau bahkan berapa kali rumah tersebut sudah di renovasi.

Bangunan yang baik tentu harga jual rumahnya pun baik. Sedangkan rumah yang memiliki banyak kerusakan dapat berakibat terhadap turunnya harga pasar properti yang Anda.

Jadilah pemilik dan seorang penghuni yang selalu meramut rumah agar tahan lama. Rumah yang terawat pasti akan lebih awet, serta harga jualnya pun akan stabil.

 

4.  Update Harga Properti Saat Ini

Setiap tahunnya, harga properti over kredit selalu naik. Biasanya properti ini akan naik sebesar 10 hingga 30% tiap tahunnya

Kalau Anda ingin menjual rumah, ada baiknya mengecek terlebih dahulu harga properti yang berlaku saat itu agar nantinya dapat sesuai dengan harga pasar.

Coba lihat berapa estimasi harga tanah dan bangunan tiap meternya dan bandingkan dengan harga tanah yang sebelumnya telah Anda beli. Tentu saja kapan dibuatnya bangunan tersebut akan mempengaruhi harga.

Cara lainnya, Anda bisa mencari rumah model yang sama dengan rumah yang ingin Anda jual dan bandingkan harganya.

Harus diingat, harga rumah over kredit dan rumah baru jelas berbeda.

Rumah model A yang dibuat lima tahun lalu tentu akan lebih murah dibandingkan rumah model A tahun ini.

 

5. Lokasi yang Strategis

Beli rumah di desa dan beli rumah strategis di Ibukota tentu menjadi pengaruh lokasi untuk harga over kredit dengan patokan harga standar yang berlaku masing masing tempatnya

Misalkan saja, ada yang jual rumah yang ada di daerah pedalaman, di lain pihak ada rumah di kota besar dengan model serupa sedang di jual.

Harga rumah yang ada di pedalaman misalnya saja hanya sekitar 50 juta rupiha, sedangkan saat Anda melihat rumah yang terletak di kota besar maka harganya bahkan bisa melebihi 200 juta rupiah.

Perbandingan yang sangat fantastik. 

Lalu kenapa rumah di kota  lebih mahal? ada berbagai alasan seperti kepadatan penduduk, tingginya biaya hidup sehari hari, mudahnya transportasi dan lainnya. Berbeda dengan daerah yang  jarang ada transportasi serta sulit dijangkau.

 

Prosedur Over Kredit Rumah

Setelah Anda selesai menentukan harga jual rumah yang akan di take over oleh pembeli. Maka Anda dan pembeli dapat menyiapkan syarat over kredit rumah diantaranya:

·    Identitas data seperti KK, KTP, Akta Nikah dan lainnya

·    Akta jual beli pengalihan hak tanah dan bangunan

·    Membuat surat kuasa

·    Fc PBB tiga bulan terakhir yang sudah terbayar

·    Fc IMB

·    Bukti Fotocopy pembayaran cicilan ke bank

·    Rekening atau buku tabungan yang dipakai untuk membayar cicilan

·    Fc Sertifikat

·    Fc surat perjanjian kredit

Ada dua cara melakukan over kredit rumah. yang pertama Anda bisa menggunakan jasa bank, tapi kalau ingin lebih mudah Anda bisa gunakan jasa notaris.

Memang jasa notaris untuk Over Kredit itu membutuhkan biaya lagi. Tapi tidak ada salahnya menggunakan jasa notaris karena  proses akan berjalan lebih cepat serta Anda akan di bantu selama proses jual beli sampai beres.

Makin cepat terjual, makin cepat uang mengalir ke rekening bukan?

 

Tips Jual Rumah Over Kredit

Ingin pembeli segera meminang rumah Andai? Coba pakai beberapa cara di bawah ini!

 

1. Harga Jual Wajar

Menjual properti memang baiknya jangan terlalu murah agar menghindari boncos. Tapi, bukan berarti Anda bisa menjual rumah over kredit terlalu mahal

Harga yang terlalu mahal dan atau lebih mahal dari pasar yang ada akan membuat KPR milikmu jadi sulit untuk dilirik calon pembeli.

 

2. Perbaiki Rumah Agar Tampak Baru dan Segar

Kalau Anda ingin menyakinkan calon pembeli, untuk membeli rumah hunian kredit Anda. Maka renovasi bisa Anda lakukan.

Mempersiapkan hunian sebaik mungkin serta mempercantiknya. Anda bisa mengganti cat rumah agar terasa lebih fresh saat dipandang, memperbaiki beberapa kesalahan fatal, serta membuat suasana nyaman dan aman dalam hunian Anda.

Jadikan rumah over kredit mu membuat calon pembeli merasa bahwa inilah pilihan terbaik yang harus ia ambil

 

3. Buat Iklan yang Menarik

Kini membuat iklan jadi lebih mudah. Anda bisa buat iklan di media sosial dengan memberikan caption yang menarik dan gambar yang eye catching.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur siapa saja yang ingin kirimi iklan, berdasarkan buyer persona yang sebelumnya sudah Anda cari tahu. 

 

4. Kerjasama dengan Jasa Agen Properti Tepercaya

Agen properti akan membantu menjualkan hunian Anda. Pilih agen properti tepercaya dan selalu mengedepankan kepuasan tiap pelanggan. Wiraland akan membantu melakukan selling dan marketing atas hunian yang ingin Anda jual sehingga menemukan pembeli terbaik.

Itulah beberapa cara menentukan harga rumah over kredit. Ikuti tips nya dan selalu pahami resiko over kredit rumah agar tidak terjadi pada Anda

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua