Harap Tunggu

Media - Media Detail

6 Cara Mengetahui Harga Tanah Dengan Mudah Dan Akurat

04 May 2024 - Artikel

Harga tanah adalah hal pertama yang sudah pasti terlintas pertama kali di kepala Anda saat mau membeli lahan. Selain muncul pertama di pikiran, pengetahuan tentang harga tanah di suatu daerah krusial untuk menghindari pengelabuan nilai dan kehilangan uang. Lalu, bagaimana sih cara mengetahui harga tanah?

Nggak perlu bingung! Untuk bantu Anda memahami harga tanah yang mau dibeli, kali ini kami akan berikan 6 upaya untuk mempelajari nilai lahan dengan akurat. Jadi, baca artikel ini sampai habis, ya!

 

1. Melihat Harga dengan Metode NJOP

Upaya pertama guna cek harga tanah per meter adalah dengan metode melihat NJOP. Anda mungkin berpikir dan bingung tentang apa yang dimaksud dengan NJOP. Jangan khawatir, kami akan jelaskan detailnya.

Secara umum, NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak merujuk pada value rata-rata objek yang dikenai pajak. NJOP dipakai sebagai fondasi perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Guna menentukan jumlah pajak yang harus dipenuhi oleh pemilik lahan atau bangunani, NJOP dikalikan dengan tarif pajak.

Bukan sekadar perhitungan pajak, NJOP juga memberikan gambaran tentang nilai lahan atau bangunan di suatu wilayah. Di dalam dokumennya, Anda bisa melihat harga objek, nilai perolehan baru, dan nilai jual objek pajak pengganti. Berikut uraian detailnya:

 

·         Harga Objek: Mencari padanan properti serupa yang berlokasi relatif dekat dan telah ditemukan harganya.

·         Nilai Perolehan Baru: Pendekatan berdasarkan estimasi biaya yang dikeluarkan guna memperoleh propertinya dan dikurangi dengan nilai kondisi aktualnya.

·         Nilai Jual Objek Pajak Pengganti: Cara untuk melalui nilai pajak dari hasil produksi objek yang dikenai pajak.

Melalui metode NJOP, Anda bisa memperoleh pemahaman tentang harga rata-rata lahan. Cara ini juga menunjukkan apakah harga lahan di wilayah yang Anda pilih cenderung lebih mahal atau murah dari NJOP.

 

2. Survei Langsung

Meskipun NJOP bisa jadi acuan, harga aktual lahan yang ditawarkan bisa sangat berbeda. Pasalnya, NJOP lebih cenderung mengacu pada nilai terendah lahan. Padahal, harga lahan di pasar bisa jauh lebih tinggi.

Oleh sebab itu, upaya penting berikutnya adalah dengan melakukan kunjungan langsung ke lahan yang menarik bagi Anda. Melaksanakan peninjauan langsung ke lokasi properti adalah pendekatan konvensional yang sangat krusial untuk memperoleh gambaran harga tanah aktual.

Lewat kunjungan langsung, Anda berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan penduduk sekitar. Jadi, Anda bisa langsung mendengar pendapat mereka tentang harga normal lahan di daerah tersebut.

Di samping itu, lewat kunjungan langsung Anda juga bisa mengamati fasilitas sekitar lahan tersebut. Semakin lengkap fasilitasnya, maka makin tinggi pula nilai jual lahan di pasaran.

 

3. Cek Harga Online Lewat BPN

Selanjutnya, Anda juga dapat hitung harga tanah online lewat BPN. Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK) yang mempunyai tugas serta fungsi terkait bidang pertahanan.

Beberapa tanggung jawab utama BPN antara lain perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penetapan hak tanah pendaftaran lahan, serta pemberdayaan masyarakat. Karena lembaga ini milik pemerintah, cek harga tanah BPN online sudah pasti aman dan akurat.

Untuk memakai aplikasi cek harga tanah dari BPN, berikut tips yang bisa Anda ikuti:

1.      Buka situs Bhumi ATR/BPN lewat peramban web di perangkat Anda.

2.      Temukan dan klik menu Kunjungi Bhumi setelah masuk ke situsnya guna mengakses layanan pemetaan. 

3.      Setelah laman terbuka, Anda bisa temukan peta Indonesia. Gunakan kotak pencarian untuk mengetikkan nama atau lokasi tanah yang mau dicek harga jualnya.

4.      Setelah temukan lokasi yang dimau, tekan pada area tersebut di peta. Tindakan ini akan membawa Anda ke halaman yang menampilkan data tanah di area tersebut.

5.      Di halaman data tanah, telusuri dan tekan menu Dataset Utama. 

6.      Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian yang menyajikan informasi tentang Zona Nilai Tanah.

7.      Pilih opsi Tambah Data dan Tambah Pada Peta guna melihat pemetaan zona-zona nilai tanah di wilayah terpilih.

Melalui langkah-langkah tersebut, Anda bisa mengakses dan mengeksplorasi pengetahuan tentang harga lahan di beragam wilayah lewat BPN secara mudah.

 

4. Berkunjung ke Kantor Pertanahan Setempat

Di samping secara online, Anda juga dapat mengunjungi kantor BPN setempat. Sebagai lembaga untuk pendataan lahan, kantor mereka bisa menjadi sumber informasi reliabel untuk Anda. Berikut tips saat berkunjung ke kantor BPN.

1.      Cari dan kunjungi kantor pertahanan yang berlokasi di wilayah tempat lahan berada. 

2.      Setibanya di kantor, ajukan langsung pertanyaan pada petugas terkait harga di kawasan tersebut. Petugas akan memberikan informasi terbaru tentang harganya menurut data yang dimiliki.

Dengan mengunjungi kantor BPN setempat, Anda bisa memperoleh informasi terbaru serta akurat.

 

5. Konsultasi dengan Notaris Tanah

Cara mengetahui harga tanah berikutnya adalah dengan berkonsultasi ke notaris tanah yang berpengalaman di transaksi properti. Notaris bukan cuma berperan sebagai perantara atau saksi saat proses jual-beli properti. 

Akan tetapi, mereka juga mempunyai pengetahuan tentang harga tanah di wilayah tempat mereka berpraktik. Melalui konsultasi bersama profesional ini, Anda bisa memperoleh saran tepat terkait pembelian lahan maupun pemahaman tentang kondisi pasar.

 

6. Manfaatkan Agen Properti 

Bukan hanya berdiskusi dengan notaris, Anda juga bisa meminta bantuan agen properti. Umumnya, agen properti mempunyai pemahaman luas tentang pasar properti lokal. Sehingga, mereka bisa menyediakan informasi akurat tentang lahan yang membuat Anda tertarik.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan ketika bertemu agennya:

·         Jelaskan kebutuhan Anda secara jelas serta terperinci. Beritahu bahwa Anda tertarik untuk memahami nilai lahan di suatu kawasan dan mintalah saran mereka.

·         Tanyakan pada agen tentang harga jual tanah yang sesuai dengan kawasan, fasilitas, dan ukuran lahan yang diminati.

·         Mintalah nasehat terkait negosiasi harga lahan yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

Selain agen properti, Anda juga bisa memilih lahan yang ditawarkan oleh pengembang. Salah satu pengembang properti tepercaya dan berkualitas yang bisa dipilih adalah Wiraland. Di Wiraland, Anda bisa memilih beberapa tipe kavling di kawasan elit, nyaman, serta enak.

Selain ada di zona yang strategis dan bagus, tipe kavling yang ditawarkan oleh Wiraland juga relatif murah, lho! Di sini, Anda berkesempatan untuk dapatkan tipe kavling di Medan dengan harga mulai dari 307 jutaan.

 

Penutup

Demikian 6 cara mengetahui harga tanah yang bisa Anda terapkan. Melalui penerapan 6 cara di atas, Anda jadi bisa tahu berapa nilai-nilai lahan yang diminati. Ini juga bisa membuat Anda terhindar dari penipuan maupun kerugian.

Nah, supaya terhindar dari keribetan itu, Anda juga bisa langsung memilih produk dari pengembang properti seperti Wiraland. Bukan hanya rumah tapak, Wiraland juga menawarkan tipe kavling yang memberikan Anda fleksibilitas dalam membangun hunian yang diinginkan.

Terlebih lagi, tipe kavling di Wiraland cukup terjangkau. Anda bisa dapatkan tipe kavling dengan harga mulai dari 307 juta. Tertarik untuk tahu lebih banyak? Yuk, kunjungi website Wiraland!

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua