Harap Tunggu

Media - Media Detail

Cara Jual Rumah Di Medan Tanpa Ribet

09 October 2022 - Artikel

Rumah menjadi hal paling penting dalam kehidupan manusia. Maka banyak masyarakat berlomba-lomba membangun rumah atau membeli rumah, namun ada juga yang ingin menjual rumah baik ingin pindah atau membangun rumah di lokasi lain. Bagi Anda masyarakat Medan dan ingin menjual rumah, silakan perhatikan cara jual rumah di Medan berikut ini. 

 

 

Cara Jual Rumah Di Medan Take Over KPR

Proses pembelian rumah bisa dilakukan dengan cash juga KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Jika KPR belum lunas dan ingin menjual rumah karena sesuatu hal, apa yang harus Anda lakukan? Tenang Anda bisa melakukan take over KPR. 

Maksudnya Anda melakukan pengalihan utang KPR Anda kepada orang lain yang menyetujui membeli rumah Anda. Proses ini harus melibatkan pihak bank sebagai KPR. 

 

Take over KPR bisa dijalankan dengan dua skema, yaitu : 

1.  Pengalihan utang KPR ke pembeli rumah dengan cara melanjutkan sisa cicilan KPR dan dibayarkan pada bank yang sama. 

Skema take over KPR ini tentunya lebih cepat dan mudah, sebab seluruh dokumen telah tersimpan oleh bank yang sama. Maka kalau pembeli ingin meneruskan KPR tidak usah repot meminjam banyak dokumen. 

Jika kesulitan menemukan pembeli Kamu bisa mengadakan promo, seperti promo perumahan di Medan. Hal ini pasti lebih menarik pembel. 

Sayangnya Anda sebagai penjual harus paham dan mencari calon penerus KPR baru yang sesuai dengan kriteria bank. 

Hal ini karena bank kemungkinan besar juga bisa menolak pengalihan KPR pada calon pembeli rumah yang dianggap memiliki resiko besar. 

 

2.  Pengalihan utang KPR ke pembeli rumah dengan memindahkan pula KPR kepada bank baru sesuai keinginan pembeli rumah. 

Jika kondisi kedua Anda sulit dalam penentuan debitur bank yang cocok. Pada skema kedua ini Anda bisa mengikuti kemauan dari pihak pembeli rumah. 

Pihak pembeli kadang akan meminta mengalihkan KPR ke sesuai keinginannya. Karena pembeli ingin mendapatkan periode bunga tetap alias fixed rate dan ini biasanya hanya diberikan bank kepada debitur KPR baru di awal pinjaman. 

Hal ini tidak akan diperoleh jika KPR diteruskan di bank lama. Manfaat lainnya dengan mengalihkan KPR ke bank baru adalah adanya peluang untuk calon pembeli memperoleh ekstra dana tunai dari pihak bank. 

Kondisi tersebut karena saat melakukan take over KPR ke bank baru, bank akan menilai kembali juga menjalankan appraisal ke rumah Anda. Maka disitulah akan ditemukan harga jual rumah sesuai perhitungan dari bank. 

Jika didapatkan harga rumah lebih tinggi dibandingkan harga jual yang dilakukan, maka pembeli dapat menikmati sisa dana tunai sesudah dikurangi uang muka rumah serta pelunasan utang pokok KPR ke bank lama. 

Skema ini tentunya memberi keuntungan bagi pembeli, sayangnya prosesnya sangat banyak dan pasti lebih rumit dibandingkan skema yang pertama. 

Itulah skema jual beli rumah yang KPRnya masih berjalan. Bagi Anda yang ingin jual rumah di Medan. Tunggu apalagi, Anda bisa menggunakan 2 pilihan sistem ini. Semoga bermanfaat. 

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua