Harap Tunggu

Media - Media Detail

Hati-Hati Menentukan Harga Perumahan Di Medan, Hindari Developer Bodong

25 August 2022 - Artikel

 

Sekarang ada banyak sekali developer perumahan yang menawarkan berbagai perumahan dengan desain, sarana, dan prasarana yang bersaing. Nah, bagi Anda masyarakat Medan, jika Anda ingin membeli atau KPR di perumahan Anda harus banget tahu harga perumahan di Medan. Lalu apa yang harus Anda lakukan sebelum membeli perumahan?

 

Ciri Ciri Perumahan Dengan Developer Bodong

Sebelum Anda membeli perumahan, pastikan Anda mengecek dulu tentang developer perumahan tersebut. Nah ciri-ciri developer bodong sendiri adalah:

 

1. Penjelasan yang ada di Brosur serta Customer service beda

Developer bodong biasanya akan melakukan penipuan informasi yang ada di brosur yang disebarkan dan yang diberitahukan customer service berbeda.

Misal Anda ingin cari tahu informasi perumahan daerah Medan. Waktu Anda cek di brosur dan customer service nya beda informasi.  

Iya, mungkin ada informasi yang harus diganti, namun jika perbedaannya lebih dari 50 % harus banget hati-hati. Jelas ini penipuan dan developer bodong. 

Coba lebih teliti sekali lagi, tanyakan informasi menyeluruh kepada customer service. jika jawabannya tidak jelas, belibet, dan jawabnya terbata-bata seperti tidak tahu dan tidak yakin dengan apa yang dia bicarakan. Maka Anda harus berhati-hati. 

 

2. harganya tidak masuk akal

Misal jika Anda bertanya harga perumahan di Medan, nah pihak developer malah memberikan harga yang miring dan tidak masuk akal. Anda sebelum membeli perumahan pasti sudah survei harga dulu dari satu developer ke developer lainnya. 

Jika si developer memberikan harga perumahan di Medan yang jauh miring dari pasaran, Anda pantas curiga. Tidak ada developer yang mau rugi, ingat itu. Anda pun mau mencari perumahan yang nyaman, bagus dan pasti berkualitas. 

 

3. perizinan dan kredibilitas meragukan

Anda wajib mengetahui Izin Mendirikan Bangunan atau IMB dari developer tersebut. Bukan hanya itu saja Anda juga harus tahu bahwa kredibilitas developer memang jelas. 

Jika developer bisa menunjukkan surat izin juga rekam jejak selama pembangunan yang bagus. Maka kredibilitas developer bisa dipertanggung jawabkan. 

Memang Anda bisa saja dibodohi, makanya Anda wajib paham mana sertifikat izin yang dan palsu. 

Memang ada developer yang mengatakan bahwa sertifikat ada di bank, Anda boleh saja percaya. Demi menambah tingkat kepercayaan Anda, tanyakan Akta Pemberian Hak Tanggungan serta Sertifikat Hak Tanggungan.

 

4. Minta DP sebelum Bank setuju dengan KPR yang Anda ajukan

Jika pihak developer menyuruh membayar Dp harga perumahan. Harga perumahan di Medan, rata-rata 200 juta rupiah ke atas. 

Nah, jika Anda disuruh bayar dp sebelum bank menyetujui KPR Anda, jangan Anda lakukan. 

Iya, KPR yang diajukan belum pasti disetujui Bank. Jika masih saja Anda membayar maka Anda yang akan rugi. 

 

5. tidak jelas kapan perumahan selesai di bangun 

Ha yang menakutkan setelah Anda membayar harga perumahan di Medan adalah perumahan tidak jelas kapan dibangun dan kapan bisa Anda tempati. 

Makanya sebelum menyetujui pembelian, Anda minta informasi anggaran bangunan hingga target serah terima. Jangan saat diminta menunggu Anda langsung mau. 

Itulah cara mengenal developer bodong sebelum menyetujui harga perumahan di Medan. Semoga bermanfaat. 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua