Harap Tunggu

Media - Media Detail

Dapatkan Hunian Di Perumahan KPR Di Medan, Berikut Pemahamannya!

18 October 2022 - Artikel

Rumah adalah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia. Namun nyatanya rumah sendiri di zaman sekarang harganya cukup mahal, terutama di Medan dengan padatnya penduduk. Perumahan KPR di medan adalah solusi untuk memiliki rumah sendiri.

Prinsip dasar KPR adalah membeli dahulu rumah yang diinginkan, kemudian mengangsur selama jangka waktu tertentu. Pembayaran yang diangsur adalah pembayaran kembali uang yang sebelumnya dipinjam untuk membeli rumah.

Ulasan berikut ini akan membahas lengkap terkait perumahan KPR terutama yang berada di Medan mulai dari cara meminimalisir resiko, sampai membeli hunian dari jual rumah pribadi di medan. Penasaran? Simak ulasan berikut ini sampai selesai.

 

Jenis-Jenis KPR

Pada dasarnya KPR dibagi menjadi dua, yaitu KPR Subsidi dan Non subsidi. KPR Subsidi ditujukan untuk masyarakat dengan tingkat pendapatan menengah ke bawah. Cakupan KPR Subsidi sendiri cukup luas mulai dari keringanan kredit sampai subsidi penambahan dana.

Kemudian KPr jenis berikutnya adalah KPR Non Subsidi. KPR ini ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Umumnya rumah dijual di medan dengan harga tinggi adalah rumah KPR non subsidi.

 

Keuntungan Menggunakan KPR

Sebagai generasi muda penduduk Medan, menyiapkan hunian untuk masa depan sangatlah penting mengingat harganya yang stabil naik dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, untuk meyakinkan anda, berikut ini adalah keuntungan-keuntungan menggunakan KPR:

 

Harga Terjangkau

Harga tanah dan bangunan memang mengalami kenaikan setiap tahun. Namun sebelum terlambat anda sangat disarankan untuk membelinya terlebih dahulu. Supaya nanti anda tidak terkena dampak dari naiknya harga tanah dan bangunan.

 

Angsuran Rendah

Tidak perlu khawatir akan keteteran mengurus finansial. Saat ini angsuran untuk KPR bisa dikatakan masih rendah. Rumah dijual di Medan Johor biasanya memiliki harga yang sedikit ke atas. Namun anda tetap bisa mengangsurnya dengan harga yang ringan perbulannya.

 

Jangka Waktu Fleksibel

Fleksibilitas mengalir dalam diri anak muda. Oleh karena itu, segala sesuatu yang bersifat fleksibel seringkali menarik minatnya. Termasuk dalam pemilihan tenor angsuran untuk rumah KPR yang sudah ditempati. Anda bisa menyesuaikan dengan pendapatan anda.

 

Premi Asuransi

Perlu anda tahu bahwa rumah yang anda cicil dengan KPR diikutsertakan dalam asuransi kebakaran. Dengan demikian anda bisa mengajukan untuk asuransi Jiwa. Mendaftar asuransi di usia muda lebih menguntungkan karena premi yang dikeluarkan lebih rendah.

 

Masih Aktif Bekerja          

Anda bisa melunasi rumah KPR hasil jual beli rumah di medan lebih cepat daripada tempo maksimal yang ditetapkan. Hal ini juga dimungkinkan dengan anda yang masih aktif bekerja dan berkemungkinan mendapatkan banyak pendapatan tambahan.

 

Perhitungan Lebih teliti   

Karena usia anda masih tergolong muda, maka anda bisa memperhitungkan segala sesuatunya dengan lebih teliti. Sebab otak anda masih berada di fase-fase yang memungkinkan untuk penghitungan kritis berdasarkan data dan pengalaman.

 

Pertimbangan-Pertimbangan Sebelum Memilih KPR

Sekalipun terdapat banyak manfaat dari beli perumahan KPR di medan, banyak pertimbangan yang tetap harus anda pikirkan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengeksekusi rumah dengan KPR.

 

Kondisi Rumah

Tentu siapapun menginginkan rumah yang benar-benar baik dan layak untuk dihuni. Namun hal ini tidak akan bisa anda tentukan tanpa adanya survey terlebih dahulu. Pastikan kondisi rumah yang hendak anda beli di Medan memiliki kondisi yang layak pakai.

 

Jenis dan Tingkat Suku Bunga

Pada sistem keuangan hari ini, bunga tidak dapat dihindari. Oleh karena itu ketika membeli hunian perumahan komplek di medan dengan menggunakan KPR, anda perlu memperhatikan jenis dan tingkat suku bunga, terdapat dua jenis, yaitu suku bunga tetap dan floating.

 

Developer Profesional     

Bisa jadi anda berpikir bahwa menilai profesionalitas orang adalah hal yang tidak sepatutnya dilakukan. Namun dalam dunia pekerjaan, hal tersebut sah-sah saja untuk dilakukan. Sebab developer memiliki peranan yang sangat krusial untuk rumah anda kedepannya.

 

Rekam Jejak Kredit          

Sebagian KPR tidak dapat anda ambil apabila rekam jejak kredit anda buruk. Hal ini adalah ketentuan dari penyedia KPR. Namun developer perumahan juga bisa menerapkan ini, termasuk komplek evergreen medan yang tergolong berada di atas rata-rata.

 

Penghitungan KPR           

Pastikan anda membaca dan memahami tentang berkas-berkas KPR anda. Selain itu anda juga perlu melakukan simulasi penghitungan beban keuangan yang muncul berkat adanya rumah yang harus diangsur setiap bulannya. 

 

Besar Cicilan dan Pemasukan

Apabila pemasukan anda tidak dapat dikatakan tinggi, maka besar cicilan dapat diakali dengan tenor yang lebih panjang. Dengan demikian bayaran perbulan anda akan lebih murah. Namun resikonya bunga akan lebih tinggi.

Isi rumah Penting 

Perabotan rumah sangat penting untuk membuat suasana menjadi hidup. Seberapa mahalpun anda membeli jual rumah di medan Johor, maka anda perlu menyisihkan sebagian pemasukan anda untuk membeli perabot rumah.

 

Dana Darurat

Tidak ada orang yang dapat melihat masa depan. Oleh karena itulah anda perlu mempertimbangakn semua kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan. Persiapkan dana darurat agar ketika terjadi sesuatu anda tidak kelimpungan.

 

Rekomendasi Perumahan KPR di Medan

Tidak sulit untuk menemukan rumah berkualitas di komplek perumahan KPR, terutama di Medan. Developer perumahan biasanya tidak hanya menyediakan satu jenis rumah saja. Tetapi terdapat beberapa jenis rumah untuk anda pilih.

Rekomendasi pertama adalah Perumahan di Gaperta Ujung Medan. Memang menggunakan kata ujung, tetapi kenyataannya perumahan ini tidak terlalu berada di ujung, tidak sampai anda harus mengatakannya sebagai pelosok.

Rumah di kompleks perumahan ini cenderung berada di kelas yang lumayan. Harganya dibanderol mulai dari 350 juta saja. Kualitas yang akan anda dapatkan cukup menyenangkan, termasuk beberapa perabot dasar di dalam rumah untuk anda hidup sementara.

Selanjutnya terdapat komplek atrium Medan yang berisikan hunian-hunian berkelas. Anda akan menemukan orang-orang dari lapisan sosial yang cukup tinggi di perumahan ini. Rumahnya saja bisa dikatakan adalah rumah yang tidak murah.

Setelah sedikit riset untuk rumah lama dan rumah KPR baru yang dikembangkan oleh developer, rumah-rumah di kompleks ini dibanderol di atas harga 700 jutaan. Bahkan tidak jarang rumah yang harganya menyentuh satu milyar. Cukup berbeda dari kompleks sebelumnya ya.

Terakhir adalah komplek ringroad medan. Tidak terlalu mengherankan untuk komplek ini apabila memasang harga yang sedikit mahal. Sebab akses ke jalan umum seperti ringroad tidak sulit untuk dicapai. Hal ini menjadi faktor penyebab rumah bisa menjadi mahal.

Namun semahal apapun rumah yang hendak anda beli, apabila diikuti dengan manajemen keuangan yang baik hal itu bukan hanya sekedar mimpi. 

Itulah ulasan tentang perumahan KPR di Medan mulai dari pemahaman tentang KPR, sampai rekomendasi perumahan yang bisa anda coba. 

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua