Harap Tunggu

Media - Media Detail

Mengajukan KPR Murah Di Medan, Apa Yang Harus Dipertimbangkan?

23 December 2020 - Artikel

Strategi khusus sangat dibutuhkan dalam memilih KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah. Anda tidak bisa asal saja ketika memilihnya. Hal itu supaya investasi maupun uang yang Anda keluarkan dan pakai tidak menjadi berakhir dengan sia-sia. Dalam mengajukan KPR, baik untuk membeli rumah sederhana atau rumah mewah di Medan, Anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal yang penting. Berikut rangkuman berbagai hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan KPR murah di Medan

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengajukan KPR

1.            Kemampuan Anda untuk Membayar

Jika Anda merasa tidak mampu untuk membayar, maka jangan pernah untuk mengambil KPR. Hal itu karena minimal Anda harus mengalokasikan sekitar 30% dana dari penghasilan Anda untuk harga rumah sekaligus asuransi serta berbagai biaya yang lain. Pahami sendiri mengenai kemampuan dan kondisi finansial sebelum memutuskan mengajukan KPR. Saat Anda sudah mengajukan nanti, maka Anda pastinya sudah harus paham jika ada komitmen yang harus Anda lunasi. Belum lagi, adanya pembayaran pajak bumi bangunan (PBB), air, listrik dan berbagai kebutuhan lain nantinya. Anda harus memastikan manajemen keuangan Anda sudah baik untuk jangka waktu yang panjang atau selama KPR tersebut berlangsung. 

2.            Bandingkan Mengenai Jenis dan Tingkat Bunga

Dalam mengajukan KPR murah di Medan, bunga menjadi salah satu indikator yang harus Anda pertimbangkan sekaligus indikator yang paling menentukan perhitungan cicilan Anda nantinya. Suku bunga sendiri ada dua jenisnya yaitu suku bunga tetap dan suku bunga mengambang (floating). Jika suku bunga tetap, maka angsuran atau cicilan akan tetap dan relatif rendah akan tetapi bunga tidak akan berlangsung untuk selamanya. Sedangkan untuk bunga floating, jauh lebih fluktuasi karena mengikuti bunga pasar. Anda sebaiknya cari bunga yang murah karena bunga bisa saja membebani Anda nantinya. 

3.            Perhatikan Mengenai Masa Pinjaman KPR

Semakin lama waktu Anda untuk mencicil, maka akan semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan karena Anda harus menanggung bunga. Namun, memang kas keuangan rasanya tidak akan berat apabila Anda menggunakan masa pinjaman yang lebih lama. Jika penghasilan Anda pas-pasan makan jangan mencicil dengan jangka pendek karena akan memberatkan nantinya. Berbeda apabila Anda membeli rumah untuk investasi, maka Anda tidak perlu untuk membayar cicilan dengan kurun waktu yang panjang atau lama karena akan memberatkan. Anda bisa melihat dahulu untuk apa mengajukan KPR tersebut, apakah untuk rumah pertama ataukah untuk investasi. Jika untuk rumah pertama, maka cicilan jangka panjang lebih baik. Namun, sebaliknya jika untuk investasi sebaiknya cicilan jangka pendek saja. 

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengajukan KPR murah di Medan. Semoga bermanfaat!

Cari rumah di Medan? Cek www.wiraland.com

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua