Harap Tunggu

Media - Media Detail

Tips Memilih KPR Rumah Medan Yang Wajib Diketahui

22 May 2023 - Artikel

Membeli rumah adalah salah satu investasi terbesar dalam kehidupan seseorang. Mengapa demikian? Bagi sebagian besar orang, rumah menjadi tempat peristirahatan yang nyaman dan mengumpulkan kembali energi untuk lebih produktif. 

Banyak yang menggunakan KPR Rumah Medan untuk bisa mendapatkan hunian nyaman di tengah kota Medan.

Sayangnya, memilih perumahan dengan sistem cicil bisa beresiko jika tidak dengan perhitungan yang matang. Antara uang muka bisa sangat tinggi atau harus mendapatkan tagihan dengan bunga yang tidak tetap (floating).

Di kota Medan, seperti halnya di kota-kota besar lainnya, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih KPR rumah. Bahasan ini akan memberikan tips-tips penting dalam memilih KPR rumah di Medan agar dapat membuat keputusan yang tepat.

Tips Memilih KPR Rumah Medan

Ada beberapa kiat dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk memilih KPR yang ideal di kota Medan. Dengan mengikuti tips berikut, harga KPR Medan dan juga cicilannya bisa ideal sesuai dengan kemampuan.

1. Tentukan Batas Anggaran

Menentukan anggaran adalah langkah penting sebelum mengambil KPR rumah. Mengapa demikian? Seberapa besar anggaran akan menentukan seberapa banyak uang muka yang bisa Anda bayarkan di awal. Selain itu, anggaran juga menentukan tenor dan juga tipe rumah yang tersedia.  Jadi, anggaran yang jelas akan mempermudah proses pengangsuran rumah kedepannya.

Langkah pertama dalam memilih KPR rumah murah di Medan adalah menentukan anggaran. Anda perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang seberapa besar jumlah pinjaman yang mampu Anda bayar setiap bulannya. Hal tersebut karena KPR merupakan tagihan yang berlaku jangka panjang. Tidak hanya bulanan namun bisa bertahun-tahun.

Perhatikan juga kemampuan Anda untuk membayar uang muka, yang biasanya berkisar antara 10 hingga 30 persen dari harga rumah. Dengan menentukan anggaran secara jelas, Anda dapat mempersempit pilihan dan fokus pada rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Jangan sampai karena perhitungan yang salah justru menyebabkan ketidakmampuan untuk melanjutkan angsuran tiap bulan. Oleh karena itu, pastikan Anda dan keluarga sudah melakukan perhitungan yang tepat untuk jangka waktu yang panjang.

2. Bandingkan Suku Bunga

Suku bunga adalah salah satu faktor terpenting dalam KPR. Terlebih karena angsuran KPR berlangsung bertahun-tahun. Suku bunga pada saat awal pembayaran bisa berbeda di tahun-tahun berikutnya.

Tidak hanya bisa berbeda tiap tahun, di tiap developer perumahan juga bisa berbeda-beda. Perbedaan suku bunga KPR Medan ini tergantung kebijakan masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan dan melihat suku bunga dari masing-masing pengembang.

Anda perlu membandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan di Medan. Perhatikan apakah suku bunga tersebut tetap atau mengambang, dan berapa lama suku bunga tersebut akan berlaku. 

Ada kelebihan dan kekurangan dari tiap suku bunga. Suku bunga tetap lebih aman karena angsuran juga akan selalu sama tiap bulan meskipun suku bunga berganti. Sedangkan suku bunga ambang (floating) akan berubah-ubah mengikuti peraturan bank. 

Jadi, suku bunga ambang bisa merugikan jika angkanya naik, namun bisa menguntungkan jika angkanya turun.

Selain itu, pastikan Anda memahami segala persyaratan dan ketentuan terkait suku bunga. Persyaratan bermacam-macam seperti apakah ada penalti jika Anda ingin melunasi pinjaman lebih awal atau tidak. 

Dengan kata lain, membayar di awal tidak selalu baik, justru itu akan merusak skor kredit dan apabila ada peraturan terkena penalti, Anda harus membayar denda penalti.

Mengapa ada penalti untuk pembayaran lebih awal? Penalti ini biasanya berlaku untuk KPR dengan bunga ambang. Membayar lebih awal berarti menggunakan bunga yang tidak terbaharui sehingga sistem menganggap pembayaran ini sebagai pelanggaran.

3. Perhatikan Biaya Tambahan

Setelah memperhatikan suku bunga, ada lagi biaya lain yang perlu Anda antisipasi terutama sebelum memilih rumah KPR subsidi di Medan. Jika tidak berhati-hati dalam mengatur anggaran untuk KPR, Anda akan terlilit lebih banyak hutang hanya untuk menutupi biaya-biaya tambahan yang Anda tidak duga sebelumnya.

Selain suku bunga, ada biaya-biaya tambahan yang perlu Anda perhatikan dalam KPR perumahan Medan. Biaya-biaya ini dapat mencakup biaya administrasi, biaya notaris, biaya penilaian properti, biaya asuransi, dan lain-lain. 

Semua biaya yang ada biasanya dalam rangka untuk memindahtangankan properti dari pengembang ke pengaju KPR.

Jadi, selain angsuran KPR per bulan, Anda juga harus menyiapkan dana untuk proses legalisasi bangunan agar nantinya tidak melanggar hukum. Proses legalisasi ini juga menjamin bahwa selama KPR berjalan, ada ketentuan-ketentuan antara pengembang, lembaga keuangan penyedia KPR, dan pengaju KPR mengenai keabsahan status bangunan.

Pastikan Anda memahami dengan jelas semua biaya yang terkait dengan KPR dan berapa jumlahnya. Hal ini akan membantu Anda menghitung total biaya yang harus Anda tanggung dalam proses KPR.

4. Pilih Lembaga Keuangan yang Tepercaya

Pemilihan lembaga keuangan yang terpercaya sangat penting dalam memilih KPR rumah di Medan. Terutama jika tengah mencari rumah dengan DP yang murah seperti rumah KPR di Medan DP 5 juta.

Untuk mendapatkan uang muka yang murah harus memperhatikan lembaga keuangan yang menyediakan. Pastikan kerjasama antara lembaga keuangan dan juga pengembang di area perumahan sudah jelas dan valid. 

Dengan begitu, Anda tidak akan tergiur begitu saja dengan penawaran murah atau menawarkan promo perumahan di Medan.

Selanjutnya, cari informasi tentang reputasi lembaga tersebut, termasuk kredibilitasnya dan layanan pelanggan yang diberikan. Mengapa layanan pelanggan juga menjadi salah satu faktor keabsahan suatu lembaga? 

Hal tersebut karena lembaga yang valid dan berada di naungan Otoritas Jasa Keuangan akan menjaga reputasi jangka panjang dengan memberikan layanan after sale yang baik. Jadi, pastikan memilih lembaga yang tidak langsung menghilang setelah menerima DP.

Anda juga dapat memeriksa apakah lembaga tersebut memiliki sertifikat atau lisensi yang dikeluarkan oleh otoritas keuangan. Jika memungkinkan, mintalah referensi dari orang-orang yang telah menggunakan layanan lembaga tersebut sebelumnya.

5. Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Ajukan KPR berarti pengaju setuju untuk mengangsur angsuran selama bertahun-tahun untuk bangunan rumah. Tentu saja nilai angsuran tersebut seringkali tidak kecil. Dengan begitu, sangat riskan jika Anda tidak memperhatikan syarat dan ketentuan dengan baik dan detail.

Sebelum menandatangani perjanjian KPR, pastikan Anda membaca dan memahami dengan cermat semua syarat dan ketentuan yang terkait. Perhatikan apakah ada klausul-klausul yang dapat berdampak pada Anda di masa mendatang, seperti peningkatan suku bunga secara tiba-tiba atau penalti KPR jika Anda membayar lebih awal. 

Dengan begitu, tidak ada penyesalan hanya karena kurang teliti dalam membaca syarat dan ketentuan. Ingat, mengangsur KPR adalah tanggung jawab jangka panjang.

Rekomendasi Developer Tepercaya

Untuk mendapatkan pengembang yang menyediakan fasilitas KPR dengan bunga terjangkau, biaya yang tidak rumit, dan juga rumah dengan kualitas paling baik, segera hubungi pengembang Wiraland. 

Wiraland merupakan salah satu pengembang KPR Rumah Medan dengan fasilitas terbaik untuk hunian nyaman di tengah kota. Segera hubungi kontak Wiraland sekarang juga, atau kunjungi website-nya di sini.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua