Harap Tunggu

Media - Media Detail

Apa Itu Perumahan Residence: Karakteristik Dan Keunggulannya

09 July 2023 - Artikel

Ada banyak jenis perumahan yang ditawarkan ke masyarakat seperti cluster, townhouse, regency maupun residence. Di artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu perumahan residence, karakteristik, kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat bermanfaat dalam memilih hunian idaman.

Tingginya permintaan hunian di berbagai wilayah membuat banyak pengembang berlomba untuk menawarkan hunian andalan mereka. Masing-masing hadir dengan kelebihan dan keunikannya sehingga memikat calon konsumen. 

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli hunian favorit Anda, sebaiknya cermati informasi mengenai perumahan residence berikut ini agar dapat menjadi acuan dalam memilih hunian ideal Anda.

Apa itu Perumahan Residence?

Secara umum, pengertian dari perumahan residence adalah satu kawasan yang memiliki banyak unit rumah dengan ukuran dan tipe bangunan yang seragam. Unit rumah di hunian ini biasanya memiliki desain minimalis dengan pemilihan lokasi di pinggiran kota atau area sub-urban sehingga keasrian lingkungannya masih terjaga. 

Dari segi harga, rumah residence biasanya memiliki harga lebih rendah dibanding dengan rumah cluster atau townhouse karena faktor lokasi dan spesifikasi bangunannya. Alhasil, jenis hunian ini banyak diminati masyarakat karena mereka dapat memiliki properti idaman dengan harga terjangkau.

Fasilitas yang ada dalam perumahan residence relatif standar misalnya masjid, taman bermain dan pos keamanan. Karena jenis hunian ini lebih mengutamakan pembangunan dan pengembangan huniannya maka fasilitas yang mereka sediakan tidak selengkap  jenis hunian lainnya. 

Perumahan residence umumnya belum menggunakan sistem keamanan canggih misalnya CCTV tetapi lebih mengandalkan petugas keamanan yang berjaga di pos.

Karakteristik Perumahan Residence

Masing-masing jenis perumahan memiliki karakteristik atau ciri khas tersendiri sehingga menjadi faktor pembeda dengan jenis perumahan yang lain. Berikut ciri-ciri rumah perumahan residence yang perlu Anda perhatikan:

1. Lokasi Perumahan

Ciri pertama dari jenis hunian ini adalah lokasinya berada di daerah sub-urban atau pinggiran kota. Alhasil, penghuni terkendala dengan akses menuju pusat kota atau fasilitas besar lainnya. Namun, dengan maraknya pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah tentunya membuka lebih banyak akses ke pusat kota. 

Jika ingin membeli perumahan residence terdekat, pastikan bahwa lokasinya dekat dengan pusat transportasi umum misalnya terminal atau stasiun agar mempermudah akses Anda.

2. Desain Minimalis

Desain unit di perumahan residence adalah minimalis dan sederhana dimana setiap rumah dibangun dengan model yang sama. Jika Anda ingin memiliki hunian dengan desain modern namun simple, maka hunian ini merupakan pilihan yang tepat.

3. Jumlah Unit

Berlokasi di pinggiran kota dengan lahan yang sangat luas membuat unit yang dibangun di perumahan residence sangat banyak. Alhasil, dalam satu komplek bisa mencapai ratusan unit rumah tipe kecil. 

Jarak antar rumah dalam perumahan ini berdekatan sehingga membuat sosialisasi antar penghuni lebih mudah. Namun, kondisi ini berpotensi menimbulkan masalah dan rasa tidak nyaman karena mengurangi privasi mereka.

4. Fasilitas

Fasilitas yang ada di perumahan ini tidak selengkap fasilitas di jenis perumahan lain seperti cluster atau townhouse. Umumnya fasilitas yang tersedia hanya berupa fasilitas standar misalnya pos keamanan, lapangan atau taman bermain dan masjid.

Jadi, fasilitas canggih maupun premium seperti kolam renang, gym, jogging track apalagi club house tidak tersedia di sini.

5. Harga Unit Lebih Terjangkau

Harga perumahan residence lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis perumahan lain karena berbagai faktor. Selain karena tipe rumahnya kecil, desainnya minimalis maupun lokasinya yang jauh dari pusat kota, harga tersebut juga dipengaruhi oleh minimnya fasilitas yang tersedia. 

Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan bujet terbatas, perumahan ini dapat menjadi alternatif pilihan.

Kekurangan dan Kelebihan Rumah Residence

Kini Anda sudah memiliki gambaran lebih jelas mengenai jenis hunian residence ini sehingga mulai dapat mempertimbangkan apakah hunian tersebut cocok untuk Anda dan keluarga. 

Namun, Anda juga perlu memperhatikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan perumahan residence berikut ini agar dapat menjadi acuan ketika memilih hunian idaman Anda.

Kelebihan Perumahan Residence

  • Desainnya minimalis sehingga cocok untuk konsumen yang menginginkan rumah sederhana namun cantik
  • Lingkungan masih asri, sejuk dan bebas polusi udara karena lokasinya berada di pinggiran kota.
  • Harga terjangkau sehingga cocok untuk konsumen yang ingin memiliki hunian dengan bujet terbatas
  • Terjalin kekeluargaan yang baik karena jarak antar rumah berdekatan
  • Tersedia dalam berbagai ukuran dan tipe rumah sehingga konsumen dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dana mereka

Kekurangan Perumahan Residence

Selain mengenal berbagai kelebihan perumahan residence, Anda juga perlu memahami kekurangannya agar dapat menjadi pembanding ketika memilih hunian idaman.

Berikut kekurangan dari jenis hunian residence:

  • Desain, ukuran serta warna rumah sama sehingga terkesan monoton
  • Jarak antar rumah berdekatan sehingga mengurangi privasi penghuni.
  • Lokasi jauh dari pusat kota dan fasilitas besar lain sehingga membutuhkan usaha lebih jika ingin bepergian ke tempat-tempat tersebut.
  • Padat penghuni karena jumlah unit yang sangat banyak. Alhasil, ada kemungkinan penghuni merasa kurang nyaman terlalu ramai
  • Fasilitas standar sehingga kurang menunjang gaya hidup sehat maupun hobi penghuni
  • Keamanan kurang karena tidak mengadopsi sistem keamanan 24 jam serta tidak menggunakan CCTV. Selain itu perumahan ini tidak memiliki tembok sekeliling yang tinggi seperti jenis cluster sehingga akses keluar masuk pihak luar lebih mudah

Rekomendasi Perumahan Residence di Medan

Mayfair Setiabudi adalah perumahan residence yang layak untuk Anda pertimbangkan, terutama bagi Anda yang berdomisili di kota Medan dan sekitarnya.

Pasalnya, perumahan besutan pengembang tepercaya Wiraland ini menawarkan berbagai kelebihan antara lain proses KPR mudah, unit ready stock, akses mudah dan dekat dengan berbagai fasilitas umum penting. 

Hubungi nomor (061) 80025888 atau klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Memilih hunian idaman memang tidak mudah karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Namun, dengan memahami apa itu perumahan residence berikut kelebihan dan kekurangannya, niscaya Anda memiliki gambaran lebih mengenai jenis hunian ini. 

Alhasil, dengan usaha keras dan persiapan yang matang Anda dapat memilih hunian terbaik untuk keluarga.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua