Harap Tunggu

Media - Media Detail

Apa Itu Rumah Kontemporer? Karakteristik Dan Keunggulannya

15 September 2023 - Artikel

Saat memilih desain hunian, pasti Anda menemukan beragam konsep arsitektur. Salah satunya adalah desain kontemporer. Memangnya seperti apakah desain rumah kontemporer itu?

Artikel ini akan mengulas semua hal terkait konsep rumah kontemporer. Temukan pengertian, ciri, khas, dan juga kelebihan desain hunian kontemporer di sini.

 

Apa Itu Rumah Kontemporer?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang rumah dengan desain kontemporer, mari membahas dulu arti dari kata kontemporer.

Menurut KBBI, kontemporer berarti pada waktu yang sama atau pada masa kini[1]. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam konteks arsitektur, desain kontemporer berarti merujuk pada desain yang relevan dengan zaman saat ini.

Itulah yang menjadi alasan kenapa rumah dengan gaya kontemporer selalu berubah dan berkembang sesuai dengan zamannya. Sehingga, cukup sulit untuk mendefinisikan secara pasti tentang desain tersebut.

Namun, rumah kontemporer modern pastinya akan selalu memprioritaskan segi estetika dan juga elemen arsitektur kekinian atau sedang menjadi trend.

Sebagai contoh, rumah berdesain kontemporer pada tahun 1920 cenderung menggunakan konsep Art Deco dengan material yang eksotis dan juga warna-warna yang berani[2].

Sementara itu, desain rumah yang menjadi trend pada tahun 1970an adalah gaya bohemian dengan unsur-unsur alam dan warna cerah[3].

Lantas, bagaimana dengan rumah dengan desain kontemporer saat ini? Konsep arsitektur hunian yang sedang menjadi primadona saat ini adalah desain modern, minimalis, dan juga ramah lingkungan.

“Desain rumah bergaya kontemporer selalu mengikuti perkembangan trend jadi tidak akan tampak ketinggalan zaman.”

 

Perbedaan Desain Kontemporer dengan Gaya Minimalis dan Modern

Meskipun desain rumah kontemporer sering diidentikkan dengan hunian bergaya modern dan minimalis, nyatanya ada beberapa perbedaan dari ketiga konsep arsitektur tersebut.

Rumah dengan gaya minimalis menekankan desain yang sederhana, bersih, dan ruang terbatas. Namun, gaya kontemporer lebih fleksibel karena tidak terikat pada aturan tertentu.

Sehingga, rumah berdesain kontemporer akan bervariasi antara satu rumah dengan rumah yang lainnya. Ini karena desainnya selalu mengikuti trend masa kini.

Selain itu, konsep kontemporer juga lebih luas jika Anda bandingkan dengan desain modern. Ini karena desain rumah modern sebenarnya merujuk pada desain rumah pada abad 20an[4].

Sementara itu, konsep kontemporer merepresentasikan desain terkini. Inilah yang menjadi alasan kenapa desain kontemporer selalu berubah dan tidak membosankan.

Di samping itu, desain kontemporer juga memberikan kebebasan berekspresi pada pemiliknya. Misalnya, mereka bisa mengkombinasikan berbagai elemen material, tekstur, dan juga warna untuk menciptakan rumah yang unik dan berkarakter.

 

Karakteristik Rumah Bergaya Kontemporer

Meskipun gaya kontemporer sangat luas, namun ada beberapa aspek yang menjadi ciri utama rumah kontemporer minimalis. Berikut ini adalah beragam karakteristik yang bisa Anda temukan di rumah bergaya kontemporer.

 

Penggabungan Material Alami dan Modern

Desain kontemporer seringkali memasukkan unsur-unsur alam sebagai material dan juga dekorasi. Misalnya, hunian tersebut memiliki elemen kayu dan juga batu.

Beberapa desain kontemporer juga memasukkan elemen modern, seperti beton, logam, dan juga kaca.

Selain itu, konsep hunian ini juga menggunakan tanaman sebagai bagian dari tata ruang. Sehingga, rumah akan terkesan asri dan segar.

 

Pencahayaan alami

Selanjutnya, konsep kontemporer juga memaksimalkan pencahayaan alami. Oleh karena itu, desain rumah ini terkesan terbuka dengan banyak jendela, pintu kaca, dinding kaca, void, dan sumber cahaya alami lainnya.

Selain menambah kesan estetik, pencahayaan natural juga akan membuat hunian menjadi eco-friendly. Ini karena penggunaan listrik untuk penerangan akan berkurang.

 

Dekorasi simpel dan warna netral

Ciri lain dari rumah bergaya kontemporer adalah penggunaan dekorasi yang terbatas. Namun, Anda tetap bisa menggunakan satu dekorasi utama yang bisa menarik perhatian siapapun yang datang ke rumah Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menggantungkan lukisan di dinding ruang tamu. Sementara itu, pemilihan cat dinding baik eksterior maupun interior adalah warna-warna netral.

Misalnya, pilihlah cat dengan warna cream, putih, atau abu-abu. Cat berwarna netral ini akan membuat rumah terkesan bersih dan luas.

 

Desain Inovatif

Hunian bergaya kontemporer juga sering menampilkan desain yang unik dan inovatif. Ini karena arsitek bebas mengekspresikan ide-ide mereka sesuai dengan preferensi pemilik rumah.

Selain itu, tidak ada aturan yang ketat dalam mendesain rumah berkonsep kontemporer. Sehingga, setiap rumah akan menjadi karya seni yang unik dan lain daripada yang lain.

 

Keunggulan Rumah Desain Kontemporer

Rumah berkonsep kontemporer menawarkan beragam kelebihan jika dibandingkan dengan gaya arsitektur lainnya. Selain menawarkan desain yang eye-catching, desain kontemporer juga bisa menjawab berbagai tantangan seperti keterbatasan lahan.

Berikut adalah segudang keunggulan dari rumah dengan desain kontemporer.

 

Desain Unik

Konsep desain kontemporer tidak terikat dengan pakem atau aturan tertentu. Jadi, Anda bisa bebas berekspresi dengan desain yang Anda inginkan. Sehingga, Anda bisa memiliki hunian yang unik dan tidak dimiliki oleh orang lain.

 

Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Keunggulan lain dari rumah berdesain kontemporer adalah karakteristik eco-friendly. Anda bisa memasukkan beragam elemen natural seperti kayu, batu, bahkan material daur ulang. Selain itu, rumah ini juga hemat energi karena bergantung pada pencahayaan alami.

 

Bisa untuk Lahan Terbatas

Dengan desain yang sesuai perkembangan zaman, Anda bisa menyiasati keterbatasan lahan. Misalnya, Anda bisa menggunakan desain rumah kontemporer 2 lantai. Jadi, Anda bisa memiliki rumah nyaman untuk mengakomodasi seluruh anggota keluarga meskipun lahannya sempit.

 

Contoh Rumah dengan Konsep Kontemporer

Jika Anda membutuhkan referensi sebelum membangun hunian, berikut adalah sederet contoh rumah dengan gaya kontemporer.

 

1. Rumah Kontemporer Tropis

Rumah dengan konsep kontemporer tropis menitikberatkan pada nuansa alam. Jadi, rumah ini akan lebih banyak menggunakan material kayu. Selain itu, rumah ini tampak teduh dan asri dengan banyaknya tanaman.

2. Rumah Kontemporer 1 Lantai

Jika Anda memiliki lahan yang luas, Anda bisa mengaplikasikan desain rumah satu lantai ini. Dengan gaya modern kontemporer, rumah ini memiliki banyak dinding dan juga pintu kaca yang menghadap kolam.

3. Desain Kontemporer 2 Lantai

Jika lahan Anda terbatas namun menginginkan hunian yang luas, desain rumah 2 lantai sangat cocok untuk Anda. Rumah ini memiliki ruang makan berkonsep terbuka dan juga banyak jendela di lantai atas.

4. Desain Kontemporer Minimalis

Desain rumah minimalis tampaknya memang tak lekang oleh waktu. Seperti halnya desain rumah ini. Meskipun desainnya sederhana, namun rumah ini tetap terlihat manis dan unik.

 

Kesimpulan

Jadi, bisa disimpulkan bahwa rumah dengan desain kontemporer adalah suatu konsep arsitektur yang selalu mengikuti perkembangan zaman. 

Sehingga, desain kontemporer pada setiap masa akan berubah. Dengan menerapkan desain kontemporer, Anda bisa menciptakan hunian yang memang sedang menjadi tren saat ini.

Setelah mengetahui seluk beluk tentang rumah berdesain kontemporer, apakah Anda tertarik menggunakan konsep ini untuk hunian Anda?

Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah bergaya kontemporer, Anda tidak perlu bingung untuk mencari arsitek maupun developer untuk membangun hunian Impian Anda.

Wiraland, sebagai salah satu developer perumahan terpercaya di Medan menawarkan berbagai hunian bergaya kontemporer. Salah satunya adalah Perumahan River Valley.

Perumahan berkonsep resort modern ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan hunian yang nyaman dengan desain unik dan asri.

Ada berbagai tipe rumah yang bisa Anda pilih, seperti Diamond, Onyx, Sapphire +, Beryl C, dan masih banyak lagi.

Ingin tahu lebih banyak informasi mengenai rumah kontemporer dari Wiraland? Hubungi customer care kami melalui halaman ini.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua