Harap Tunggu

Media - Media Detail

Rumah Bohemian: Pengertian, Karakteristik Dan Contoh Desain

17 September 2023 - Artikel

Ingin memiliki hunian yang unik dan tampil beda dari desain pada umumnya? Rumah bohemian bisa menjadi pilihan yang tepat.

Apa sebenarnya rumah ala bohemian? Mari mengupas tuntas konsep rumah ini beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Desain Rumah Bohemian?

Rumah berkonsep boho atau bohemian merujuk pada seseorang yang menjalani gaya hidup yang tidak biasa. Desain bohemian merupakan gaya yang nyentrik dan kebalikan dari konsep minimalis dan modern[1].

Konsep hunian ini sangat cocok bagi seseorang yang suka berpetualang dan berjiwa bebas. Ini karena tidak ada aturan yang mengikat tentang bagaimana dekorasi rumah dengan tema ini.

Anda bebas melakukan mix and match berbagai material, tekstur, dan warna. Bahkan, desain bohemian ini tampak seperti tabrak warna, sehingga menampilkan kesan nyentrik pemiliknya.

Anda bisa menambahkan unsur-unsur etnik dan juga furniture dengan desain vintage. Selain itu, tambahkan juga beragam dekorasi bermotif dan berwarna terang seperti karpet, taplak meja, dan juga bantal sofa.

Perpaduan warna yang berani tersebut memang jauh dari kata mewah dan elegan. Namun, hal terpenting dari konsep rumah bohemian style adalah kenyamanan.

Elemen utama konsep bohemian adalah perpaduan berbagai macam tekstur dan warna sehingga ruangan tampak unik dan terkesan berantakan.”

Karakteristik Konsep Rumah Bohemian

Konsep bohemian sebenarnya fokus pada desain interior yang santai dan eklektik. Eklektik adalah penggabungan gaya klasik dan modern untuk menciptakan desain yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

Secara sekilas, rumah yang penuh dengan aksesoris dan dekorasi warna-warni ini tampak seperti rumah yang berantakan. Namun, itulah yang menjadi ciri khas desain hunian ala boho ini. Perpaduan warna yang kontras dan tak biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta konsep ini.

Lantas, apa ciri-ciri rumah bohemian? Berikut adalah ulasannya.

Arsitektur Hunian Bohemian

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus mengenai gaya arsitektur boho. Ini karena ciri khas bohemian adalah kebebasan dalam mengeksplor desain dan dekorasi.

Namun, ada beberapa desain arsitektur boho style yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi. Yang pertama adalah gaya boho Maroko yang memiliki ciri khas lampu warna-warni, bantal untuk lantai, karpet bermotif, dan juga meja yang rendah.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan gaya Western Boho. Desain ini bisa Anda padukan dengan rumah bergaya farmhouse yang menggunakan material utama kayu.

Penuh Dekorasi

Ciri khas lain dari desain interior rumah Bohemian adalah ruangan yang penuh dengan dekorasi dan tampak berantakan.

Akan tetapi, justru kesan tak beraturan inilah yang membuat hunian bergaya boho menjadi unik. Meskipun rumah menjadi tampak sempit, namun nuansa ruangan akan menjadi hangat.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan rumah bergaya minimalis yang membatasi jumlah furniture dan dekorasi.

Aksesoris yang sering Anda jumpai di rumah dengan desain Boho adalah karper bermotif tribal, makrame, rajutan, dan juga sarung bantal bermotif etnik.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan unsur alam dengan meletakkan tanaman di sudut-sudut rumah.

Furniture Vintage

Rumah ala Bohemian kebanyakan menggunakan furniture dengan desain vintage. Untuk memberikan kesan klasik, Anda tidak perlu membeli furniture baru.

Manfaatkan perabot, meja, rak, atau kursi kayu bekas. Anda cukup melapisi perabot tersebut dengan pernis atau plitur sehingga tampak bagus.

Jenis furniture yang biasa ada di rumah boho adalah kursi rotan, kursi papasan, dan juga daybed. Tambahkan juga bantal warna-warni.

Kemudian, untuk dekorasi, hunian bergaya boho juga memanfaatkan bahan daur ulang. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan toples kaca sebagai pot tanaman.

Sedangkan untuk penerangan, rumah boho biasanya menggunakan lampu-lampu bergaya etnik. Anda bisa mengandung lentera maupun chandelier untuk menambah kesan hangat dalam ruangan.

Tabrak Warna

Hal lain yang sangat mencolok mengenai dekorasi rumah bohemian adalah perpaduan warna yang kontras dan terlihat asal-asalan. Hal ini karena memang tidak ada standar warna tertentu untuk model rumah ini.

Untuk dinding, Anda bisa menggunakan warna kalem seperti putih, krem, atau cokelat. Namun, jika Anda ingin tampil lebih nyentrik, cobalah gunakan warna-warna berani, seperti orange, biru, ungu, kuning, atau merah.

Selain warna dinding, Anda juga harus berani memadu padankan warna-warna aksesoris seperti karpet, hiasan dinding, sarung bantal sofa, dan gorden. Pilihlah jenis tekstil yang bermotif etnik untuk menambah kesan bohemian

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Bohemian

Setiap desain hunian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan model rumah bohemian. Jadi, sebelum memutuskan untuk mendekorasi hunian Anda dengan gaya gini, pahami dulu keunggulan dan juga kelemahannya.

Kelebihan Desain Bohemian

Setiap desain rumah mungkin cocok untuk Anda tapi belum tentu cocok untuk orang lain. Mungkin beberapa kelebihan rumah bergaya bohemian berikut bisa membuat Anda yakin untuk memilih desain ini.

·    Bebas Berekspresi. Gaya bohemian memungkinkan pemilik rumah untuk mengekspresikan kepribadian dan kreativitas mereka dengan bebas. Oleh karena itu, desain hunian ini sangat sesuai bagi orang-orang yang berjiwa bebas.

·    Suasana Hangat. Dengan memasukan berbagai tekstur dalam dekorasi, rumah dengan desain boho dapat menciptakan suasana yang nyaman dan hangat.

·    Hemat Biaya Dekorasi. Untuk furniture dan dekorasi, Anda bisa memanfaatkan barang bekas dan juga perabot lawas. dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli furniture baru.

Kekurangan Desain Bohemian

Selain memiliki kelebihan di atas, rumah dengan desain bohemian juga mempunyai beberapa kekurangan. Inilah beberapa kekurangannya.

·    Terkesan Berantakan. Karena memang desain bohemian menggunakan konsep perpaduan berbagai tekstur dan tabrak warna, rumah ini akan tampak seperti berantakan. Apalagi jika Anda menempatkan banyak dekorasi dalam satu ruangan. Tentunya, desain tersebut tidak sesuai bagi penyuka tampilan simpel dan minimalis.

·    Butuh Perawatan Ekstra. Karena rumah boho memiliki banyak dekorasi dalam satu ruangan, tentunya Anda membutuhkan usaha ekstra untuk membersihkan ruangan. Anda perlu sering membersihkan semua dekorasi dan pernak-pernik agar tidak menjadi sarang debu.

Contoh Dekorasi Bohemian

Jika Anda membutuhkan referensi dekorasi ala bohemian, berikut adalah beberapa contoh tata ruang bergaya boho.

Kamar Tidur

Dekorasi boho yang paling menonjol dalam ruangan ini adalah makrame di dinding dan juga sarung bantal warna-warni. Selain itu, penambahan tanaman dalam ruangan menjadikan ruang tidur ini menjadi semakin nyaman.

Ruang Tamu

Desain ruang tamu outdoor bergaya boho ini bisa menjadi inspirasi Anda. Penggunaan lentera dan kursi rotan serta ayunan menambah kesan bohemian dalam rumah ini.

Ruang Makan

Meja dan kursi makan berbahan kayu serta cat dinding berwarna krem membuat suasana ruang makan menjadi hangat. Selain itu, dekorasi dinding dan juga tanaman membuat ruangan tampak lebih semarak.

Kesimpulan

Hunian bergaya bohemian adalah cara yang tepat untuk mengekspresikan kepribadian dan juga kreativitas Anda. Sehingga, Anda bisa memiliki rumah yang unik dan berkarakter.

Akan tetapi, pemilihan desain arsitektur dan juga dekorasi rumah hanyalah masalah preferensi saja. Ikuti saja kata hati Anda tentang bagaimana konsep dekorasi yang Anda inginkan. Ini karena Anda lah yang tinggal dan menghabiskan waktu dalam rumah tersebut.

Jika Anda ingin memiliki hunian bisa Anda sulap menjadi rumah unik bergaya bohemian, Wiraland siap membantu Anda. Sebagai developer perumahan yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun, kami memiliki komitmen untuk menghadirkan rumah yang nyaman dan berkualitas.

Bagi Anda yang mencari hunian pertama maupun investasi properti, Wiraland akan membantu Anda untuk merealisasikan rumah impian Anda.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua