Harap Tunggu

Media - Media Detail

Poin Penting Saat Cari Perumahan Murah Di Medan Kota

21 June 2023 - Artikel

Apakah Anda berencana untuk mendapatkan tempat tinggal baru? Kota Medan mungkin bisa menjadi pilihan. Salah satu daerahnya, yakni Medan Kota, patut menjadi pertimbangan. Simak ulasan seputar gambaran perumahan murah di Medan Kota berikut ini sebagai referensi. 

Kenali Kawasan Medan Kota

Sebelum melihat gambaran tentang perumahan di Medan Kota, ada baiknya Anda mengenali kawasan ini terlebih dahulu. Medan Kota merupakan satu dari total 21 kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara. 

Medan sendiri lekat dengan predikat metropolitan, sebagai kota paling besar ketiga, di belakang Jakarta dan Surabaya. Kota ini terus bertumbuh dan berbenah, dengan serangkaian pembangunan untuk melengkapi infrastruktur yang ada.

Kawasan ini tidak hanya nyaman untuk Anda tinggali. Namun juga memiliki potensi seperti bisnis properti.

Sebagai kota besar, Medan menjanjikan banyak hal menarik saat Anda memutuskan untuk bermukim di sana. Sebagai bagian dari kota besar tersebut, kawasan Medan Kota juga memiliki kelebihan yang sama, sebagai lokasi tinggal yang prospektif untuk Anda.

Kepadatan penduduk kota ini pada 2020 mencapai hingga 2.435.252 jiwa. Berdasarkan catatan pada tahun 2021, jumlah penduduk di kawasan ini mencapai hingga 89.589 jiwa. Kemudian, Indeks pembangunan manusia di tahun yang sama menembus  angka 80,98. 

Adapun laju pertumbuhan penduduk selama satu dekade hingga 2020 sebesar 1,45 persen. Sementara, Medan Kota memiliki jumlah penduduk 88.666 jiwa per 2020. Luas kawasan ini adalah 5,27 kilometer persegi. 

Berbicara mengenai kawasan ini, Medan Kota merupakan salah satu titik pusat ekonomi di Medan. Sebab, ada beberapa pasar dan pusat perbelanjaan yang tersedia di sana. 

Hal ini berpengaruh pada aktivitas pekerjaan masyarakat setempat. Umumnya, jenis pekerjaan yang dominan di kawasan ini adalah pedagang dan pegawai swasta.

Prospek Properti di Medan

Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Kota Medan, minat pembelian rumah di kawasan ini mengalami peningkatan setiap tahun. Tercatat, pada kuartal perdana 2022, ada kenaikan 8,09 persen ketimbang kuartal empat tahun sebelumnya. 

Tingginya minat tersebut juga tercermin pada angka pendaftaran dan perizinan. Angka Nomor Induk Berusaha (NIB) yang terbuat untuk konstruksi gedung sejak 2019 mencapai 5.313. 

Kemudian, total angka investasi pada gedung dan luar tanah mencapai 3,4 triliun. Adapun penerbitan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) sejak 2020 hingga satu tahun berikutnya mencapai 663.

Keuntungan Tinggal di Perumahan Medan

Berkaca pada prospek di atas, maka ada potensi berkembangnya dunia properti di kawasan tersebut. Namun, untuk memberikan alasan kuat mengapa Anda bisa mempertimbangkan menempati perumahan murah di Medan, maka simak beberapa penjelasan berikut ini. 

Pertumbuhan Penduduk Pesat

Seperti dijelaskan di atas, populasi di kota ini cenderung mengalami pertumbuhan pesat. Hal ini tentu saja membuat bisnis properti berpotensi maju. Akan ada banyak pilihan perumahan murah Medan yang bisa Anda ambil. 

Semakin banyak pengembang yang mulai membangun proyek berbagai macam hunian. Antara lain hotel, apartemen, resort, kondominium dan lainnya.

Masyarakat yang Hidup Berdampingan dan Rukun 

Kawasan ini punya lima kelompok etnis berbeda yang hidup saling berdampingan. Yakni Batak, Aceh, Jawa, Melayu, Minangkabau termasuk juga Tionghoa. Kepercayaan yang dianut masyarakat setempat juga beragam. 

Namun, tidak ada bentuk diskriminasi atau kelompok yang merasa paling dominan. Hal ini menjadi nilai plus ketika Anda memutuskan untuk tinggal di perumahan di Medan Kota.

Angka Wisatawan Tinggi

Angka wisatawan yang ada di kawasan ini cukup tinggi setiap tahun. Hal ini membuat sektor bisnis jasa hospitality semakin berkembang pesat. Kemudian, villa, hotel, resort dan homestay juga tidak kalah melaju dan terus ada. 

Jika Anda memilih tinggal di perumahan kota Medan dan memutuskan untuk mendirikan bisnis, maka jenis layanan semacam ini bisa Anda pertimbangkan. 

Wisata Alam yang Indah

Di sini, Anda juga tidak akan kehabisan tempat untuk melepas penat setelah sibuk dengan pekerjaan. Wisata alam yang begitu indah di kota ini adalah daya tarik tersendiri. Tentu saja hal ini akan membuat Anda semakin nyaman dan betah tinggal di perumahan Medan Kota

Kuliner Beragam

Tidak lengkap rasanya jika tidak mempertimbangkan faktor keberadaan kuliner saat memutuskan mencari tempat tinggal baru. Kota ini adalah surga makanan lezat. Kemudian, harga yang ditawarkan terbilang masih terjangkau ketimbang kota besar lainnya.

Anda tidak harus mencari tempat makan yang mewah. Sebab, kuliner pinggir jalan juga menyajikan sajian berselera. Ingin soto, lontong, mie gomak, kari bihun hingga durian sekalipun tersedia di mana-mana. 

Pintu Gerbang Perdagangan Internasional

Medan berada pada titik yang cukup strategis. Yakni berada di sisi Selat Malaka. Sehingga menjadikannya sebagai gerbang perdagangan skala internasional. Tidak heran jika perputaran roda ekonomi dan aktivitas bisnis di kawasan ini sangat tinggi. 

Kota ini juga menjadi persinggahan dan tempat perantauan. Saat ini, sudah ada banyak infrastruktur pendukung yang memadai untuk mempermudah aktivitas masyarakat. Sebagai sentra ekonomi pulau Sumatera, Medan adalah kota strategis untuk Anda tinggali. 

Jika Anda memutuskan untuk tinggal di sana, prospek untuk menjalani bisnis patut Anda pertimbangkan. Ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda ambil. Mulai dari usaha di bidang kuliner, layanan atau jasa, termasuk properti.

Pilihan Agen Properti Terbaik

Setelah melihat penjelasan di atas, Anda tentunya sudah memiliki gambaran jika hendak memutuskan mencari perumahan murah di sekitar kota Medan

Sebagai bagian dari kota Medan, kawasan tersebut cukup ideal untuk Anda jadikan tempat tinggal. Anda bisa mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sendiri dengan prospek menarik.

Di sisi lain, ada banyak agen properti yang menawarkan hunian aman dan nyaman untuk masyarakat setempat, atau termasuk Anda. Ada banyak perumahan di kawasan Medan Kota dengan berbagai tipe. 

Tentunya, dengan harga yang variatif. Dari yang terjangkau, hingga hunian bernuansa mewah dengan harga cukup fantastis. Semua tergantung selera dan kebutuhan Anda. 

Nah, untuk Anda memiliki rencana bekerja, membuka usaha atau menetap secara permanen di kawasan tersebut, Anda butuh hunian strategis, nyaman dan aman. Wiraland adalah jawabannya. 

Kami memiliki komitmen untuk menghadirkan rumah tinggal terbaik untuk Anda. Tentunya dengan kualitas, inovasi dan fungsi yang maksimal. Berbekal pengalaman selama kurang lebih 30 tahun, Wiraland senantiasa mewujudkan mimpi Anda memiliki hunian ideal, bukan janji tapi juga realisasi. 

Untuk Anda yang berada di Kota Medan, bisa datang langsung ke kantor pemasaran di Jalan T. Amir Hamzah No.1A, East Helvetia, Medan Helvetia, Medan City, North Sumatra 20114. Atau menghubungi via telepon (061) 80025888 dan email: customercare@wiraland.com.

Demikian informasi gambaran sebelum Anda mencari perumahan murah di Medan Kota. Sebelum memilih tempat tinggal, pastikan Anda telah mempertimbangkan semua poin-poin di atas. Jangan ragu untuk menghubungi website kami di sini. Selamat mencoba!

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua