Harap Tunggu

Media - Media Detail

Pengertian Ruko, Jenis, Keuntungan, Kekurangan, Dan Tips Memilih

20 August 2024 - Artikel

Dalam dunia investasi properti, ruko adalah pilihan investasi yang menarik dan menjanjikan keuntungan finansial. Namun, apa itu ruko? Di mana lokasinya dan apa yang menjadikannya investasi menarik secara finansial? Ketahui lebih lanjut dalam pembahasan di bawah ini!

 

Pengertian Ruko

Ruko adalah akronim dari ruang toko atau rumah toko. Sebuah bangunan yang memiliki dua fungsi sekaligus, sebagai hunian dan pusat bisnis.

Ruko juga bisa Anda artikan sebagai salah satu jenis bangunan komersial multifungsi yang menggabungkan fungsi tempat tinggal dan tempat usaha dalam satu gedung.

Biasanya, lantai bawah ruko digunakan sebagai tempat untuk berbisnis, sementara lantai-lantai di atasnya difungsikan sebagai tempat tinggal. Lokasinya pun ada di sepanjang jalan utama atau kawasan bisnis strategis menjadikannya pilihan ideal untuk pelaku usaha kecil hingga menengah.

 

Jenis-Jenis Ruko

Saat mempertimbangkan untuk memiliki ruko, penting untuk mengetahui jenis-jenisnya. Berikut beberapa kategori ruko yang umum ditemui:

 

Ruko Berdasarkan Desainnya

Ruko berdasarkan desainnya terdapat 2 jenis, yaitu sederhana dan modern.

 

1. Ruko Sederhana

Ini adalah jenis ruko dengan desain sederhana terdiri dari dua hingga tiga lantai. Lokasinya umum ada di sisi jalan.

 

2. Ruko Modern

Sementara ruko jenis ini memiliki desain yang lebih kontemporer dengan fasilitas yang lebih lengkap, seperti parkir luas, sistem keamanan, dan ruang usaha yang lebih luas. Ruko modern biasanya terletak di kawasan perumahan elit atau pusat perbelanjaan.

 

Ruko Berdasarkan Lokasi

Sementara ruko berdasarkan lokasinya terdapat tiga jenis, yaitu:

1. Ruko Cluster

Ruko cluster adalah bagian dari kompleks perumahan atau komersial yang terintegrasi. Biasanya, ruko ini dibangun dalam jumlah besar dengan desain seragam dan berada dalam satu kawasan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum.

 

2. Ruko di Kawasan Perumahan

Jenis ruko ini berada di dalam kompleks perumahan, biasanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penghuni perumahan seperti toko kelontong, laundry, atau warung makan.

 

3. Ruko di Mall atau Pusat Perdagangan

Kemudian, ada ruko yang berlokasi di pusat perbelanjaan atau pusat perniagaan, seperti di pasar. Umumnya, ruko ini berfungsi sebagai tempat jualan berbagai kebutuhan. Mulai dari alat elektronik, grosir, dan ada juga yang menjadikannya sebagai kantor.

 

4. Ruko di Pinggir Jalan

Biasanya, ruko ini berlokasi di sekitar area pusat pendidikan (sekolah dasar, sekolah menengah, atau kampus) atau dekat dengan fasilitas publik seperti rumah sakit.

Karena lokasinya yang dekat dengan fasilitas publik, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai bisnis. Contohnya untuk jasa fotokopi, alat tulis, dan lain-lain.

 

Keuntungan Memiliki Ruko

Memiliki ruko menawarkan berbagai keuntungan, baik dari segi bisnis maupun investasi.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh.

 

1. Fleksibilitas Penggunaan

Anda bisa mengatur ruang sesuai kebutuhan, baik untuk bisnis maupun tempat tinggal. Ini memberi fleksibilitas tinggi dalam menjalankan usaha tanpa harus berpisah jauh dari keluarga.

Anda juga dapat menjalankan bisnis tanpa harus berpisah jauh dari tempat tinggal, sehingga menghemat waktu dan biaya transportasi.

 

2. Lokasi Strategis

Ruko biasanya terletak di kawasan strategis dengan akses mudah ke berbagai fasilitas umum, seperti sekolah, perkantoran, juga pusat perbelanjaan. Hal ini tentu mendukung operasional bisnis Anda.

 

3. Potensi Penghasilan Tambahan

Jika Anda tidak menggunakan seluruh ruang, sebagian ruko bisa Anda sewakan kepada pihak lain. Ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang stabil.

 

4. Investasi Jangka Panjang

Nilai properti ruko juga cenderung meningkat seiring waktu, terutama jika terletak di kawasan yang berkembang. Memiliki ruko dapat menjadi investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang.

 

5. Prestise

Memiliki ruko bisa meningkatkan status sosial Anda. Hal ini karena kepemilikan ruko dianggap sebagai simbol kesuksesan.

 

Kekurangan Ruko

Meskipun memiliki banyak manfaat, ruko juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

 

1. Keterbatasan Privasi

Karena ruko menggabungkan tempat tinggal dan tempat usaha, privasi bisa menjadi masalah. Anda mungkin merasa kurang nyaman karena pelanggan atau tamu bisnis bisa saja datang kapan pun.

 

2. Tingkat Kebisingan

Ruko yang terletak di kawasan ramai cenderung lebih bising oleh lalu lintas atau aktivitas bisnis di sekitarnya. Hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda tinggal.

 

3. Pengaturan Tata Ruang Terbatas

Desain ruko yang standar seringkali memiliki keterbatasan dalam pengaturan tata ruang. Anda mungkin perlu melakukan renovasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau hunian.

 

4. Biaya Pemeliharaan

Memiliki ruko memerlukan biaya pemeliharaan yang tidak sedikit, terutama jika bangunan berusia tua atau memiliki fasilitas yang membutuhkan perawatan rutin. Biaya renovasinya pun bisa lebih besar dan tidak sebanding dengan biaya awal pembangunan.

Bukan hanya itu, pemeliharaannya pun menjadi ganda. Hal ini karena Anda perlu merawat rumah tinggal dan tempat bisnis.

 

5. Modal Tinggi

Selain itu, untuk membeli atau menyewa ruko membutuhkan modal cukup menguras kantong dan balik modalnya tidak bisa cepat. Kadang, balik modal baru Anda rasakan setelah beberapa tahun menempati ruko.

 

6. Lokasi

Sementara ruko yang terletak di lokasi kurang strategis akan kurang maksimal untuk bisnis. Anda akan kesulitan memperoleh pelanggan atau penyewa.

 

7. Regulasi

Terakhir, ada banyak peraturan yang harus Anda patuhi saat memiliki dan menggunakan ruko, terutama terkait dengan perizinan usaha.

 

Tips Memilih Ruko untuk Tempat Bisnis

Memilih ruko untuk bisnis memerlukan pertimbangan yang matang agar Anda memperoleh keuntungan maksimal. Berikut cara memilih ruko yang tepat.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua