Harap Tunggu

Media - Media Detail

Rumah Komersil: Keuntungan Dan Bedanya Dengan Rumah Subsidi

28 May 2024 - Artikel

Tempat tinggal adalah kebutuhan primer setiap orang. Banyak orang ingin tinggal di hunian permanen. Ada banyak opsi jenis tempat tinggal yang bisa dipilih. Rumah komersil adalah salah satu jenis hunian yang banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal. 

Lantas, apa yang dimaksud dengan rumah komersil? Apa pula perbedaannya dengan rumah subsidi? Mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Pengertian Rumah Komersil

Rumah komersil artinya jenis hunian yang disediakan oleh pengembang secara terbuka untuk masyarakat secara umum. Kemudian, memiliki model cluster dengan kemampuan daya beli lebih besar dan bertujuan mencari profit. Keunggulan dari jenis hunian ini adalah ukuran lebih besar dan kualitas bangunannya.

Kemudian, jenis hunian ini juga memiliki desain lebih baik, serta spesifikasi yang lebih tinggi. Contoh rumah komersil adalah memiliki halaman lebih luas jika Anda bandingkan dengan rumah subsidi. Dari segala aspek yang disebutkan di atas, memang hunian jenis ini memiliki keunggulan ketimbang tipe subsidi. 

Tidak heran, jika kemudian hunian ini punya harga yang lebih mahal. Namun, berbicara soal sistem pembayarannya, hunian ini juga menyediakan opsi pembayaran kredit layaknya KPR. Namun, perbedaannya adalah besaran uang muka yang lebih besar. Nilainya antara 10 hingga 20 persen dari keseluruhan harga unit tempat tinggal tersebut. 

Lantas, siapa saja yang dapat membeli unit tempat tinggal tersebut? Pada dasarnya, semua orang bisa saja membeli unit tersebut, baik secara individu atau perusahaan. Hanya saja, ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus diikuti oleh pembeli. 

Syarat tersebut meliputi ketersediaan anggaran untuk mendapatkan unit properti tersebut. Kemudian, ketentuan dari pemerintah atau aturan hukum yang resmi berlaku. Tidak hanya itu saja, pembeli harus memiliki rencana pasti tentang bagaimana penggunaan unit tersebut setelah adanya transaksi. 

Pembelian unit tempat tinggal ini juga melihat beberapa faktor lain, seperti, lokasi, kondisi bangunan dan ketersediaan fasilitas pendukung. Dengan begitu, pembeli harus memiliki pandangan yang jelas dan mempertimbangkan segala hal sebelum melakukan transaksi. 

 

Keuntungan Rumah Komersil

Lantas, apa saja keuntungan yang Anda dapatkan ketika memutuskan membeli unit properti ini? Unit ini biasanya berada di lokasi yang strategis. Sehingga, memudahkan Anda untuk mengakses layanan umum termasuk sekolah, pusat belanja hingga sarana transportasi. 

Keuntungan lainnya adalah dapat menjadi investasi di masa depan karena memiliki nilai yang cenderung terus meningkat. Sebab, nilai jualnya lebih besar ketimbang unit non komersial. Ini menjadi salah satu bentuk diversifikasi untuk portofolio investasi, sehingga mengurangi risiko investasi. 

Kemudian, investasi ini dapat menghadirkan potensi pendapatan pasif yang berasal dari sewa atau penjualan di kemudian hari. Sebab, dapat digunakan untuk penggunaan tempat usaha atau perkantoran.

Meskipun unit semacam ini memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang jenis subsidi, namun hal tersebut sepadan dengan dengan nilainya. Dari sisi desain, unit ini punya gaya yang mengikuti perkembangan zaman. Tentu saja, semua orang ingin memiliki tempat tinggal yang menarik, selain menawarkan kenyamanan. 

Selanjutnya, dari sisi keamanan, ini menjadi alasan mengapa hunian tipe ini banyak diincar orang. Pihak pengembang umumnya menawarkan layanan keamanan agar para penghuninya nyaman dan tidak khawatir selama menempati huniannya. Salah satu bentuknya, dengan menempatkan petugas keamanan hingga memasang kamera pengintai di setiap sudut perumahan. 

 

Perbedaan Rumah Komersil dan Subsidi

Ketika hendak membeli unit tempat tinggal, Anda akan dihadapkan dengan tipe rumah yang berbeda, yakni komersil dan subsidi. Keduanya memiliki perbedaan dalam banyak hal. Mulai dari harga, letak hingga kualitas bangunan itu sendiri. 

 

1. Harga

Perbedaan paling jelas dari kedua jenis hunian ini adalah dari besaran nilai harganya. Sebab, pasar keduanya juga memang berbeda. Rumah subsidi memang ditujukan untuk masyarakat golongan menengah ke bawah yang kesulitan memiliki tempat tinggal pribadi. 

Pemerintah kemudian memberikan bantuan, sehingga masyarakat dapat mengakses unit tersebut dengan harga yang lebih mudah. Bantuan tersebut berupa pembebasan PPN. 

Sementara, unit komersil memiliki harga yang nilainya lebih tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab lokasi dan desain yang dihadirkan sangat berbeda. Tidak heran jika pihak pengembang mematok banderol yang lebih mahal kepada masyarakat. 

Kemudian, dari sisi pembiayaan, unit subsidi punya bunga lebih rendah dengan skema flat. Sebaliknya, tipe komersil berdasarkan suku bunga bank yang cenderung fluktuatif.

 

2. Lokasi

Kemudian, perbedaan berikut adalah dari sisi letak lokasi. Hal ini menjadi penentu, apakah sebuah unit berada di lokasi yang strategis, sehingga dapat memudahkan untuk jangkauan ke sarana publik. Unit komersil memiliki kelebihan tersebut.

Biasanya, unit ini berada di dekat kota atau sarana publik lainnya. Sebaliknya, unit satunya berada di pinggiran kota, bahkan tidak jarang agak sulit untuk diakses. 

Hal ini pula yang menjadi faktor mahalnya harga sebuah hunian. Semakin strategis dan berada di tengah kota, maka umumnya banderol nilainya pun akan semakin tinggi pula. 

 

3. Luas Bangunan

Perbedaan lainnya adalah luas bangunan dan ukuran unitnya. Unit ini punya luas yang bervariasi, seperti 36 hingga 112. Sementara, unit yang satunya terbatas pada tipe 36 saja. Anda juga bebas untuk membangun kembali bangunan tersebut sesuai keinginan. Tidak ada aturan batasan dari pihak pengembang. 

 

4. Fasilitas

Fasilitas pendukung menjadi salah satu alasan mengapa orang memilih lokasi hunian tertentu. Kelebihan dari tipe hunian ini adalah memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. Sehingga, memudahkan setiap masyarakat penghuninya. 

Biasanya, tipe ini memiliki sarana lengkap termasuk smart home system. Sebaliknya, pada tipe satunya, hanya memberikan sarana standar saja. Misalnya kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan garasi. Hal tersebut karena keterbatasan ruang yang tersedia. 

 

5. Desain Rumah

Terakhir, yang juga terlihat secara mencolok adalah bagaimana perbedaan desain keduanya. Desain tempat tinggal adalah faktor lain yang membuat orang mantap untuk membelinya. Hal itu sejalan dengan prinsip ada harga ada rupa. Jika sebuah unit memiliki desain tata bangunan yang baik, tidak heran jika harganya pun mahal. 

Kemudian, kualitas hasil akhir pekerjaan pun akan terasa berbeda. Jauh lebih rapi dan presisi. Jadi, pilih beli rumah subsidi atau komersil? Semua tergantung dengan kemampuan finansial Anda. 

Nah, itulah perbedaan mengenai kedua jenis hunian tersebut. Rumah komersil adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki tempat tinggal dengan kualitas lebih baik. Selama anggaran Anda mampu memenuhinya, lantas mengapa tidak memilihnya? 

Anda pun bisa mendapatkan unit hunian sesuai keinginan Anda lewat pengembang Wiraland. Tersedia unit tempat berkualitas yang akan menjawab keinginan Anda akan hunian ideal. Kunjungi situs wiraland.com  dan dapatkan informasi seputar unit tempat tinggal. Dapatkan penawaran harga terbaiknya sekarang juga. 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua