Harap Tunggu

Media - Media Detail

Perkiraan Dan Perhitungan Biaya Bangun Rumah Di Medan

06 October 2021 - Artikel

 

Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika anda memilih membeli atau membangun sebuah rumah, karena kedua hal tersebut memiliki pro kontra masing-masing. Namun, jika anda telah memutuskan untuk membangun rumah saja, maka anda perlu merencanakan dan mempersiapkan biaya yang dibutuhkan nantinya.

Biaya untuk membangun sebuah rumah tidaklah sedikit. Ada banyak  faktor dan unsur yang harus disiapkan dengan perencanaan yang matang. Sebelum memikirkan harga properti, justru biaya teknis membangun seperti bahan bangunan, tukang, interior, eksterior dan lain-lain menjadi hal utama yang perlu perhatikan. Ketika anda sudah memiliki sistem keuangan yang matang, maka jangan sampai kesempatan tersebut menghentikan anda untuk membangun rumah impian.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan perkiraan dan perhitungan biaya bangun rumah di medan, agar proses membangun rumah anda dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana.

 

Biaya Jasa Tukang Bangunan

Rumah anda tidak akan dibangun tanpa jasa tukang bangunan, karena tukang bangunanlah yang dapat menolong anda dalam mewujudkan rumah tinggal impian. Pastikan anda memilih tukang bangunan yang memiliki banyak pengalaman di bidangnya dan memiliki kemampuan komunikasi bahasa dengan baik agar proses pembangunan berjalan lancar.

Biaya jasa tukang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu biaya tukang harian dan biaya tukang borongan. Ketika tukang bangunan dibayar dengan harian, maka anda harus memperhatikan jadwal pembangunan agar dapat selesai tepat pada waktu dan biaya tenaga kerja sesuai dengan anggaran. Sedangkan biaya tukang borongan, dimana anda dapat menyerahkan semua keperluan bangunan kepada tukang borongan tersebut dan akan dibayar pada periode waktu tertentu. . 

 

Biaya Bahan Material Bangunan

Untuk dapat memperhitungkan anggaran, anda perlu mengetahui harga bahan bangunannya atau biasa disebut bahan material. Harga bahan material sangat bervariasi, hal tersebut biasanya tergantung dari tingkat perekonomian di daerah tersebut. Akan tetapi anda dapat memperkirakan harganya dengan cara mencarinya melalui referensi internet. Biaya bangun rumah di medan juga dapat anda sesuaikan dengan cara mencari beberapa referensi harga bahan bangunan di toko-toko bangunan terdekat atau dapat dikatakan sebagai survey harga.

 

Biaya Jasa Perencanaan Desain

Tahapan berikutnya adalah menghitung biaya jasa arsitek. Kita ketahui bahwa jasa arsitek memanglah mahal, namun jika anda memakai jasa arsitek justru akan menghasilkan keuntungan yang besar yaitu desain rumah akan lebih matang serta mutu bangunan yang lebih terjamin. Dan ketika tidak menggunakan jasa desain tersebut, maka banyak kemungkinan menimbulkan biaya tambahan karena ketidaksesuaian bangunan rumah dengan desain yang diinginkan.

 

Biaya Elemen Rumah Lainnya

Setelah anda memperhitungkan biaya-biaya diatas, maka langkah selanjutnya yaitu anda membuat anggaran biaya untuk elemen rumah lainnya yang berkaitan dengan interior dan eksteriornya. 

Pada dasarnya proses pembangunan rumah berkaitan pada beberapa faktor utama yaitu biaya luas tanah, lokasi rumah, tenaga kerja, dan material dimana harganya dapat cepat berubah. Penyesuaian Biaya bangun rumah di medan dapat dikategorikan dengan beberapa tingkat anggaran mulai dari 500 juta, 700 juta, 800 juta, 900 juta, 1 milyar, 2 milyar, 3 milyar, 5 milyar. Biaya tersebut dapat diperkirakan mulai dari 5 juta per meter sesuai dengan yang anda inginkan.

Cari rumah di Medan? Cek: www.WIRALAND.com

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua