Harap Tunggu

Media - Media Detail

Perkiraan Biaya Bangun Rumah Di Medan Terbaru

07 June 2023 - Artikel

Membangun rumah, terutama di kota besar seperti Medan perlu perencanaan yang matang. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan dana yang dibutuhkan sebaik mungkin. Agar persiapan dana lebih mudah Anda harus rajin mencari informasi terbaru atau membuat perkiraan biaya bangun rumah di Medan terbaru. 

Meski tak bisa dipungkiri jika berbicara tentang biaya sebenarnya cukup relatif. Jadi antara satu orang dengan lainnya tidak akan sama. Penyebabnya pun ada banyak faktor sehingga memang cukup membingungkan. 

Oleh karena itu demi membantu Anda pada kesempatan ini akan dibahas seputar rincian biaya bangun rumah di Medan. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

 

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Bangun Rumah di Medan

Sebelum membuat perkiraan biaya bangun rumah, Anda harus tahu faktor apa saja yang mempengaruhi besarnya biaya tersebut. Berikut beberapa faktor yang berpengaruh besar pada besarnya biaya estimasi pembangunan rumah, khususnya di kota Medan:

1. Luas Tanah dan Bangunan

Luas tanah dan bangunan yang ingin Anda bangun mempunyai pengaruh yang besar pada biaya. Semakin luas tanah dan bangunan artinya semakin besar juga anggaran biaya yang harus Anda keluarkan. 

Sebaliknya biaya bangun rumah sederhana akan lebih terjangkau. Alasannya karena bahan bangunan dan waktu pengerjaanya lebih singkat dibandingkan dengan bangunan yang luas dan besar.  

2. Desain Rumah

Desain dan bentuk rumah juga berpengaruh besar pada biaya pembangunan. Apalagi jika desainer atau arsitek yang Anda gunakan professional dan terkenal maka sudah pasti akan sangat mahal. 

3. Kondisi dari Lokasi Pembangunan

Besarnya biaya pembangunan juga tergantung pada kondisi lokasi pembangunan yang Anda rencanakan. Jadi bisa naik atau malah turun. Umumnya lahan yang basah dengan kondisi tanah yang buruk akan membuat proses pembangunan sulit dan biaya akan lebih besar. 

Selain itu jika Anda melakukan pembangunan pada kawasan bernilai tinggi seperti di pusat kota maka sudah pasti biaya pembangunan akan bernilai tinggi dan jauh lebih mahal dibanding membangun di kawasan dengan nilai rata-rata atau rendah. 

4. Jadwal Pembangunan

Waktu saat kontraktor diharapkan menyelesaikan pekerjaan berpengaruh pada biaya pembangunan rumah yang Anda bangun. Penundaan yang tak terduga seperti karena kecelakaan kerja atau cuaca yang tiba-tiba hujan bisa meningkatkan biaya konstruksi secara tidak langsung. 

Semakin lama penundaan maka semakin membengkak juga biaya yang akan Anda keluarkan. Berbagai faktor yang ada di atas harus Anda perhitungkan dan pertimbangkan dengan baik dalam membangun rumah. Dengan begitu perhitungan dan perkiraan biaya yang Anda siapkan bisa lebih tepat. 

Macam-Macam Biaya Bangun Rumah

Secara umum memperkirakan biaya bangun rumah per meter seringkali menjadi pilihan. Namun sebelum memperkirakan Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis biaya terkait membangun rumah seperti:

Biaya Jasa Tukang Bangunan

Anda tentu tak akan bisa membangun rumah tanpa adanya jasa tukang bangunan karena keberadaanya lah yang bisa mewujudkan rumah impian. Dalam hal ini Anda harus memastikan untuk memilih tukang bangunan yang berpengalaman. 

Tukang tersebut juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Tujuannya agar proses pembangunan lebih lancar. Untuk biaya jasa tukang ini sendiri bisa dibedakan menjadi dua yaitu tukang harian dan Borongan. 

Jika Anda memilih tukang harian maka penting sekali untuk memperhatikan jadwal pembangunan supaya bisa segera selesai tepat waktu. Jika tidak maka biaya tenaga kerja akan membengkak dan tak sesuai dengan anggaran. Tukang harian yang terampil perkiraan biayanya berkisar Rp100 ribu - Rp120 ribu per harinya. 

Berbeda dengan tukang borongan yang mana Anda bisa menyerahkan seluruh kebutuhan bangunnan pada tukang. Setelah pengerjaan selesai sesuai waktu tertentu baru Anda melakukan pembayaran. Perkiraan biaya tukang borongan adalah Rp4 juta - Rp5 juta per m2, tergantung pada jenis rumah yang Anda bangun. 

Biaya Material Bangunan

Dalam memperhitungkan biaya atau anggaran bangun rumah Anda wajib mengetahui harga bahan bangunan. Adapun bahan bangunan sendiri harganya sangat beragam, tergantung pada tingkat perekonomian daerah Anda. 

Untuk lebih mudah Anda bisa mencari di internet sebagai referensi. Namun jika ingin lebih pasti Anda bisa menanyakan langsung pada toko bahan bangunan terdekat untuk survey harga. Pastikan untuk tidak hanya bertanya pada satu toko saja. Sebisa mungkin lakukan pada beberapa toko dan lakukan perbandingan lalu baru memutuskan mana yang paling sesuai dengan budget. 

Biaya Jasa Perencanaan Desain

Jenis biaya lain yang juga harus diperhitungkan adalah biaya jasa perencanaan desain. Biaya jasa arsitek dalam perencanaan desain ini memang tidaklah mudah. Bahkan biaya ini tergolong sangat mahal karena berkisar antara Rp35 juta - Rp143 juta. Bisa lebih mahal dan bisa juga lebih murah. 

Meski tergolong mahal menggunakan jasa arsitek tetap memberi keuntungan yang besar. Salah satunya adalah desain rumah akan lebih matang dan berkualitas. Berbeda dengan tanpa arsitek dimana banyak kemungkinan adanya biaya tambahan akibat ketidaksesuaian bangunan rumah dengan desain yang Anda harapkan. 

Biaya Elemen Rumah Lainnya

Biaya yang satu ini berhubungan erat dengan masalah interior dan eksterior. Besarnya biaya ini bervariasi dan tergantung interior dan eksterior seperti apa yang Anda inginkan sehingga sulit untuk dipastikan karena antara rumah orang satu dengan yang lain pasti berbeda. 

Biaya Tak Terduga

Biaya tak terduga ini juga harus Anda pikirkan. Anggaran yang satu ini umumnya muncul saat Anda akan membuat taman kecil, garasi maupun properti untuk dapur. Idealnya paling tidak Anda menyiapkan sekitar 10% dari total semua biaya bangun rumah. 

Perkiraan Biaya Bangun Rumah di Medan Terbaru

Pada dasarnya standar perkiraan biaya bangun rumah di Medan maupun daerah lain pasti berbeda. Perbedaan itupun tentu tak lepas dari berbagai faktor yang sudah disebutkan sebelumnya yang mana akan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan. 

Namun jika mempertimbangkan berbagai faktor yang ada penyesuaian biaya bangun rumah di kota Medan sendiri bisa dikelompokan pada beberapa tingkat anggaran. Biayanya sendiri mulai dari Rp500 juta, Rp700 juta, Rp800 juta, Rp900 juta untuk rumah sedang. Adapun untuk yang lebih luas mulai dari Rp1 miliar hingga Rp5 miliar. 

Solusi Menghemat Biaya Bangun Rumah di Medan

Berdasarkan perkiraan biaya pembangunan rumah diatas memang Anda akan memerlukan banyak uang. Namun jangan putus asa dulu karena semua ada solusinya. 

Salah satu solusi yang bisa Anda gunakan adalah bisa menyesuaikan dengan budget yang ada dan jangan terlalu memaksakan diri. Artinya semua harus Anda sesuaikan mulai dari bahan, desain hingga tenaga kerja yang akan Anda gunakan nantinya. 

Di sini Anda perlu menghitung biaya bangun rumah sendiri dengan terperinci dan teliti. Solusi ini memang tidak mudah namun cukup efektif. 

Adapun jika ingin yang lebih mudah dan pastinya lebih terjangkau Anda juga bisa membeli rumah ready stock dari pengembang terpercaya yaitu Wiraland. Ada banyak jenis rumah siap huni yang bisa Anda pilih. Fasilitasnya pun juga cukup lengkap dan terjamin seperti keamanan hingga taman khusus bermain anak. 

Proses pembelian juga mudah dan tak akan menyulitkan Anda sehingga perumahan dari Wiraland ini bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda daripada membangun rumah. Selain lebih praktis Anda juga bisa  lebih menghemat biaya bangun rumah di Medan. Jika Anda tertarik segera saja hubungi Wiraland dengan klik link ini

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua