Harap Tunggu

Media - Media Detail

Tips Memilih Posisi Rumah Yang Nyaman, Agar Tidak Menyesal!

25 May 2024 - Artikel

Salah satu keputusan penting dalam hidup yang harus Anda ambil adalah pemilihan lokasi rumah dan posisinya. Hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda nantinya. Maka, mengetahui tips memilih posisi rumah menjadi bekal berharga sebelum menentukan dimana tempat tinggal Anda. 

Sebagai contoh, ketika Anda akan membeli hunian di sebuah perumahan, Anda akan mendapatkan pilihan blok dan nomor tersedia. Hal yang sama berlaku jika Anda memiliki beberapa opsi hunian di perkampungan. Pada akhirnya, Anda akan dihadapkan pilihan posisi rumah yang beragam.

 

Tips Memilih Posisi Rumah yang Ideal

Mengapa Anda harus mendapatkan lokasi rumah yang strategis? Hal ini bukan tanpa sebab. Sebab, hal ini juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan selama Anda menempatinya. Selain berpengaruh terhadap keseharian Anda, juga terkait dengan nilai jual di masa depan. 

Ketika Anda memiliki hunian di lokasi yang potensi, maka nilainya tidak akan turun. Bahkan, cenderung akan terus meningkat. Hal ini bisa menjadi investasi tersendiri untuk Anda. Namun demikian, kenyamanan adalah prioritas utama. Nah, berikut adalah beberapa tips cara memilih rumah yang tepat dengan posisi ideal. 

 

1. Pilih yang Paling Ideal dengan Kebutuhan

Ketika Anda sudah membayar hunian yang Anda pilih, tentunya Anda tidak bisa mengubah keputusan Anda. Maka, sebelum terlanjur ada kesepakatan yang sah, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Yang pertama, memilih hunian dengan posisi ideal sesuai kebutuhan. 

Posisi ideal yang dimaksud, adalah berada di titik yang strategis. Sehingga, akan memudahkan gerak Anda. Namun, semua itu kembali pada bagaimana preferensi yang Anda miliki. Anda mungkin saja ingin memiliki tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau memilih lokasi jauh dari hiruk pikuk perkotaan. 

Sebagai contoh, ketika Anda akan mengambil hunian di perumahan. Tips memilih posisi rumah di perumahan adalah pilihlah blok yang dekat dengan gerbang utama. Pertimbangkan juga arah matahari agar tempat tinggal Anda tidak terlalu terik. 

Baik di perumahan atau perkampungan, satu hal wajib yang harus Anda lakukan adalah melakukan survei terlebih dahulu. Cari tahu apakah lokasi dan posisinya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

 

2. Ketahui Kondisi Lingkungan Sekitar

Berikutnya adalah, periksa kondisi lingkungan sekitar calon tempat tinggal Anda. Lingkungan yang nyaman tentu saja akan membuat Anda betah menempati hunian baru tersebut. Pastikan lingkungan tersebut rapi, bersih dan tentunya tidak kumuh. 

Faktor lingkungan juga menyasar pada karakteristik masyarakat sekitar. Bagaimanapun hal ini akan berpengaruh pada perkembangan anak Anda ketika nantinya sudah mulai beranjak tumbuh. Pastikan pergaulan lingkungan sekitar positif. 

Maka, tidak ada salahnya Anda mencari tahu bagaimana kondisi sosial setempat. Bagaimana kondisi sosial sebuah wilayah juga menjadi penentu apakah Anda akan merasa betah atau sebaliknya. 

 

3. Ketersediaan Infrastruktur dan Pengembangan Daerah

Faktor penentu dalam mempertimbangkan posisi hunian yang ideal adalah dukungan infrastruktur sekitar. Jika kawasan sekitar tersebut menjadi salah satu titik pembangunan atau pengembangan daerah, maka jangan ragu untuk menempatinya.

Ini akan memberikan tambahan nilai properti kepunyaan Anda dan kualitas terhadap hidup Anda. 

Ketika kondisi jalan utama menuju calon tempat tinggal Anda kurang baik, maka Anda harus mempertimbangkannya lagi. Terlebih jalan tersebut menjadi akses Anda. Tentunya, Anda tidak ingin melintasi jalanan yang buruk setiap hari. 

 

4. Kualitas Lingkungan Hidup

Selanjutnya, adalah mengerti kualitas lingkungan sekitar. Yakni, melihat riwayat kawasan tersebut apakah rawan bencana atau tidak. 

Tentu saja, hal tersebut tidak bisa Anda kesampingkan. Sebab, Anda butuh tempat tinggal yang aman sebagai ruang berlindung. Pastikan lokasi tersebut tidak rawan banjir, atau rentan terkena tanah longsor. 

 

5. Ketersediaan Sarana Pendidikan dan Fasilitas Umum

Faktor penting dalam memilih rumah adalah ketersediaan sarana pendidikan dan fasilitas pendukung lainnya. Ketika Anda sudah memiliki anak yang bersiap sekolah, maka Anda akan memikirkan kebutuhan fasilitas pendidikan.  Periksalah apakah lokasi tersebut memiliki lembaga pendidikan yang berkualitas. 

Selain itu, amati juga keberadaan pusat fasilitas publik yang tersedia. Misalnya, pusat perbelanjaan, layanan masyarakat hingga kawasan rekreasi. Faktor ini menjadi penentu apakah lingkungan lokasi tersebut akan cocok dengan Anda atau sebaliknya. 

 

6. Hindari Membeli Hunian Posisi Tusuk Sate

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan tata letak calon tempat tinggal Anda. Sebaiknya, hindari untuk memilih hunian yang berada di posisi tusuk sate. Istilah ini mengacu pada hunian yang terletak di ujung simpang jalan dan lurus tanpa ada tikungan.

Banyak orang percaya bahwa tata letak ini tidak memberikan banyak kemujuran. Namun, justru mengundang kesialan, seperti nasib buruk atau masalah kesehatan. 

Tata letak ini juga kerap disebut dengan posisi panah beracun. Para ahli feng shui meyakini bahwa tata telak ini akan menangkal segala energi baik. Sehingga, kemudian akan mengumpulkan aliran energi buruk yang memicu malapetaka. Mitos lainnya adalah para penghuninya akan rentan menjadi korban ilmu santet.

Percaya atau tidak percaya, tempat tinggal dengan kategori ini umumnya berharga murah dan kurang mendapatkan minat pembeli.

 

7. Perhatikan Arah Sinar Matahari

Selanjutnya, perhatikan juga cahaya matahari yang menyinari tempat tinggal Anda. Jika posisi hunian menghadap ke timur, maka akan terpapar sinar secara langsung. 

Sebagai gambaran, hunian yang menghadap ke arah tersebut akan mendapatkan cahaya dari pagi. Sementara, hunian menghadap selatan akan terpapar sinar langsung pada siang hari atau lebih. 

Kelebihan dari paparan sinar tersebut, akan membuat Anda dapat menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu. Selain itu, identik dengan kesehatan yang baik pula. Hal ini yang patut Anda pertimbangkan. 

 

8. Pertimbangkan Potensi Investasi

Hal terakhir lainnya adalah memastikan tempat tinggal Anda berada di posisi hook. Yakni berada di bagian ujung dari ruas jalan atau komplek perumahan. Tata letak ini punya nilai lebih tersendiri. Yakni, memiliki lahan tambahan, sehingga lebih luas ketimbang hunian lainnya. 

Selain itu, letaknya juga strategis dan sangat potensial untuk investasi di masa mendatang. Anda mungkin berpikir tidak akan menjual tempat tinggal Anda, namun ketika nilainya terus meningkat, maka Anda punya aset yang menjanjikan.

Oleh karena itu, cermati tren nilai properti di kawasan tersebut. Apakah akan cenderung terus meningkat, atau malah mengalami penurunan. 

 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips memilih posisi rumah yang nyaman, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Pembelian tempat tinggal adalah sebuah investasi dalam hidup Anda. Dengan memilih lokasi yang ideal, akan membuat 

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa memastikan tinggal di hunian yang membuat betah dan bahagia untuk jangka panjang. Untuk Anda ingin mencari tempat tinggal ideal, arahkan pandangan Anda pada Wiraland. Inilah pilihan yang tepat untuk kebutuhan tempat tinggal dengan posisi terbaik. 

Wiraland memiliki berbagai unit hunian sesuai dengan preferensi Anda. Kunjungi situsnya dan dapatkan informasi serta penawaran terbaik sekarang juga.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua