Harap Tunggu

Media - Media Detail

4 Tips Penting Yang Harus Diterapkan Sebelum Membeli Rumah Baru

16 October 2022 - Artikel

Rumah sebagai tempat bernaung merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Membeli rumah baru adalah impian banyak keluarga. Akan tetapi harganya yang tidak murah selalu membuat berpikir dua kali sebelum merealisasikan impian ini. Membeli rumah tergolong investasi jangka panjang, karena apabila diundur terus menerus, harga rumah akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bahkan pada pandemic covid-19 beberapa developer rumah makin giat mempromosikan dijual rumah di Medan.  

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, hendaknya anda mempertimbangkan beberapa aspek seperti harga, sistem pembayaran,lokasi, fasilitas, surat menyurat, dan kondisi rumah yang akan anda tempati. Pikirkan juga prospek jangka panjang, apakah rumah perlu di renovasi? perhatikan kebutuhan keluarga anda seperti jumlah kamar, garasi,  taman, atau yang lainnya. Akan membeli rumah di tahun ini? Berikut 4 tips penting yang perlu anda perhatikan sebelum membeli rumah baru. 

 

1.  Pertimbangkan biaya yang ditawarkan

Uang adalah pertimbangan pertama sebelum memulai segalanya. Apalagi membeli sebuah rumah adalah langkah besar yang diambil. Jangan terpaku dengan satu rumah saja, coba perluas pencarian anda dengan mengikuti promo perumahan di Medan. Bandingkan harga setiap rumah dengan fasilitas sesuai keinginan kita. Setelah menemukan harga termurah, cek juga akses jalan, keamanan, surat menyurat, dan kondisi rumah. 

Sistem pembayaran yang dilakukan juga perlu dipikirkan. Apakah anda membayar secara langsung atau menggunakan sistem cicilan. Diperhitungkan dengan matang biaya yang dimiliki serta biaya total yang akan dikeluarkan pada dua sistem itu.

 

2.  Pilih lokasi yang strategis 

Lokasi yang strategis dapat menghemat waktu dan pengeluaran bulanan. Apabila membeli rumah di tengah kota dengan akses dekat kemana-mana tentunya akan lebih menghemat biaya bulanan jika dibandingkan dengan membeli rumah di pinggiran dengan harga yang lebih murah. Beberapa tempat yang harus diperhitungkan jaraknya dengan rumah adalah kantor, sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Banyak agen yang menawarkan dijual rumah di Medan, yang dapat anda pilih untuk menemukan rumah sesuai kriteria.

 

3.  Pastikan urusan surat menyurat telah lengkap

Hati-hati dengan agen bodong yang menawarkan jasa dijual rumah di Medan. Pastikan kelengkapan surat menyurat rumah, seperti, Surat kepemilikan tanah, AJB terakhir, Sertifikat IMB, Surat PBB rumah, dan Bukti pembayaran tagihan. Jangan sampai saat kamu membeli rumah jadi zonk besar karena mengeluarkan biaya tambahan untuk persuratan. 

 

4.  Cek dengan seksama kondisi rumah

Kondisi rumah penting untuk di cek sebelum kamu memutuskan membeli rumah. Beberapa aspek seperti saluran pembuangan, saluran air, bahan pembuat rumah, listrik, penampungan air, cat, dan banyak lagi. Cek semua aspek esensial di dalam rumah agar anda tidak merasa dirugikan saat menempati rumah tersebut. 

Itulah empat tips yang perlu dipraktekkan sebelum membeli rumah. Untuk mempermudah pencarian rumah, bisa menggunakan agen yang menawarkan jasa dijual rumah di Medan.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua