Harap Tunggu

Media - Media Detail

10 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membeli Rumah

28 September 2022 - Artikel

Rumah murah di Medan merupakan salah satu kebutuhan primer yang makin hari makin susah saja untuk mendapatkannya. Hal tersebut karena makin hari makin mahal harganya. Oleh karena itu jika anda ingin memiliki rumah maka alangkah baiknya segera diwujudkan saat ini juga.

Rumah bukan hanya bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi anda dan keluarga, akan tetapi bisa jadi alat atau prodyk investasi juga. Misalnya anda menyewakan salah satu kamar untuk anak kos. Anda juga bisa menyewakan perumahan di Simalingkar B untuk keluarga lain yang ingin menempati.

Dengan begitu anda akan memiliki pemasukan pasif rutin per bulannya. Tinggal duduk santai di rumah anda sudah memiliki pemasukan sendiri. Selain itu harga rumah yang kian hari kian mahal bisa anda manfaatkan untuk investasi jangka panjang. Misal anda membeli rumah saat ini dengan harga Rp 900 juta, maka beberapa tahun ke depan anda bisa saja menjual rumah Johor Medan di harga Rp 1 milyar.

Namun untuk mendapatkan rumah yang tepat dari segi harga dan rasa tentu bukanlah perkara yang mudah. Persaingannya cukup ketat. Banyak pertimbangan dan keputusan penting yang harus diambil. Mulai dari apakah keluarga setuju, apakah lokasinya strategis dekat dengan kantor, bagaimana fasilitas umum di sana, bagaimana kondisi lingkungan alam dan penduduknya, apakah harganya sesuai dan lain sebagainya.

 

Tips Memilih Rumah yang tepat

Oleh karena itulah berikut adalah beberapa tips dalam memilih rumah yang tepat bagi anda dan keluarga:

 

1.    Apakah tujuan anda membeli rumah?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa perbedaan tujuan orang membeli rumah. Ada yang untuk ditinggali bersama keluarga tersayang atau membeli rumah contoh river Valley Medan untuk dijadikan markas usaha. ada juga yang membeli rumah untuk produk investasi jangka panjang.

Oleh karena itu sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa tujuan anda membeli rumah. Nanti untuk detail lainnya bisa disesuaikan dengan tujuan tersebut. Misalnya dalam memilih skala prioritas. Apakah anda lebih memilih beli rumah yang berada di lokasi strategis tapi mahal atau rumah yang lebih murah tapi jaraknya jauh dari kantor. Jika tujuan anda agar lebih dekat dengan kantor maka lokasi strategis jadi skala prioritas untuk dipenuhi.

 

2.    Bagaimana respons keluarga?

Membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga harus anda komunikasikan juga dengan anggota keluarga. Selain itu jika tujuan anda beli rumah adalah untuk anda pindah dan ditinggali, maka tanyakan terlebih dahulu ke anggota keluarga yang lain apa saja kriteria rumah yang diinginkan.

Jika terdapat perbedaan dalam kriteria rumah yang diinginkan, maka sebaiknya lakukan musyawarah untuk menyepakati bersama.  Misal anda mau membeli rumah di perumahan Menteng Indah Medan Denai, apakah keluarga setuju atau tidak.

 

3.    Menentukan lokasi rumah murah di Medan yang diinginkan

Lokasi rumah jadi salah satu aspek penting bagi anda yang hendak membeli rumah baru. Beberapa kriteria standar soal lokasi rumah diantaranya adalah dekat dengan kantor, dekat dengan berbagai akses, aman dari potensi banjir, berada di pedesaan yang suasananya asri dan lain sebagainya.

 

4.    Bagaimana keadaan lingkungan sekitar

Ada sebuah frasa yang berbunyi apabila anda membeli sebuah rumah bari di lingkungan baru maka anda membeli suasana di lingkungan tersebut. Sebaiknya sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah anda survei juga bagaimana lingkungan sekitar perumahan di Medan Amplas.

Saat survey lingkungan sekitar mungkin anda bisa menanyakannya langsung ada pihak penjual atau kalau bisa pejabat setempat seperti RT RW. Setelah itu sesuaikan dengan diri anda dan keluarga, apakah budaya, suasana dan keadaan di rumah tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang anda yakini, jika pun tidak sesuai sampai sejauh mana anda mampu menyesuaikan atau menolerirnya.

 

5.    Bagaimana akses menuju ke sana

Poin penting selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah bagaimana cara akses ke rumah dijual di Padang Bulan Medan dari berbagai tempat. Beberapa hal yang berkaitan dengan akses rumah adalah kondisi jalannya apakah baik atau banyak berlubang, apakah ahrus melewati jalan kecil, jalan tanah, dsb.

Apakah bisa diakses lebih dari satu jalur juga perlu anda cari tahu karena ke depannya jalur itulah yang hampir setiap hari akan anda lalui.

 

6.    Rencana lingkungan sekitar rumah

Ini yang seringkali dilupakan bagi banyak orang saat hendak membeli rumah yaitu bagaimana kondisi lingkungan sekitar rumah beberapa tahun ke depan. Misalnya saja anda membeli rumah di pedesaan dengan tujuan mencari ketenangan, eh ternyata setelah terbeli rumah di samping rumah anda dibangun pusat hiburan atau pusat keramaian yang membuat ketenangan anda hilang,

Tentu akan sangat berbeda antara lingkungan di perumahan paling elit di Medan dengan lingkungan rumah di pelosok.

 

7.    Potensi kenaikan harga rumah ke depannya

Untuk yang satu ini sangat erat kaitannya dengan anda yang membeli rumah dengan tujuan untuk produk investasi jangka panjang. Sebaiknya sebelum anda membeli rumah tersebut, surveilah terlebih dahulu berapa harga pasaran rumah tersebut saat ini lalu hitunglah potensi nilai jualnya beberapa tahun ke depan.

Anda juga mungkin bisa menghitung antara biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah dengan berapa lama bisa balik modal jika menyewakan kamar atau rumah murah di Medan tersebut ke orang lain.

 

8.    Administrasinya lengkap

Hal penting yang sering disepelekan banyak orang adalah masalah administrasi. Pastikan administrasi rumah sudah lengkap saat anda membelinya seperti sertifikat tanah, surat kepemilikan rumah di komplek perumahan di Medan Johor.

Ini sangat penting karena berkaitan dengan kelegalan kepemilikan rumah tersebut. Terutama jika anda membeli rumah dengan cara kredit dari hasil kreditan orang lain Anda perlu memastikan surat-surat lainnya dari pihak bank maupun pengkredit pertama.

 

9.    Fasilitas umum apa saja yang ada di sekitar rumah

Pertimbangan lainnya jika anda hendak memilih rumah sebagai tempat tinggal adalah fasilitas umum yang ada di sekitar rumah tersebut. Misalnya saja anda hendak membeli rumah di perumahan. Fasilitas umum yang disediakan di komplek Mayfair Medan biasanya ada taman hijau, keamanan 24 jam, dan lain sebagainya.

Meskipun tidak terlalu urgent amat, namun fasilitas tersebut bisa membantu hidup anda ke depannya dan bisa memengaruhi biaya pembelian rumah tersebut.

 

10. Bangunan rumah

Terakhir adalah bagaimana bangunan di perumahan di Garperta Medan, gaya arsitekturnya, berapa kamar yang tersedia, berapa kamar mandi, berapa lantai dan lain sebagainya. Ini penting untuk kenyamanan anda juga.

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan sebelum anda benar-benar membeli rumah murah di Medan. Memiliki rumah yang nyaman dan sesuai dengan keinginan tentu saja adalah impian bagi semua orang.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua