Harap Tunggu

Media - Media Detail

Baru Pertama Beli Rumah? Ini 4 Tips Yang Harus Anda Lakukan

23 June 2022 - Artikel

Saat pertama kali anda membeli rumah pasti akan terasa gugup dan bingung bukan? Itu adalah hal yang wajar. Untuk membantu anda dalam proses pembelian rumah berikut adalah tips-tips dalam mencari dan membelinya mulai dari developer hingga olx perumahan di medan.

Dalam prosesnya, pembelian rumah menuntut banyak tahapan dan syarat yang harus dipenuhi dengan lengkap. Berikut adalah beberapa gambaran persiapan membeli rumah yang perlu anda ketahui:

1. Pertimbangkan aspek-aspek dasar dalam memilih rumah

Aspek-aspek dasar ini akan menentukan rumah seperti apa yang tepat bagi anda. Beberapa diantaranya seperti luang tanah, luas bangunan, tingkatan berapa lantai, jumlah kamar tidur dan kamar mandi, lingkungan sekitar, dan siapa yang kelak jadi tetangga anda.

Rinciannya yang perlu anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:

· Cari tahu tingkat keamanan di lingkungan tersebut seperti tingkat kriminalitas dan orang-orang sekitar

· adanya fasilitas pendidikan yang menunjang

· Adanya fasilitas kesehatan, supermarket, dan taman, dan fasilitas lainnya yang berguna untuk kebutuhan anda

· Cari tahu tingkat kemacetan, akses lokasi rumah, polusi suara, dsb

 

2. Tentukan bagaimana cara anda hendak membeli rumah di olx perumahan di medan

Rumah bisa anda bei dengan cara tunai maupun cicilan KPR. Meskipun cara pembelian tunai memang yang terbaik, tapi metode pembelian rumah paling banyak digunakan adalah menggunakan cicilan KPR.

KPR lbanyak dipilih karena lebih mudah dan cepat mendapatkan rumah. Oleh karena itu memilih skema cicilan KPR yang cocok bagi anda sangatlah penting.

 

3. Siapkan uang muka atau DP

DP sering jadi halangan banyak pasangan muda ketika hendak memilih rumah yang dibelinya, oleh karena itu jika anda menginginkan rumah tersebut maka perlu disiapkan dengan baik DP nya. Berikut beberapa tipsnya:

·  Ketahui informasi uang mukanya

·  Buat rencana keuangan untuk menabung uang muka

·  Buat jangka waktu sampai tabungan tersebut harus selesai

·  Anda bisa gunakan fitur autodebet di bank

·  Pilihlah suku bunga yang tepat dan sesuai dengan kemampuan anda

 

4. Pilih program cicilan DP rumah

Jika DP tidak bisa secara kontan, ada beberapa developer yang menyediakan program cicilan DP rumah yang dapat dilakukan dengan skema:

·  Angsuran DP dilakukan ke developer yang jumlahnya sesuai ketentuan bank seperti 20%, 30%, dan 40%. Misal jika anda membeli rumah 500 juta di medan dengan DP 20% maka besarannya adalah 100 juta.

·   Angsur cicilan selama periode yang sudah ditentukan

·   setelah cicilan DP selesai, segera ajukan KPR ke pihak bank

Itu adalah beberapa tips mencari dan membeli rumah mulai dari internet hingga olx perumahan di medan. Salah satu tempat untuk cari rumah idaman dengan harga bersahabat adalah di https://wiraland.com.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua