Harap Tunggu

Media - Media Detail

Simak 8 Cara Punya Rumah Impian Untuk Keluarga

10 July 2023 - Artikel

Memiliki hunian idaman tidak hanya menjadi impian semua keluarga tetapi juga merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Namun kenyataannya masih banyak keluarga yang belum punya rumah sendiri dan masih berjuang untuk mencari cara punya rumah secepatnya.

Ada banyak hal yang mendasari kondisi tersebut antara lain karena standar gaji yang relatif rendah, memiliki tunggakan hutang atau cicilan, harga rumah yang melambung dan lain-lain. 

Namun, bukan berarti mustahil bagi mereka yang berpenghasilan rendah untuk memiliki sendiri. Pasalnya, dengan usaha dan tindakan yang tepat banyak keluarga yang berhasil mencapai impian tersebut.

Jadi, apa saja yang perlu dilakukan agar bisa segera memiliki rumah idaman? Tips dan cara berikut ini dapat Anda jadikan acuan dalam usaha Anda untuk membeli hunian idaman bagi keluarga.  

8 Cara Punya Rumah Impian

Masing-masing keluarga memiliki cara masing-masing dalam mencari cara terbaik untuk memiliki hunian idaman mereka. Tips dan cara punya rumah sendiri berikut dapat Anda terapkan dan sesuaikan dengan kondisi keuangan dan kehidupan Anda agar pada akhirnya Anda dapat memiliki rumah sendiri.

1. Tentukan Tujuan

Sebelum Anda mulai berhitung dan mengumpulkan dana khusus untuk rumah idaman, tentukan terlebih dahulu tujuan Anda. Dalam hal ini Anda harus secara jelas menentukan apakah Anda ingin membeli rumah siap huni atau cukup membeli tanah kemudian membangun sendiri bangunannya.

Tentukan juga apakah Anda memilih membeli dengan cara kredit atau memilih cara punya rumah tanpa KPR. Alhasil, Anda dapat membuat perkiraan dana secara lebih jelas. Selain itu Anda juga perlu menentukan lokasi rumah tinggal Anda karena lokasi merupakan salah satu faktor penentu harga rumah.

Pastikan menyiapkan dana lebih jika memilih hunian di tengah kota dengan segala fasilitasnya karena biasanya harga yang ditawarkan tinggi. 

2. Tabung Dana untuk DP Rumah

Setelah Anda membuat perkiraan hitungan seperti di atas, maka langkah selanjutnya adalah menabung untuk biaya DP rumah. Rencanakan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengumpulkan dana tersebut agar Anda dapat memperkirakan besaran dana yang harus dipisahkan tiap bulannya.

Misalnya Anda ingin mengumpulkan dana sebesar Rp200 juta dalam waktu 5 tahun untuk DP rumah, maka perhitungannya sebagai berikut:

Rp200 juta : (12 x 5)         = Rp200 juta : 60

                                        = 3,3 juta

Jadi, Anda harus menyisihkan dana sebesar Rp3,3 juta per bulan agar dalam waktu 5 tahun dapat membayar DP rumah idaman tersebut. Bagi sebagian orang, jumlah tersebut cukup besar karena adanya kebutuhan lain dan standar gaji yang kecil.

Alternatifnya, Anda dapat memilih mengikuti program rumah subsidi dri pemerintah. Pasalnya, program ini memang diperuntukkan bagi mereka yang berpenghasilan kurang dari Rp8 juta rupiah. 

Pemerintah sendiri telah berkolaborasi dengan Bank Dunia untuk pengadaan perumahan dengan harga terjangkau agar dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah.

Walaupun ini bukan cara punya rumah gratis tetapi akan sangat membantu karena harga rumah yang relatif murah, DP kecil dan cicilan KPR yang sesuai dengan keuangan mereka.

3. Disiplin dengan Target Tabungan

Ketika Anda memilih untuk membeli rumah dengan menabung DP terlebih dahulu, maka pastikan bahwa Anda disiplin dengan target yang sudah ditentukan. Latih diri Anda untuk disiplin dan tegas dalam hal keuangan agar target Anda dapat tercapai.

4. Atur Gaya Hidup dan Pengeluaran

Karena And harus menyisihkan dana untuk tabungan DP rumah dan kebutuhan penting lain maka ada baiknya Anda mulai mengatur gaya hidup dan pengeluaran dengan tepat. 

Hal ini penting agar tidak terjebak dalam kondisi besar pasak daripada tiang. Jadi, pastikan membuat rencana keuangan yang baik untuk setiap pengeluaran Anda dengan skala prioritas yang tepat, termasuk untuk dana tabungan. 

Ketika Anda menerima THR maka sebaiknya Anda gunakan secara bijaksana. Pasalnya, THR dapat membantu membantu mempercepat Anda dalam mencapai target keuangan yang sudah Anda tentukan. 

Tidak ada salahnya untuk mengapresiasi diri atas kerja keras yang sudah Anda lakukan, namun ingat juga bahwa Anda memiliki tujuan jangka panjang ingin punya sendiri.  

5. Cari Penghasilan Tambahan

Salah satu cara punya rumah di usia muda yang dapat Anda coba adalah dengan mencari penghasilan tambahan sesuai dengan skill yang Anda miliki. Beruntung kita berada di era ini karena banyak memudahkan kepada mereka yang kreatif untuk memperoleh penghasilan tambahan secara online. 

Anda dapat memilih untuk menjadi food atau travel vlogger, influencer, guru les, membuka toko online dan masih banyak lagi. Manfaatkan dan maksimalkan kemampuan serta kemajuan teknologi yang ada agar dapat menjadi sarana yang tepat dalam mencapai cita-cita dan tujuan Anda. 

Jika penghasilan tambahan Anda sudah mulai stabil, maka usahakan untuk mulai berinvestasi. Pasalnya, investasi dapat membantu Anda mencapai target keuangan dengan lebih cepat. 

Pilih investasi yang aman dan terpercaya untuk pemula misalnya reksadana, investasi emas dan deposito.

6. Cari Informasi KPR Terbaru dari Bank

Ada banyak bank yang menawarkan KPR sehingga Anda perlu mempelajarinya dengan baik. Kenali kelebihan dan kekurangannya agar Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan dana dan kebutuhan Anda. Manfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan namun kenali juga peraturan tidak tertulis yang ada agar tidak merugikan Anda.

7. Pilih Developer Tepercaya

Cara punya rumah dengan gaji kecil yang terakhir adalah memilih developer terpercaya untuk hunian idaman Anda. Jika Anda tinggal di wilayah Medan dan sekitarnya maka Anda dapat memilih Wiraland karena rekam jejak dan keberhasilannya dengan berbagai perumahan yang ditawarkan. 

Wiraland menawarkan berbagai pilihan perumahan dan tipe rumah dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi nomor (061) 80025888 atau klik pada link berikut. 

Harga rumah yang tinggi menyebabkan banyak keluarga belum memiliki rumah sendiri. Namun, bukan berarti mustahil bagi mereka untuk kelak memilikinya. Dengan menerapkan beberapa tips di atas diharapkan agar mereka yang berpenghasilan rendah tetap dapat memiliki hunian idaman.

Semoga tips cara punya rumah di atas pada akhirnya dapat membuka peluang bagi Anda dan banyak orang untuk memiliki rumah idaman.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua