Harap Tunggu

Media - Media Detail

Ingin Memiliki Aset Tanah Kavling Di Medan? Simak Info Berikut!

18 May 2023 - Artikel

Memiliki aset adalah impian semua orang, karena dapat menjadi passive income atau tabungan hari tua. Aset terbaik menurut kami adalah aset tanah kavling, karena tidak akan mengalami penurunan harga atau resesi. Bagi Anda orang Medan yang ingin memiliki aset tanah kavling di Medan, sebaiknya simak artikel berikut.

Apa itu Tanah Kavling?

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang bertanya-tanya apa sebenarnya yang dimaksud dengan tanah kavling? Apa yang membedakan tanah kavling dengan tanah pada umumnya? Berikut kami jelaskan apa itu tanah kavling.

Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kavling adalah sebagian tanah yang ditandai atau dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Yang ,ama di atas tanah tersebut akan dibangun sebuah bangunan, bisa berupa rumah, toko, ruko, gedung atau lainnya.

Tanah kavling ini biasanya terdapat di kompleks perumahan, adapun bentuk petakannya sangat bermacam-macam, tergantung bangunannya yang akan dibangun. Sehingga dapat kita ketahui bahwa tanah kavling berbeda dengan tanah pada umumnya.

Jika Tanah umum biasanya belum siap untuk dibuat bangunan di atasnya, masih dibutuhkan proses perataan, pengeringan atau pemadatan. Tidak demikian dengan tanah kavling, tanah tersebut siap untuk langsung dibangunan sebuah bangunan di atasnya.

 

Jenis-Jenis Tanah Kavling

Banyak orang atau bahkan Anda yang membaca artikel ini belum mengetahui bahwa ternyata tanah kavling juga memiliki beberapa jenis. Lalu apa saja jenis-jenisnya? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Cul de Sac Lot

Jenis tanah kavling yang pertama adalah Cul de Sac Lot, nama tersebut diambil dari bahasa Perancis yang berarti tanah kosong di jalan mati atau buntu. Pada kenyataannya, jenis tanah kavling pertama ini bagian depannya cenderung lebih sempit daripada bagian belakangnya.

Dengan kata lain, tanah kavling ini diawali dengan ukuran yang agak sempit yang kemudian melebar ke belakang.

2. Interior Lot

Jenis tanah kavling selanjutnya adalah Interior Lot, jenis kavling ini sering juga disebut dengan cluster atau klaster. Letak tanah kavling jenis ini berada di tengah-tengah deretan tanah kavling dalam satu blok.

Poin yang menjadi kelebihan dari tanah kavling jenis ini adalah pintu gerbangnya hanya dapat diakses dari satu pintu. Sehingga keamanan lebih terjamin serta cenderung tenang karena jauh dari kebisingan.

3.  T-Intersection Lot

Jenis tanah kavling yang terakhir ini banyak orang menyebutnya dengan “tusuk sate”. Mengapa demikian, karena berada tepat di ujung pertigaan, sehingga tampak dari kejauhan. Sebagian masyarakat meyakini bahwa tanah jenis ini adalah tempatnya makhluk halus.

Namun dari segi dunia bisnis, tanah kavling ini justru sangat menguntungkan. Karena terlihat dari kejauhan maka sangat cocok untuk tempat bisnis atau tempat usaha.

 

Tips Memilih Tanah Kavling

Sebelum Anda membeli tanah kavling, sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari:

1. Perkirakan Keadaan Tanah Masa Depan

Sebelum membeli tanah kavling, sebaiknya Anda perkirakan atau prediksi terlebih dahulu bagaimana keadaan dareah tanah yang akan Anda beli. Apakah akan semakin maju dan rame sehingga ekonomi meningkat di tempat tersebut atau justru sebaliknya.

Jika semakin sepi maka nilai jual tanah tersebut juga semakin turun. Hal ini tak menjadi masalah jika Anda membeli sebuah kavling untuk Anda bangun rumah, namun jika untuk investasi, keadaan tersebut akan merugikan.

2. Ketahui Sejarah Tanah Kavling yang Akan Dibeli

Mengetahui sejarah tanah kavling sebelum Anda membelinya adalah hal yang penting. Sebab akan berpengaruh dalam jangka panjang. Setidaknya Anda menghindari tanah kavling yang dahulunya bekas:

  • Tempat pembuangan sampah
  • Tanah pemakaman
  • Area tempat ibadah

Pastikan bahwa tanah yang akan Anda beli adalah tanah yang fresh atau baru, misalnya bekas sawah atau perkebunan. Carilah info terkait sejarah tanah tersebut sedalam-dalamnya. Anda bisa menggali info dari masyarakat sekitar atau sesepuh sekitar.

3. Pastikan Tanah Datar atau Lebih Tinggi

Tanah yang datar atau lebih tinggi dari tanah lainnya sangat menguntungkan. Karena aliran airnya lancar. Jangan sampai Anda membeli kavling yang berada pada posisi rendah atau cekungan, karena aliran air lebih sulit sehingga resiko banjir sangat tinggi.

4. Perhatikan Akses Jalannya

Pastikan bahwa jalan menuju tanah kavling sampai di depan tanah kavling adalah jalan yang bagus dan lebar. Minimal muat untuk simpangan dua mobil atau sekitar 5 hingga 6 meter. Sehingga ketika mobil Anda menuju tanah kavling tak perlu bergantian ketika berpapasan.

5. Lihat Validitas Sertifikat

Anda harus melihat dengan cermat soal legalitas atau kevalidan sertifikat tanah kavling. Lakukan verifikasi hingga ke Dinas Pertanahan. Pastikan bahwa tanah yang Anda beli bukan merupakan tanah sengketa, sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.

 

Tanah Kavling Terbaik di Medan

Jika Anda bukan orang asli Medan atau orang Medan yang ingin investasi tanah kavling di Medan. Kami berikan referensi terbaik untuk mendapatkannya dari Wiraland. Hal ini karena Wiraland merupakan pengembang properti sejak tahun 2000-an sehingga sangat aman dan terpercaya.

Wiraland menangani banyak proyek properti di Medan, mulai dari perumahan, gudang, ruko, hingga tanah kavling. Di antara proyek tanah kavling yang berada di bawah pengembangan Wiraland adalah sebagai berikut:

1. Givency One

Givency One adalah perumahan eksklusif yang menyediakan banyak rumah megah dan modern dengan desain yang elegan. Selain itu Givency One juga menawarkan tanah kavling siap bangun. Adapun luas tanah per kavling yang ditawarkan adalah 14 x 13,5 m. Dengan DP 0% dan cicilannya 120 kali.

Membeli tanah kavling di Givency one ini adalah pilihan tepat untuk investasi tanah kavling di Medan. Karena letaknya yang strategis dan harganya cukup terjangkau.

2. River Valley

River Valley merupakan kompleks perumahan di Medan yang memiliki banyak tipe rumah, yakni hingga 7 tipe rumah. Selain itu River Valley juga menyediakan tanah kavling berbagai tipe. Ada 4 tipe kavling yang ditawarkan perumahan ini, yakni ukuran 9 x 12, 12 x 27, 17 x 15, 9 x 22.

Dengan adanya banyak opsi tipe kavling ini, Anda dapat membeli tanah kavling sesuai dengan budget yang disiapkan. Areanya pun cukup strategis, karena suasananya nyaman, udaranya bersih, dan dekat dengan beberapa tempat keramaian.

Jika Anda ingin menggali informasi lebih dalam tentang tanah kavling di atas, bisa Anda langsung Anda tanyakan di sini. Membeli dari pengembang yang memiliki reputasi positif adalah suatu keharusan, karena lebih minim resiko dari penipuan.

Demikian sedikit informasi tentang investasi tanah kavling di Medan. Semoga yang sedikit ini dapat membantu Anda mendapatkan tanah kavling yang profitable untuk investasi masa depan. Karena masa depan yang cerah hanya dapat ditata mulai dari masa muda yang berkualitas.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua