Harap Tunggu

Media - Media Detail

Rumah Cluster Adalah Pilihan Yang Tepat? Simak Info Berikut!

08 July 2023 - Artikel

Setiap orang ingin memiliki hunian idaman mereka, namun, banyaknya jenis hunian seringkali membuat mereka bingung menentukan pilihan yang tepat. Rumah Cluster adalah salah satu dari sekian banyak jenis hunian yang menawarkan berbagai kelebihan sehingga layak untuk Anda pertimbangkan.

Sistem satu pintu merupakan salah satu kelebihannya sehingga membuat jenis hunian ini relatif lebih aman. Namun, sebelum Anda menjatuhkan pilihan hunian pada rumah cluster, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu rumah cluster.

Ciri-ciri, perbedaannya dengan jenis hunian lainnya, harga perumahan cluster, kekurangan dan kelebihannya adalah beberapa info yang perlu Anda pahami. Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Kenali Apa itu Rumah Cluster

Rumah cluster merupakan jenis perumahan yang pembangunannya berada di sebuah komplek dengan bentuk bangunan yang serupa. Umumnya, rumah cluster memiliki desain modern namun tidak memiliki pagar di bagian depan. 

Jenis hunian ini memiliki area yang berbeda-beda dimana tiap area atau cluster hadir dengan desain dan ukuran bangunan yang seragam. Umumnya, hunian ini memiliki tembok tinggi sekeliling dengan satu gerbang utama sebagai satu-satunya akses masuk. Alhasil, akses keluar masuk orang dapat terpantau dengan baik. 

Selain itu, rumah cluster tanpa pagar biasanya memiliki akses ke pusat kota dan fasilitas umum lain namun masih berada di wilayah yang lingkungannya masih asri. Simak informasi mengenai ciri-ciri dari rumah cluster berikut agar Anda memiliki gambaran lebih jelas mengenai jenis hunian ini.

Ciri-Ciri Rumah Cluster

Berikut ciri-ciri rumah cluster yang perlu Anda ketahui:

1. Desain dan Ukuran Bangunan Sama

Ciri pembeda dari rumah cluster antara lain memiliki bentuk, desain, dan ukuran bangunan yang sama. Kondisi ini menjadi pembeda antara cluster satu dengan yang lain sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri. 

Umumnya hunian ini tidak berpagar dan hanya menggunakan tembok beton berukuran pendek sebagai pembatas antar rumah. Jenis hunian ini cocok untuk Anda yang menyukai lingkungan dengan kekeluargaan tinggi karena rumah tanpa pagar mempermudah interaksi antar penghuninya.

2. Sistem Keamanan Menggunakan One Gate System

Mengusung sistem keamanan one gate system adalah ciri kedua dari rumah cluster minimalis. Jadi, akses masuknya hanya ada satu, yaitu melalui gerbang utama. Cara ini berdampak bagus karena memudahkan petugas dalam memantau akses keluar masuk pengunjung maupun penghuni. 

Selain itu, cluster menerapkan sistem keamanan 24 jam dengan petugas keamanan yang berpatroli dan CCTV. Alhasil, keamanan menjadi lebih terjamin.

3. Fasilitas Lengkap

Pihak developer umumnya menyediakan fasilitas cukup lengkap di dalam cluster misalnya jogging track, club house, ruang terbuka hijau, kolam renang dan lainnya.  Alhasil, penghuni dapat memanfaatkan fasilitas tersebut secara maksimal.

4. Jumlah Unit Cukup Banyak

Jumlah unit dalam rumah cluster relatif banyak karena bisa berjumlah puluhan hingga ratusan unit, tergantung site plan dari developer. Namun, jumlah ini jauh lebih sedikit jika Anda bandingkan dengan jenis perumahan residence.

5. Rumah Tanpa Pagar

Konsep yang diusung rumah cluster adalah sistem terbuka sehingga masing-masing rumah tidak memiliki pagar. Alhasil, akses keluar masuk penghuni lebih mudah. Selain itu, kondisi ini juga memudahkan penghuni untuk saling berinteraksi dengan mudah sehingga terjalin hubungan yang lebih baik antar penghuni. 

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Cluster

Selain mengenal ciri dan karakteristik rumah cluster, Anda juga perlu memahami kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat menentukan apakah hunian tersebut sesuai untuk Anda atau tidak. Berikut informasinya untuk Anda:

Kelebihan Rumah Cluster

  • Tingkat keamanan tinggi karena adanya sistem keamanan 24 jam, petugas yang berpatroli, CCTV dan akses keluar masuk penghuni dan pengunjung terpantau.
  • Lingkungan asri dan anti polusi sehingga menunjang kesehatan keluarga Anda.
  • Suasana lebih tenang karena umumnya jumlah unit dalam satu cluster tidak lebih dari 150 rumah.
  • Lokasi yang ideal dan aman bagi anak-anak karena terbatasnya jumlah kendaraan yang melintas. Selain itu, tidak sembarangan orang boleh masuk sehingga Anda tidak perlu kuatir ketika anak-anak bermain di luar rumah.
  • Fasilitas lengkap dan terpelihara dengan baik sehingga dapat Anda manfaatkan secara maksimal.
  • Nilai investasi tinggi karena umumnya memiliki akses mudah ke pusat kota dan fasilitas umum lainnya.

Kekurangan Rumah Cluster

  • Terkesan monoton karena memiliki desain bangunan yang serupa
  • Pihak developer tidak mengizinkan adanya perubahan fasad rumah, namun ada kemungkinan boleh melakukan renovasi bagian depan setelah jangka waktu tertentu
  • Harga relatif tinggi karena umumnya berada di lokasi strategis dengan akses mudah ke pusat kota maupun berbagai fasilitas umum lainnya.

Perbedaan Rumah Cluster dengan Jenis Hunian Lainnya

Perhatikan informasi mengenai perbedaan rumah cluster dengan jenis hunian lainnya agar dapat membantu Anda menentukan pilihan hunian terbaik untuk keluarga.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua