Harap Tunggu

Media - Media Detail

Ukuran Rumah Yang Ideal Dan Kriteria Lain Untuk Hunian Impian

02 September 2024 - Artikel

Setiap orang punya kriteria sendiri mengenai ukuran rumah yang ideal untuknya dan keluarga. Selain menyesuaikan budget, keputusan mengenai ukuran rumah ini juga tergantung pada jumlah anggota keluarga ataupun konsep hunian yang Anda idamkan.

Jika Anda ingin menggunakan standar minimal dari ukuran dan kriteria rumah ideal, maka silakan cek informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

 

Ukuran Rumah Ideal untuk Tempat Tinggal

Jika Anda ingin mengetahui acuan resmi mengenai rumah ideal ukuran berapa di Indonesia, maka bisa berpatokan kepada Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kepmen Kimpraswil) Nomor 403/KPTS/M/2002 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Sederhana Sehat (Rs Sehat).

Aturan tersebut bisa pengembang perumahan, pemerintah daerah, maupun masyarakat pakai ketika ingin membangun hunian idealnya.

Terkait ukuran, maka rumah sederhana yang sehat tersebut memperhatikan kebutuhan minimal ruangnya, baik di area dalam maupun luar ruangan.

Perhitungannya berdasarkan kebutuhan setiap penghuni rumah tersebut. Hitungannya berkaitan dengan sejumlah kegiatan dasar setiap orang, misalnya makan, tidur, duduk, kerja, masak, cuci, mandi, serta ruang pergerakan lainnya.

Patokan umumnya, ukuran ruangan setiap orang di rumah ideal adalah sebanyak 7,2 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, setiap orang dianggap sudah bisa menikmati hidup layak terkait keadaan fisik rumahnya.

Nanti, total ukuran rumah ideal minimalis atau sederhana dikalikan dengan jumlah penghuni di dalamnya. Misalnya di rumah tersebut ada empat orang, maka minimal total luas rumah ideal untuk keluarga tersebut ialah 7,2 kali empat, sehingga hasilnya 28,8 meter persegi.

Beralih ke aturan lainnya, tinggi rumah juga perlu diperhatikan agar dapat membuat hunian terasa lebih nyaman dan adem. Biasanya, tinggi idealnya adalah sekitar 2,8 meter sampai 3,5 meteran.

Sementara itu, ukuran tanah tidak ada patokan utamanya, yang terpenting semua ruangan rumah dapat dibangun di atasnya. Jika memungkinkan, sediakan jugalah halaman depan untuk parkiran atau menaruh taman. Sementara halaman belakang tidak terlalu wajib.

 

Kriteria Rumah Ideal

Selain ukurannya, ada hal lain yang membuat suatu hunian disebut ideal. Beberapa kriteria rumah impian keluarga yang ideal adalah:

 

1. Struktur Bangunanya Kuat dan Kokoh

Struktur bangunan berperan penting untuk membuat rumah yang ideal, terutama dari aspek keamanannya. Strukturnya tersebut harus kuat sekaligus kokoh melawan berbagai keadaan cuaca.

Karena itulah, saat memilih material untuk bangunan ini Anda harus menggunakan produk berkualitas dan dikerjakan secara maksimal.

 

2. Rumah Dalam Keadaan Bersih

Meskipun ukurannya minimal dan terlihat sederhana, kebersihan rumah juga penting untuk membuatnya terlihat lebih ideal. Kebersihan ini akan membuat kesehatan semua anggota keluarga lebih terjamin.

Beberapa contoh pengaplikasian perilaku menjaga rumah dalam keadaan bersih adalah membuat sanitasi yang layak, membuat pembuangan sampah terpisah, serta menjaga kebersihan kamar mandi atau WC.

Tujuan tindakan di atas ialah agar mencegah masuknya bakteri dan kuman masuk ke rumah dan mengintervensi tubuh para penghuni.

 

3. Lokasinya Strategis

Posisi yang strategis juga menjadi poin utama  ketika menciptakan rumah ideal. Lokasi strategis pun tidak harus berada di tengah kota. Sebab, maksud lokasi strategis ini berkaitan dengan kedekatannya dengan fasilitas umum, seperti sekolah, puskesmas atau rumah sakit, pasar, dan sebagainya.

Ketika rumah Anda berada di lokasi strategis ini, maka berbagai aktivitas dan rutinitas setiap orang akan lebih mudah sekaligus cepat. Selain itu, rumah juga harus berada di lokasi yang aman, alias terhindar dari potensi kejahatan.

Karena itulah, penting sekali mempertimbangkan keadaan sekitar dari lingkungan tanah atau rumah yang akan Anda beli. Hindari jugalah kawasan di dekat pinggir sungai, kawasan pembangunan sutet, atau area pembuangan sampah akhir.

 

4. Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik

Pencahayaan berperan penting juga untuk rumah Anda. Selain memanfaatkan lampu, usahakan jugalah pencahayaan alami, khususnya di siang hari. Dengan begitu, pengeluaran untuk biaya listrik dapat ditekan.

Rumah yang ideal juga perlu sirkulasi udara yang lancar, sehingga keberadaannya harus diperhatikan dengan maksimal. Jika sirkulasi udara di rumah Anda lancar, maka suasana di rumah akan terasa lebih adem dan sejuk.

 

5. Saluran Pipa Lancar dan Baik

Saluran pipa yang layak juga perlu menjadi pertimbangan ketika membangun rumah ideal. Jika sistemnya tidak dibuat dengan benar, maka kebocoran dapat terjadi. Jika terjadi kebocoran pada pipa, maka bakteri dan jamur bisa berkembang.

Bukan hanya mengganggu kesehatan, dengan maraknya pertumbuhan jamur di dekat area dinding pipa, maka struktur bangunan, khususnya pada dinding akan lebih cepat mengalami kerapuhan.

 

6. Sesuai dengan Selera atau Preferensi

Karena akan menjadi tempat melepas lelah dan berkumpul bersama keluarga dalam jangka waktu lama, maka sebaiknya rancanglah ruma yang memiliki desain sesuai keinginan.

Selama melakukan desainnya, perhatikanlah aspek keindahan dan efektivitas agar aktivitas di rumah juga tidak terganggu. Warna cat dan perabot juga harus masuk ke dalam pertimbangan Anda. Usahakan warnanya sesuai dengan selera dan kesan yang ingin ditonjolkan pada rumah tersebut.

 

7. Lingkungan yang Ramah Anak

Lingkungan dan luas rumah ideal haruslah ramah terhadap anak, terutama jika anggota keluarga termasuk golongan usia ini. Ramah anak maksudnya adalah rumah yang memperhatikan keselamatan dan keamanan anak selama mereka beraktivitas, termasuk bermain.

Misalnya saja adalah menyediakan penyangga tangga yang tinggi dan tidak mudah dijangkau anak. Dengan begitu, potensi mereka terjatuh selama bermain dapat berkurang.

Furnitur di rumah pun harus sesuai dengan anak, misalnya menghindari barang yang memiliki ujung tajam dan mudah dijangkau buah hati.

 

8. Perawatannya Mudah

Rumah yang perawatannya mudah tidak akan membuat penghuni terbebani saat harus beberes, khususnya jika sibuk bekerja atau mengurus anak. Sebab, perawatan rumah harus Anda lakukan dengan rutin.

Jika perawatannya sulit, maka rasa malas bisa datang dan menghambat semangat untuk menjaga kebersihan dan kerapiannya.

Beberapa caranya adalah dengan memakai hiasan yang penting dan memakai produk yang dibutuhkan. Sebab, jika terlalu banyak hiasan atau dekorasi, maka debu akan lebih banyak memiliki tempat untuk bertumpuk. Alhasil, butuh kerja ekstra untuk membersihkannya.

Dengan semua informasi mengenai rumah yang ideal, mulai dari ukuran dan kriterianya, Anda seharusnya sudah mulai memiliki gambaran tentang hunian impian. Entah nantinya rumah tersebut akan dibangun sendiri atau membeli rumah sudah jadi, perhatikanlah semua aspek tersebut.

Khusus untuk Anda yang ingin membeli rumah dari pengembang tepercaya, maka percayakanlah kepada Wiraland. Dengan pengalaman hampir tiga puluh tahun, sudah banyak proyek perumahan yang berhasil dibangun dan memuaskan para pembeli.

Ketika mempertimbangkan ukuran ideal dan kriteria di atas, hampir semua proyek Wiraland sudah memenuhinya, sehingga Anda tidak akan kesulitan memilih rumah yang cocok.

Tingkat keamanan di kawasan perumahan Wiraland juga terjamin, karena sudah memiliki security 24 jam yang siap siaga menjaga perumahan ini.

Oleh karena itu, daripada lama memutuskan, silakan hubungi kontak Wiraland di sini untuk diskusi mengenai ukuran rumah yang ideal dan kriteria-kriteria lainnya.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua