Harap Tunggu

Media - Media Detail

Mengenal Apa Itu Rumah Hook, Kelebihan, & Kekurangannya

09 May 2024 - Artikel

Memilih rumah bukanlah keputusan yang bisa diambil secara gegabah. Anda harus perhatikan nilai investasi sampai dengan feng shui hunian yang mau dipilih. Dengan pertimbangan seperti itu, rumah hook atau pojokan bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Sebab, jenis hunian ini menawarkan keunggulan menarik dan permintaan pasar tinggi. Sehingga, nilai properti ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Mau tahu lebih banyak? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

 

Apa yang Dimaksud dengan Rumah Hook?

Sebelum kita pelajari rumah pojokan, mari kenali dulu apa itu posisi tanah hook? Secara umum, tanah hook terletak di persimpangan dua jalan. Jenis lahan ini cenderung memiliki permintaan tinggi karena menawarkan banyak ruang dari samping dan belakang.

Sementara itu, rumah pojokan atau dikenal sebagai corner lot adalah tipe hunian yang terletak di lahan dengan posisi di persimpangan dua jalan. Sering kali, hunian ini menawarkan dua halaman depan dan dua di samping.

Hal tersebut memberikan pemilik properti ruang outdoor tambahan dibandingkan dengan hunian biasa. Di samping itu, desain rumah hook biasanya akan memberikan pemandangan dua jalan.

Pemandangan tersebut meningkatkan daya tarik estetika secara keseluruhan. Pada akhirnya, ini berpotensi untuk meningkatkan nilai properti.

 

Kenapa Rumah Hook Lebih Mahal?

Secara garis besar, rumah pojokan memiliki harga tinggi karena posisinya cukup menguntungkan. Di samping itu, ada beberapa alasan lain mengapa hunian pojokan cenderung berharga tinggi dibanding jenis properti lainnya.

Beberapa faktor yang berkontribusi pada nilai rumah pojokan atau corner house antara lain:

 

1. Desain Bangunan Fleksibel

Alasan pertamanya adalah hunian di pojok menawarkan pilihan desain yang lebih fleksibel. Dengan dua sisi jalan, rumah jenis ini bisa memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam desain bangunannya.

Posisi di dua sisi jalan ini bisa memberikan lebih banyak opsi dalam penempatan dan orientasi bangunan.

 

2. Cahaya dan Ventilasi yang Baik

Kedua, alasannya adalah rumah jenis ini cenderung memiliki pencahayaan dan ventilasi yang baik. Ini menjadi mungkin karena jendela atau area terbuka menghadap ke dua arah. Sehingga, ini bisa menciptakan atmosfer yang lebih terang dan berangin.

 

3. Ruangan Parkir Tambahan

Alasan selanjutnya adalah rumah di posisi ini bisa menawarkan lahan tambahan untuk area parkir. Dengan adanya dua sisi jalan, Anda memiliki banyak ruang untuk parkir kendaraan.

 

4. Potensi Investasi Jangka Panjang

Terakhir adalah hunian ini menawarkan potensi investasi jangka panjang. Dengan beberapa kelebihannya, rumah ini membuka kesempatan untuk desain arsitektur unik, tambahan ruang, serta lingkungan yang hangat dan nyaman. Nilai-nilai tersebut akan meningkatkan harga dari properti di posisi hook.

Menurut salah satu penelitian terkait jurnal keuangan dan ekonomi, properti ini sering kali dijual dengan nilai 5-20% lebih tinggi dari hunian normal lainnya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hook

Sama seperti jenis hunian lainnya, rumah pojokan juga menawarkan berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait kelebihan dan kekurangannya:

 

Kelebihan Rumah Hook

Beragam kelebihan rumah hook serupa dengan alasan mengapa properti ini mahal. Berbagai macam keunikannya bisa menciptakan kenyamanan bagi pemilik properti ini. Ini adalah beberapa kelebihan dari rumah pojokan:

 

1. Ruang Halaman Cenderung Luas

Salah satu kelebihan utama dari corner house adalah ruang halaman yang cenderung luas. Dengan dua sisi depan, Anda akan punya lebih banyak ruangan outdoor.

Dengan space ini, Anda bisa lakukan berbagai aktivitas, mulai dari berkebun, bermain olahraga, dan mengadakan pertemuan. Di sisi lain, lahan tambahan ini juga bisa dijadikan lahan berkebun yang akan menambah nilai estetika dari rumah Anda.

 

2. Pemandangan dan Cahaya Optimal

Kelebihan berikutnya adalah pemandangan dan cahaya optimal. Dua sisi depan dari tanah sudut akan memberikan Anda cahaya alami yang akan masuk ke dalam rumah.

Anda bisa menempatkan beberapa jendela di dua sisi tersebut, kemudian, cahaya matahari akan masuk sepanjang hari. Selain menciptakan suasana hangat, Anda juga bisa menghemat penggunaan listrik.

 

3. Privasi Lebih Terjaga

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah privasi jadi lebih terjaga. Hal ini mungkin Anda dapatkan karena rumah pojokan mengurangi potensi untuk berbatasan dengan tetangga.

Berbeda dengan rumah yang memiliki tanah dalam dan dikelilingi oleh rumah tetangga di dua sisi, rumah pojokan biasanya hanya punya dua atau tiga properti berdekatan. Posisi inilah yang akan memberikan privasi bagi penghuninya.

 

4. Ada Lahan Parkir Tambahan

Terakhir, mnafaatnya rumah pojokan adalah lahan parkir tambahan. Dengan lokasi di persimpangan dua jalan, corner house bisa menawarkan opsi parkir tambahan. Ini akan sangat berguna apabila Anda mau menerima tamu atau punya beberapa kendaraan di rumah.

 

Kekurangan Rumah Hook

Selain memiliki kelebihan, corner house tentunya mempunyai kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan juga. Berikut adalah berbagai pertimbangan umum yang perlu dipikirkan sebelum membeli rumah pojokan:

 

1. Lalu Lintas Padat

Kekurangan pertama rumah hook adalah lalu lintasnya yang lebih padat. Karena lokasinya, rumah hook bisa mengalami lebih banyak lalu lintas. Dengan padatnya lalu lintas, Anda mungkin harus menghadapi kebisingan karena kendaraan yang lalu lalang.

 

2. Risiko Kejahatan Lebih Tinggi

Berikutnya adalah risiko kejahatan lebih tinggi, khususnya untuk kasus pembobolan. Rumah pojokan cenderung punya lebih sedikit tetangga di sekitarnya. Selain itu, rumah ini lebih mudah diakses dari dua jalan.

Akan tetapi, kelebihannya ini juga memudahkan akses bagi penjahat. Untuk menghindari ini, Anda bisa menambah lampu penerangan jalan dan tingkatkan fitur keamanan rumah.

 

3. Menjadi Sorotan di Kawasan Hunian

Pertimbangan selanjutnya adalah rumah pojokan sering kali menjadi sorotan di kawasan hunian. Hal ini terjadi karena posisinya cukup menonjol di suatu lingkungan. Sehingga, daya tarik rumah atau kekurangannya akan lebih nampak di mata tetangga atau khalayak umum.

 

4. Butuh Lebih Banyak Perawatan Halaman

Minusnya rumah pojokan yang terakhir adalah bangunan ini cenderung membutuhkan lebih banyak perawatan halaman. Hal ini karena rumah pojokan sering kali mempunyai halaman lebih luas. 

Halaman ini sering kali memicu lebih banyak pekerjaan untuk merawatnya. Mulai dari merawat taman, rumput, dan sampah dedaunannya.

Itu dia penjelasan tentang apa itu rumah pojokan hingga kelebihan dan kekurangannya. Sebelum beli rumah jenis ini, pastikan bahwa semua kelebihan dan kekurangannya sudah sesuai dengan preferensi Anda.

Jika masih belum yakin dengan properti yang cocok dengan Anda, Wiraland bisa jadi salah satu pilihan terbaik di Medan. Wiraland menawarkan berbagai jenis rumah dengan harga beragam, mulai dari yang 400 jutaan hingga hunian mewah.

Bersama Wiraland, Anda juga bisa menemukan rumah hook, lho! Salah satunya adalah tipe ONYX dari River Valley Resorthome yang dibandrol mulai dari Rp400 jutaan. Menarik, bukan? Kunjungi situs wiraland.com untuk dapatkan informasi lengkap dan penawaran terbaiknya.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua