Harap Tunggu

Media - Media Detail

Investasi Ruko Medan Murah Dan Strategis

21 May 2023 - Artikel

Medan adalah salah satu kota besar di Indonesia yang ekonominya cukup maju. Sehingga banyak investor yang melakukan investasi di kota tersebut, diantara investasi yang cukup menjanjikan adalah investasi properti ruko. Mencari ruko Medan yang strategis merupakan langkah brilian untuk investasi yang profitable.

Pengertian Ruko

Mungkin sebagian dari kita ada yang masih abu-abu dengan istilah ruko. Oleh sebab itu sebelum membahas ruko lebih lanjut, kami terangkan terlebih dahulu bagaimana pengertian ruko sebenarnya.

Sebenarnya ruko bukanlah satu kata yang mandiri, akan tetapi bentuk singkatan dari dua kata yaitu rumah dan toko. Ruko merupakan nama bagi suatu bangunan yang terdiri dari beberapa tingkat, biasanya dua hingga lima lantai.

Jika kita melihat dari namanya, maka fungsi dari ruko ini tak jauh-jauh dari dunia bisnis. Memang benar sekali, karena biasanya lantai pertama dari ruko ini digunakan untuk tempat usaha seperti toko baju, warung makan atau bahkan kantor.

Sedangkan lantai atasnya biasa digunakan sebagai tempat tinggal pemilik penyewa dan yang menjalankan bisnis di ruko tersebut. Dengan demikian pemilik ruko bisa melakukan pengawasan secara langsung terhadap bisnisnya. Sehingga bisnis bisa lebih terkontrol dan berjalan dengan baik.

Ruko sering Anda temukan di sekitar kompleks perumahan atau area pertokoan. Pada umumnya ruko dibangun secara berderet mengikuti alur jalan. Tentu saja antar ruko satu dengan ruko lainnya bentuk desainnya sama jika masih dalam satu blok. 

Jenis-Jenis Ruko

Walaupun tampak sama, sebenarnya ruko terbagi atas beberapa jenis. Jenis-jenis ruko ini berdasarkan tempatnya. Berikut ini rinciannya:

1. Ruko Perumahan

Jenis ruko perumahan merupakan ruko yang berada di dalam area komersial dari kompleks perumahan. Biasanya mereka yang menjalankan bisnis di ruko ini membuka beberapa usaha yang profitnya tinggi. 

Karena berada dalam area perumahan tentu usaha yang paling tinggi profitnya adalah usaha yang menyediakan berbagai kebutuhan penduduk perumahan. Oleh sebab itu biasanya ruko-ruko perumahan ini diisi dengan apotek, rumah makan, isi ulang air minum hingga jasa fotokopi.

2. Ruko Mall atau Pusat Perdagangan

Karena ruko berhubungan erat dengan dunia bisnis, maka ruko tak hanya terdapat di perumahan saja, akan tetapi juga berada di pusat perdagangan atau mall. Sebagaimana kita ketahui bahwa mall merupakan tempat yang paling ramai dan paling banyak dikunjungi orang, sehingga potensi bisnis di tempat tersebut sangat profitable.

Oleh sebab itu wajar jika banyak ruko yang berdiri di dalam mall atau pusat perdagangan. Pemilik ruko mall memanfaatkan rukonya untuk tempat usaha berupa jual-beli alat elektronik, jam tangan, ponsel. 

Selain itu tak jarang juga ruko mall dijadikan sebagai kantor berbagai pelayanan. Jika Anda memiliki modal yang cukup, maka ruko mall ini dapat menjadi investasi yang menguntungkan jangka panjang. 

3. Ruko jalan Raya

Untuk jenis ruko yang terakhir ini mungkin adalah ruko yang paling sering Anda temui. Karena ruko ini terletak di pinggrian jalan raya. Ruko jalan raya juga termasuk lading investasi yang cukup menjanjikan, karena areanya mudah dijangkau oleh siapa saja yang melewati jalan raya di depannya. 

Biasanya ruko jenis ini lokasinya tak jauh dari area sekolahan, kampus, rumah sakit atau gedung perkantoran. Karena letaknya yang mudah dijangkau siapapun maka usaha apapun yang dibuka di ruko ini akan laku keras, akan tetapi biasanya menyesuaikan dengan tempat penting di dekatnya.

Misalnya jika ruko jalan raya dekat dengan kampus, maka biasanya ruko tersebut menjadi tempat jasa fotokopi dan printer serta menjual berbagai kebutuhan mahasiswa. 

Begitupun jika dekat dengan rumah sakit, maka ruko akan menjadi tempat yang dibutuhkan rumah sakit atau pasien, seperti apotik, rumah makan, dan lainnya.

Tips Memilih Ruko yang Profitable

Jika Anda telah memantapkan tekad dan niat untuk berinvestasi di dunia property ruko, maka perhatikan tips berikut ini sebelum membeli ruko. Sehingga investasi ruko Anda akan berjalan lancar dan membuahkan hasil yang maksimal.

1. Cari Lokasi Ruko yang Strategis   

Melihat lokasi ruko sebelum membeli atau menyewa ruko adalah langkah yang sangat penting. Sebab lokasi yang strategis sangat akan mempengaruhi kemajuan bisnis di ruko Anda nantinya. Pastikan bahwa ruko yang Anda beli memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Selain itu, perhatikan juga bagaimana jaraknya dengan jalan utama, apakah terlalu jauh sehingga sulit terlihat atau sebaliknya. Kualitas jalannya juga perlu Anda pertimbangkan, jika jalan menuju ruko sangat sulit maka bisa dipastikan bahwa potensi profit bisnis Anda sangat rendah.

Di samping itu jarak ruko dengan pusat kota dan pemukiman juga hendaknya Anda perhatikan. Hal yang tak kalah penting juga adalah area parkirnya, pastikan area parkir ruko leluasa untuk mobil dan motor. 

2. Lihat Reputasi Pengembangnya

Memperhatikan reputasi pengembang atau developer ruko tampaknya sering luput dari perhatian para investor property ruko. Kebanyakan mereka hanya fokus memperhatikan desain ruko dan lokasinya yang strategis. Padahal pengembang ruko yang berkualitas juga sangat mempengaruhi kemajuan bisnis yang berjalan di ruko.

Sebab jika developer atau pengembang ruko serius dalam pengelolaannya, maka perkembangan fasilitas, infrastruktur dan populasi penghuninya lebih jelas. Sehingga sangat akan membawa dampak yang positif terhadap ruko.

3. Periksa Legalitas Dokumen Ruko

Jika semua hal di poin-poin sebelumnya telah terdapat pada ruko yang akan Anda beli, maka sebelum deal dengan pemilik ruko, pastikan Anda memeriksa legalitas dokumen ruko dengan teliti. Dokumen-dokumen ruko harus lengkap dan valid legalitasnya. Sehingga tidak terjadi masalah kepemilikan ruko di kemudian hari.

Bayangkan jika bisnis yang Anda jalankan di ruko yang telah Anda beli sedang berjalan dengan baik dan kemudian datang masalah kepemilikan ruko. Maka akan sangat mengganggu bisnis Anda dan bisa menjatuhkan reputasi bisnis Anda. Oleh sebab itu, Perhatikan dengan seksama legalitas dokumen ruko yang dijual. 

Rekomendasi Ruko Strategis di Medan

Temukan ruko di Medan yang strategis dengan desain bangunannya yang modern dan cocok untuk segala bisnis hanya di Wiraland. Mengapa harus di Wiraland? Karena Wiraland adalah perusahaan yang bergerak di dunia properti mulai dari tahun 2000-an sehiongga pengalaman dan reputasinya tak perlu dipertanyakan.

Wiraland berperan sebagai pengembang berbagai jenis properti termasuk ruko. Anda bisa mendapatkan ruko di Medan yang strategis dan profitable dan tentunya dengan harga yang terjangkau di Wiraland. 

Anda bisa melihat-lihat proyek ruko yang ditangani Wiraland di sini. Pilihlah ruko yang paling cocok dengan bisnis yang akan Anda jalankan dan sesuai dengan budget Anda. Jika Anda menemukan informasi yang masih abu-abu tentang ruko yang tersedia, bisa anda hubungi langsung pihak Wiraland di kontaknya berikut ini:

Telephone: (061) 80025888

Email:  customercare@wiraland.com 

Itulah sedikit ulasan kami mengenai ruko Medan murah dan strategis. Pastinya apa yang kami sampaikan banyak kekurangan, oleh sebab itu pantau terus website kami. Karena akan kami posting berbagai artikel tentang properti yang bermanfaat untuk Anda.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua