Harap Tunggu

Media - Media Detail

Wajib Dihindari, Ini 4 Kesalahan Membeli Ruko Di Medan Untuk Investasi

24 November 2022 - Artikel

Investasi di bidang properti masih jadi pilihan bagi banyak orang. Harga properti yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun menjadi alasan utama kenapa investasi ini masih populer hingga sekarang. Bahkan, di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil, properti masih menunjukkan geliat yang cukup positif. Salah satu instrumen yang menarik untuk dijadikan investasi adalah membeli ruko di Medan. Namun, sebelum membeli ruko untuk investasi, sebaiknya kenali beberapa kesalahan yang harus dihindari berikut ini agar terhindar dari kerugian.

 

Kesalahan dalam Membeli Ruko untuk Investasi

Membeli properti untuk dijadikan investasi tidak semudah yang dibayangkan. Butuh pertimbangan matang agar properti yang dibeli dapat menghasilkan keuntungan lebih dan menjadi sumber penghasilan tambahan. Sebab itu, hindari hal-hal berikut ini.

 

1.  Ruko Murah dan Lokasinya Tidak Strategis

Hal pertama yang harus dihindari adalah memilih ruko murah yang lokasinya tidak strategis. Harga ruko di Medan dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari developer, model, hingga kualitas bangunan. Ruko yang dikembangkan oleh developer terpercaya dan profesional tidak mungkin dijual dengan harga di bawah standar, sebab kualitas menjadi pertaruhannya.

Begitupun dengan lokasi ruko tersebut. Ruko yang lokasinya jauh dari jalan utama dan aksesnya sulit kurang menguntungkan jika dijadikan investasi. Untuk itu, jangan tergiur begitu saja dengan penawaran harga murah. Pertimbangkan juga aspek-aspek dan risiko yang menyertainya.

Jika memang tujuan awal membeli ruko adalah sebagai investasi atau membuka bisnis, sebaiknya pilihlah yang dekat dengan jalan raya. Sekalipun harus mengeluarkan dana sedikit lebih besar, tapi peluang suksesnya pun juga lebih besar.

 

2.  Hindari Membeli Ruko di Lahan yang Tidak Jelas

Poin kedua yang wajib dihindari saat membeli ruko maupun rumah dijual di Medan adalah status tanahnya. Hindari membeli ruko di lahan yang tidak jelas statusnya. Tidak sedikit perumahan ataupun ruko yang dibangung di lahan sengketa. Akibatnya pembeli lah yang akan mengalami kerugian karena sewaktu-waktu bangunan bisa dibongkar jika kasusnya masuk ke ranah hukum dan developer kalah.

 

3.  Tidak Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Membeli ruko di Medan tanpa melakukan riset adalah kesalahan besar yang harus dihindari. Sekalipun Anda membeli ruko melalui agen properti, riset tetap diperlukan. Anda bisa mengumpulkan informasi melalui internet terkait kawasan ruko yang akan dibeli, developer, hingga prospek di lingkungan sekitar.

 

4.  Membeli Ruko dengan Fasilitas Tidak Lengkap

Terakhir, hindari membeli ruko dengan fasilitas yang tidak lengkap. Dari segi harga, ruko dengan fasilitas minim biasanya dijual dengan harga murah. Namun, hal ini justru menjadi kerugian tersendiri bagi pembeli. Sebab Anda akan kesulitan menyewakan ruko.

Itulah 4 hal yang harus dihindari saat membeli ruko di Medan.

 

Realated Media

Project Kami