Harap Tunggu

Media - Media Detail

Ingin Beli Rumah 500 Juta Di Medan? Ini Dia Tips Beli Rumah Budget Minim Agar Tetap Menguntungkan

02 June 2022 - Artikel

Apakah mungkin memiliki rumah 500 juta di Medan, mengingat harga tanah di Medan termasuk cukup mahal? Tentu saja.

Walaupun tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi beli rumah di Medan bukan berarti tidak mungkin. Karena memiliki rumah bukan hanya tentang memiliki uang yang cukup untuk DP atau cicilan, tetapi juga tentang melihat peluang yang bisa dimanfaatkan agar lebih hemat ketika membeli rumah.

Memiliki tempat tinggal pribadi yang bisa ditempati anggota keluarga dengan nyaman dan aman dalam jangka panjang adalah impian yang diinginkan hampir setiap orang. Namun tak jarang yang lebih memilih menunda rencana membeli rumah karena merasa uang atau budget yang dimiliki masih tidak cukup.

Padahal dengan budget minim pun anda tetap dapat membeli rumah dengan tanah yang memang tidak terlalu besar tetapi sudah ada bangunan rumah yang siap huni. Oleh karena itu jangan terlalu bernafsu untuk menabung demi beli rumah mewah di luar kondisi keuangan. Jika begitu, mewujudkan memiliki hunian pribadi kemungkinan akan butuh waktu lebih lama sedangkan harga properti setiap tahunnya akan mengalami kenaikan.

Jika anda memiliki budget minim, anda perlu mengetahui kriteria rumah yang harus dibeli agar tetap bernilai tinggi dan tidak kalah dengan harga jual rumah mewah Medan ketika dijual kembali. Namun sebelumnya, simak dulu kelebihan dan kekurangan dari membangun rumah sendiri atau membeli langsung dari pengembang berikut ini.

 

Bangun Rumah & Beli Rumah dari Pengembang, Murah Mana?

Memiliki rumah sendiri bisa dengan membangun sendiri atau membeli rumah dari pengembang., masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Bagi anda yang kurang tertarik memiliki rumah yang memiliki desain serupa dengan tetangga seperti pada rumah cluster, membangun rumah sendiri mungkin pilihan yang baik.

Anda bisa menentukan desain rumah sesuai keinginan, menyesuaikan budget yang dimiliki dengan waktu yang disesuaikan kebutuhan. Selain itu, anda juga mungkin bisa lebih hemat karena dapat membandingkan harga satu toko bahan bangunan dengan toko lain. Namun selain kelebihan tersebut, membangun rumah sendiri tentunya akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih ekstra. Karena anda harus meluangkan waktu untuk memantau proses pembangunan sendiri.

Berbeda jika anda membeli rumah dari pengembang, walaupun bentuk dan desain bangunan relatif sama dalam satu kawasan, setidaknya anda tidak perlu repot mengurus sendiri proses pembangunan rumah hingga kebutuhan administrasi surat menyurat. Tidak menutup kemungkinan juga jika suatu saat ingin merenovasi desain bangunan rumah bisa tetap anda lakukan. Lokasi rumah dari pengembang juga biasanya dibangun dengan dilengkapi banyak fasilitas yang memadai.

Yang terpenting adalah, anda harus teliti memiliki pengembang yang kredibilitasnya terpercaya, sistem pembayarannya jelas, waktu selesainya kapan jika rumah anda inden, waktu serah terima, dan lainnya.

 

Tips Beli Rumah Murah di Medan – OLX Perumahan di Medan

Berikut ini adalah kriteria memilih rumah yang bisa didapatkan dengan budget minim tetapi tetap bernilai jual tinggi.

 

1.Lokasi di Pinggir Kota

Lokasi adalah salah satu yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli rumah. Kini banyak pengembang yang mulai meluncurkan rumah 500 juta di Medan yang berlokasi di daerah pinggiran kota. Walaupun di pinggiran kota, biasanya untuk mengakses berbagai fasilitas lebih mudah.

Membeli rumah di pinggiran kota biasanya bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau daripada di pusat kota. Namun perlu dipastikan juga, untuk memeriksa lingkungan hunian dengan detail agar anda dan keluarga selalu nyaman dan aman.

 

2.Pilih Rumah yang Dijual Over Kredit

Rumah over kredit ini maksudnya adalah take over KPR, namun berbeda dengan lelang rumah di bank. Take over ini adalah pengalihan kepemilikan properti dari satu pihak ke pihak lain dengan perjanjian yang sah di atas hukum.  Proses pembelian rumah take over KPR ini dilakukan antar bank, jual rumah take over, atau take over KPR bawah tangan.

Cara ini bisa membantu bagi anda yang tidak bisa mengambil KPR, anda hanya perlu melanjutkan cicilan perbulan dan memindahkan nama di sertifikat setelah lunas. Biasanya bunga KPR akan lebih ringan sehingga harga rumah yang ingin dibeli juga akan lebih murah.

Take over KPR bisa dikatakan cukup menguntungkan karena terbebas dari cicilan awal, tetapi anda juga harus teliti sebelum membeli. Anda perlu mengecek kelengkapan surat dan kondisi rumahnya. Hal tersebut bertujuan agar anda tidak mengeluarkan dana ekstra untuk perbaikan kondisi rumah di kemudian hari.

 

3.Ikuti Pameran-Pameran Properti

Cobalah mengunjungi pameran-pameran properti ketika ada waktu luang karena pameran tersebut merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Tidak jarang banyak pengembang yang menawarkan harga jual rumah komplek Medan khusus atau promo yang hanya berlaku ketika pameran.

Tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan harga rumah mayfair Medan dengan harga yang lebih terjangkau karena adanya promo. Anda juga dapat memilih rumah terbaru yang dikembangkan para pengembang ternama.

 

4.Manfaatkan Pembelian Rumah Subsidi

Pemerintah kini memiliki kebijakan baru mengenai KPR khusus untuk rumah yang bersubsidi. Hal ini akan sangat membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan budget pas-pasan. Oleh karena itu anda harus memanfaatkan momen tersebut. Walaupun tetap ada proses pengajuan terlebih dahulu dan tidak ada yang tahu akan disetujui atau tidak, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

 

5.Pilih Rumah Lama yang Dijual

Tidak semua orang mau untuk membeli rumah tua, padahal kebanyakan sering ditawarkan dengan harga rumah. Rumah lama biasanya akan dijual lebih murah dibandingkan dengan rumah yang baru dibangun. Anda bisa memilih rumah ini jika memiliki budget minim. Tetapi anda juga harus tetap mengecek kondisi bangunannya terlebih dahulu apakah sepadan dengan harga yang ditawarkan.

 

6.Cari Info Rumah di Situs Properti – Jual Rumah di Medan OLX

Di era teknologi saat ini, sudah banyak situs jual beli properti secara online yang berkualitas, kredibel dan terpercaya. Platform ini dapat memudahkan penjual yang ingin menawarkan rumah yang ingin dijual sehingga dapat memudahkan calon pembeli juga untuk mengakses informasi rumah yang diinginkan.

Anda bisa dengan mudah mencari informasi rumah dijual di perumnas simalingkar medan atau jual rumah di setia budi medan tanpa harus susah payah berkeliling datang ke lokasi.

Biasanya situs-situs properti online ini akan menampilkan daftar properti rumah dijual lengkap dengan keterangan jumlah kamar, tipe bangunan, lokasi, dan harga. Fitur yang bisa digunakan juga beragam, anda bisa menyaring sesuai dengan lokasi yang diinginkan, pengembang rumah, hingga harga yang diinginkan.

 

Harga Rumah di Medan

Harga rumah di Medan tentunya sangat bervariasi. Misalnya harga jual rumah givency one medan relatif lebih fantastis karena sepadan dengan luas bangunan, lokasi, hingga fasilitasnya yang memadai.

Jika anda ingin membeli rumah sebaiknya tentukan standar rumah yang akan dibeli sesuai dengan kemampuan finansial. Sebagai pembeli yang memiliki budget minim anda perlu menargetkan akan memiliki rumah dengan kisaran harga berapa supaya dapat ditentukan spesifikasi rumah dengan berapa jumlah kamar, fasillitasnya apa saja, dan sebagainya.

Sebagai patokan rumah mayfair di kawasan setia budi dengan luas bangunan 45 m2, ukuran 6 x 13, 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi bisa didapatkan dengan harga 800 juta. Anda bisa bayangkan sendiri kira-kira untuk rumah 500 juta di Medan bisa dapat rumah seperti apa.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua