Harap Tunggu

Media - Media Detail

Mengapa Pengajuan KPR Saya Ditolak? Ini 6 Alasannya!

10 July 2018 - Artikel

PUNYA rumah tentu adalah impian semua orang. Namun mengingat di Indonesia kenaikan gaji tidak setinggi atau secepat kenaikan harga properti di Indonesia, maka memiliki hunian sendiri masih sering dianggap sebagai hal yang sulit. Kendati begitu, upaya dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah, bank, bahkan properti terhadap masyarakat Indonesia agar segera memiliki hunian senantiasa terus bergulir dengan berbagai program yang dimiliki. Maka tak heran kalau kita melihat bahwa animo dan antusias masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah sendiri senantiasa cukup tinggi. 

Masalahnya, hal yang sering terjadi ketika Anda hendak membeli rumah dengan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), bank malah menolaknya dengan begitu saja. Simak rangkuman Wiraland mengenai faktor yang membuat bank menolak permohonan kredit rumah Anda. Mumpung penawaran spektakuler Wiraland DP Disubsidi Plus GRATIS PAJAK & BIAYA KPR, maka jangan sampai 6 faktor berikut membuat pengajuan kredit Anda ditolak oleh bank. 

1. Lama Bekerja

Jika Anda adalah karyawan, maka syarat ketika mengajukan permohonan kredit adalah Anda telah bekerja atau menjadi karyawan tetap selama dua tahun yang disertakan dengan surat keterangan kerja/SK pengangkatan dari kantor sebelumnya sehingga masa kerja Anda genap/melampaui dua tahun. Sebab pada dasarnya, bank lebih mudah menyetujui pemohon dengan masa kerja minimal dua tahun.

2. Mutu Jaminan Dinilai Rendah oleh Bank

Merujuk Peraturan Bank Indonesia No. 18/16/PBI/2016, dikatakan bahwa nilai jaminan untuk KPR rumah tapak ialah di atas 70 meter persegi, dengan maksimal 85% dari nilai jaminannya. Jika di luar dari ketentuan ini, biasanya bank akan langsung menolak atau bila diperlukan meninjau ulang pengajuan kreditnya. Dalam urusan KPR, sertifikat dan rumah yang Anda cicil adalah jaminan atau agunan bagi bank. Oleh karenanya, apabila jaminan tersebut kurang layak maka bank tak akan mau mengucurkan kreditnya.

3. Tidak Ada Kerjasama Bank & Developer Pilihan

Salah satu syarat mutlak yang harus Anda ikuti ketika mengajukan kredit rumah adalah melakukan pengecekan apakah developer tersebut sudah bekerjasama dengan bank pemberi KPR incaran Anda. Tujuannya tak lain adalah untuk memuluskan permohonan kredit. 

4. Track Reccord Kredit Di Mata BI

 Semua data dan catatan cicilan apapun yang pernah Anda lakukan mulai dari kartu kredit sampai cicilan kendaraan bermotor, semuanya tercatat oleh Bank Indonesia dan bisa diakses oleh semua bank. Maka, jika catatan kredit Anda macet, seperti cicilan kendaraan, dan lain-lain, akan sangat sulit bagi Anda untuk mendapatkan cicilan dari bank.

5. Penampilan Saat Temu Wawancara Dengan Pihak Bank

Siapa yang sangka kalau kegagalan pengajuan KPR Anda ternyata diakibatkan karena performa Anda secara pribadi pada saat bertemu pihak bank. Anda menjawab berbelit atau penampilan kurang rapi. Hal ini membuat pihak bank menjadi ragu. 

6. Reputasi Developer

Selain itu, faktor tak kalah penting lainnya adalah track reccord developer. Anda cari tahu lebih banyak tentang pengembang tersebut seperti sudah berapa lama ia berdiri, proyek apa saja yang pernah dikembangkan, dan masalah hukum apa yang pernah dihadapi. Semakin buruk reputasi pengembang tersebut, maka semakin besar kemungkinkan kredit Anda ditolak. 

Informasi mengenai reputasi Wiraland sendiri sebagai salah satu developer terbaik dan terpercaya di Kota Medan dapat Anda akses melalui laman utama situs resmi ini. Di Wiraland, Anda juga bebas memilih rekanan bank mana yang bisa Anda tunjuk untuk mengajukan permohonan kredit. 

Cari Rumah Medan, Rumah medan, rumah dijual, rumah murah, rumah baru, rumah cantik, jual rumah murah, harga rumah murah, rumah murah jakarta, rumah dijual murah, rumah murah di Jakarta, rumah kpr murah, rumah minimalis, kredit rumah murah, rumah dijual olx, jual rumah di medan, rumah murah di medan, olx rumah medan, olx medan, rumah sewa di medan, rumah dijual di medan, rumah pohon medan, harga rumah murah, harga rumah murah minimalis, rumah minimalis, harga rumah minimalis, harga rumah di Jakarta, Cari Rumah Medan, Developer Terbaik Medan, Rumah Murah di Medan, Rumah Murah Medan.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua