Harap Tunggu

Media - Media Detail

Tips & Trik Mencari Rumah Sewa Kota Medan Untuk Pemula

28 November 2022 - Artikel

Menyewa satu bangunan rumah terasa lebih menguntungkan daripada tinggal di kost-kostan. Apalagi jika ada teman seperantauan yang juga sedang mencari tempat tinggal. Anda bisa saling berbagi tarif sewa untuk meringankan beban keuangan bulanan. Nah, bagi pemula yang sedang mencari rumah kontrakan di Medan, simak tips dan triknya berikut ini.

 

Cara Memilih Rumah Kontrakan Bagi Pemula

1.  Lakukan riset secara online

Jangan asal memilih kontrakan di kota-kota besar. Bagi pekerja maupun mahasiswa yang akan merantau ke Medan, sebaiknya lakukan riset secara online terlebih dahulu. Carilah daftar perumahan di Medan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah membuat daftar, bandingkan harga antara satu kontrakan dengan kontrakan yang lainnya. Pastikan tarif sewa bulanannya tidak terlalu mahal ataupun terlalu murah. Selain harga, pertimbangkan pula fasilitasnya. 

Demi kenyamanan selama tinggal di Medan, pilihlah rumah yang memiliki fasilitas lengkap dan didukung dengan lingkungan yang aman. Semua informasi ini bisa diperoleh secara online melalui aplikasi maupun website resmi perumahan. 

 

2.  Cek lokasi kontrakan secara langsung

Jika domisili Anda tidak jauh dari lokasi kontrakan, sempatkan untuk mengecek lokasi rumah sewa kota Medan. Dengan melakukan pengecekan secara langsung, Anda dapat mengetahui kondisi rumah dan kawasan sekitarnya. 

Namun, sebelum survey secara langsung, jangan lupa mengabari pemilik kontrakan agar bisa ditemani. Bila kondisi rumah kurang layak untuk ditempati, sebaiknya pilihlah kontrakan lain yang lebih nyaman dan sesuai kebutuhan.

 

3.  Tawar harga sewa

Kesalahan yang sering dilakukan pemula ketika mencari kontrakan adalah setuju dengan tarif yang diberikan oleh pemilik kontrakan. Padahal, Anda bisa menawar harga sewa. Apalagi jika Anda berniat menyewa rumah dalam jangka lama.

Tak sedikit kasus di mana pemilik kontrakan memberikan potongan harga sewa hingga Rp 1 juta lebih. Namun, semua itu tergantung skill tawar-menawar Anda. Bila dirasa kurang ahli dalam tawar-menawar, tak ada salahnya mengajak teman atau kerabat yang ahli dalam hal tersebut.

 

4.  Buat kesepakatan antara kedua belah pihak

Terakhir, buatlah surat perjanjian antara kedua belah pihak. Sebagian orang mungkin menganggap sepele hal ini. Padahal, surat perjanjian yang berisi poin-poin kesepakatan antara pemilik dan penyewa rumah ini punya peran yang sangat penting. Kalau sewaktu-waktu terjadi pelanggaran atas poin kesepakatan, pihak yang dirugikan dapat menuntut haknya.

Setelah mendapatkan rumah sewa kota Medan yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa mengatur keuangan tiap bulannya agar tidak keteteran saat membayar sewa. 

 

Realated Media

Project Kami