Harap Tunggu

Media - Media Detail

Cari Perumahan Baru Di Medan? Simak Tips-tips Berikut Ini Supaya Tidak Kena Tipu!

29 April 2022 - Artikel

Rumah atau tempat tinggal sudah menjadi salah satu produk investasi yang prospeknya sangat bagus. Rumah juga menjadi cita-cita banyak orang. Hal itulah yang membuat nilai sebuah properti beserta tanahnya yang akan selalu naik dari tahun ke tahun. Tidak heran jika makin ke sini makin banyak perumahan baru di medan yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pasar.

Bagi anda yang hendak mencari yang jual rumah siap huni di medan, pastikan satu hal ini anda pikir matang-matang, yaitu lokasi. Lokasilah yang menjadi penentu utama seberapa mahal harga suatu rumah dan seberapa naiknya harganya di kemudian hari.

Memang ukuran dan bentuk rumah medan olx juga penting dalam menentukan harga sebuah properti, namun bangunan atau kondisi fisiknya makin lama bakal makin menurun kualitasnya. Berbeda dengan lokasi dan tanah bangunan tersebut yang relatif permanen keadaannya.

Untuk membantu anda memilih perumahan kpr medan yang tepat, baik untuk tempat tinggal maupun produk investasi, berikut adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan:

 

 

1. Tanah merupakan aset utama yang harganya akan selalu naik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aset utama sebuah rumah adalah tanahnya. Developer bisa saja memoles rumah jualannya sedemikian rupa agar tampak indah dan kokoh sehingga bisa menaikkan harga jualnya sedemikian rupa, namun sebagai calon pembeli anda harus ingat faktor utama dan pertama yang harus dipertimbangkan adalah lokasi dan tanahnya.

Tanah merupakan harta yang terbatas, tidak bisa diproduksi dengan begitu saja, dan permintaannya akan terus naik yang membuat harga tanah pun demikian. Berbeda dengan bangunan di atasnya yang bisa utak-atik sedemikian rupa dan keadaannya bakal menurun seiring berjalannya waktu.

 

2. Lokasi yang mudah diakses

Sudah bukan rahasia lagi untuk harga jual perumahan di medan yang dekat dengan jalan raya pastinya lebih mahal dibanding rumah yang harus masuk-masuk melewati gang untuk mengaksesnya. Rumah dekat dengan jalan raya membuat aksesnya mudah sehingga menggunakan kendaraan jenis apapun, pengantar paket, dan yang lain sebagainya jadi lebih mudah untuk menuju rumah anda.

Apalagi jika lokasi rumah tersebut mudah diakses tapi juga tidak terlalu dekat dengan jalan raya sehingga ketika di rumah anda bisa hidup dengan tenang tanpa gangguan suara berisik kendaraan yang lalu lalang di jalanan, itu pasti lebih mahal lagi.

 

 

3. Cari tahu rencana pembangunan di lokasi rumah yang akan anda beli

Rencana pembangunan ke depannya dekat lokasi rumah di jual medan juga bisa mempengaruhi harga pasarannya. Rencana ke depan itu seperti pembangunan fasilitas umum dari pemerintah, pembangunan dari swasta seperti pabrik dsb. Hal tersebut bisa mempengaruhi kenyamanan hidup di rumah tersebut.

 

Itu merupakan beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan sebelum mencari perumahan baru di medan. Untuk cara pembeliannya, anda bisa membeli rumah dengan cara kontan atau cash langsung. Namun bagi anda yang belum memiliki uang tunai yang cukup, cara lainnya adalah dengan mengajukan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Terdapat beberapa jenis KPR yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan anda. Berikut adalah beberapa diantaranya:

 

1. KPR pembelian

KPR ini diajukan dengan tujuan cari rumah di medan yang jaminannya adalah rumah itu sendiri. Jadi jika anda tidak bisa melunasi kredit tersebut maka rumah yang anda cicil itu akan jadi milik si pemberi kredit atau umumnya adalah pihak bank

 

 

2.  KPR refinancing

KPR jenis ini adalah pengajuan kembali cicilan pada pihak pemberi kredit dengan menggunakan jaminan yang sudah dimiliki yaitu rumah. Namun tentunya akan disesuaikan kembali besaran kredit yang harus dibayar karena harga propertinya pun sudah naik dibanding sebelumnya

 

KPR Berdasar tingkat suku bunga dan penerimanya

1.   KPR bersubsidi

KPR rumah bersubsidi merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu warganya memiliki rumah yang layak huni. Dalam melakukan cicilan suku bunga dan uang muka untuk membeli rumah nanti akan dibantu pemerintah sehingga biayanya jadi lebih ringan.

Namun tentu saja anda jangan berekspektasi lebih memiliki rumah yang bagus dan mewah karena KPR jenis ini hanya mengakomodasi tipe rumah tertentu yang sederhana tapi layak huni.