Harap Tunggu

Media - Media Detail

Mau Cari Rumah Di Medan? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Ini

16 January 2022 - Artikel

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia, yang keberadaannya dibutuhkan sebagai tempat berlindung yang aman dan nyaman bersama anggota keluarga. Meski masih masa pandemi, kebutuhan cari rumah di Medan atau di kota-kota besar lainnya didapati tetap tinggi.

Wajib Anda ketahui sebelumnya, pertumbuhan sektor rumah dari tahun ke tahun terus melejit. Kondisi tersebut dipengaruhi banyak faktor, satu diantaranya karena adanya trend cari rumah yang populer di kalangan milenial. Adanya keterlibatan generasi milenial pun menyumbang inovasi-inovasi segar pada desain perumahan yang ditawarkan akhir-akhir ini.

 

Kebutuhan Rumah di Kota Medan

Kota Medan diketahui mempunyai pertumbuhan properti yang relatif matang dan kini pun menjadi salah satu kota incaran. Ditinjau dari survey yang dilakukan Bank Indonesia, yakni SHPR atau Survei Harga Properti Residensial didapati kota Medan bakal menorehkan kenaikan harga properti dan perumahan paling tinggi se-Indonesia. Karenanya wajar jika sekarang semakin marak situs jual rumah di Medan yang menawarkan produknya.

Sebagai kota besar ke-3, terdapat banyak titik favorit yang bisa Anda jadikan andalan mencari rumah idaman. Salah satunya kecamatan Medan Tuntungan. Kecamatan ini berbatasan dengan Medan Johor di sebelah Timur, Kabupaten Deli Serdang di sebelah Selatan dan Barat, dan Medan Selayan di sebelah Utara. Kondisi geografis cukup bagus. Banyak yang jual rumah di Medan Tuntungan dengan kisaran harga menarik.

 

Pertimbangan Cari Rumah Pertama di Medan

Apakah kali ini pengalaman pertama Anda membeli rumah di kota Medan? Dalam perburuan rumah idaman, penting menentukan lokasi yang ideal. Lokasi mana yang Anda pilih nantinya akan mempengaruhi bandrol harga rumah murah atau sebaliknya. Tidak dipungkiri sebagian besar orang mendambakan rumah di lokasi strategis. Hal ini mempertimbangkan adanya investasi rumah di masa mendatang.

Bagi Anda yang tengah mencari rumah di Medan murah harga, berikut beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan di awal:

 

·      Lokasi Rumah Mudah Dijangkau atau Tidak

Pertimbangan pertama dan paling utama adalah memilih lokasi rumah yang sesuai atau mendukung mobilitas Anda. Dikatakan mendukung mobilitas misal karena lokasinya yang dekat tempat kerja atau tidak jauh dari tempat sekolah anak. Lokasi dikatakan strategis jika memiliki akses jalan baik dan mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Dari hasil survey kepada mereka yang tengah mencari rumah didapati lebih dari 50% responden menilai pentingnya memiliki rumah yang dekat transportasi publik. Sangat wajar, hal ini mengingat transportasi publik berandil besar mendukung mobilitas dan aktivitas.

 

·      Keberadaan Fasilitas Umum

Tak hanya lokasi yang harus mudah dijangkau, sebelum deal membeli rumah dengan desain rumah di Medan yang epic pertimbangkan pula keberadaan fasilitas umum. Apakah di dekat lokasi tersebut terdapat fasilitas umum yang Anda butuhkan? 

Fasilitas umum yang minimal harus tersedia yaitu pusat perbelanjaan baik pasar tradisional, minimarket, atau lainnya. Sehingga memudahkan Anda memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari tanpa harus bepergian jauh.

Akan lebih baik lagi jika lokasi rumah dekat dengan fasilitas umum lainnya, seperti tempat ibadah, rumah sakit, sarana olahraga, taman bermain, sarana rekreasi, dan lain-lain. Keberadaan fasilitas umum ini kedepannya akan sangat membantu Anda. Hanya saja memang semakin lengkap fasilitas umum yang mudah dijangkau, akan semakin tinggi pula harga jual rumah di area tersebut.

 

·      Ada Tidaknya Sistem Keamanan

Satu pertimbangan lain yang tidak kalah penting saat Anda cari rumah di Medan yaitu ada tidaknya sistem keamanan. Mengenai hal ini Anda bisa bertanya langsung kepada tim marketing rumah ataupun melakukan survey langsung dengan mencari info dari masyarakat setempat.

Area perumahan yang bagus sudah seharusnya dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Misal adanya petugas ronda yang berjaga tiap malam, satpam khusus, dan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV untuk jejak rekam jika terjadi tindak kejahatan yang tidak diinginkan.

 

·      Bukan Area Banjir atau Berpotensi Longsor

Bencana alam mungkin saja tidak bisa dihindari, tetapi resikonya dapat diminimalisir. Tentunya dengan pemilihan lokasi rumah yang aman bebas dari bencana alam. 

Mungkin benar bencana alam seperti gempa bumi, angin puting beliung, atau lainnya tidak bisa dihindari. Namun, sejumlah bencana alam lain dapat diperkirakan seperti banjir atau tanah longsor. Jika Anda sudah mengetahui kawasan perumahan yang ditawarkan rawan banjir atau malah menjadi langganan banjir tiap tahunnya, tentu Anda harus mencari pilihan lain.

Karenanya saat meninjau lokasi jual rumah di Medan kota Medan, Sumatera Utara cek saluran pembuangan air atau drainase yang tersedia. Rumah yang bagus memiliki sistem drainase terpadu yang juga diterapkan di setiap rumah.

 

·      Potensi Pengembangan Wilayah

Tak hanya desain atau gambar rumah di Medan yang harus bagus sesuai selera, pastikan Anda juga mempertimbangkan potensi pengembangan wilayah di sekitarnya. Penting mempertimbangkan perkembangan wilayah. Jika area perumahan yang ditawarkan memiliki prospek perkembangan wilayah seperti sarana transportasi, pembangunan infrastruktur, dan fasilitas umum yang dibutuhkan lain tentu akan memberi nilai tambah tersendiri.

Adanya potensi pengembangan wilayah ini juga bagus untuk ladang investasi. Di mana kemungkinan besar akan ada kenaikan harga secara signifikan bahkan dalam jangka waktu dekat. Jika Anda mendapati ini pada iklan jual rumah di Medan yang Anda temukan, jangan melewatkannya, ada investasi menjanjikan.

 

·       Kondisi Rumah Baru atau Lama

The last but not the least, terakhir tapi juga tidak kalah penting mengetahui kondisi rumah yang dijual itu baru atau lama. Masing-masing kondisi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Penjelasannya, jika Anda mendapat tawaran jual rumah baru di Medan biasanya harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi dibanding rumah lawas. Apalagi jika rumah baru termasuk rumah berdesain kekinian lengkap dengan fasilitas penunjang. Namun, kelebihannya bangunan rumah baru masih dalam kondisi baru minim aus. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan renovasi dalam waktu dekat.

Lain halnya dengan membeli rumah lama. Dari segi harga bisa jadi lebih murah. Membeli rumah jadi konon juga lebih hemat dibanding membeli lahan kosong lalu membangun sendiri. Akan tetapi, Anda harus cermat dan meninjau kondisi rumah. Pasalnya meski murah tapi jika membutuhkan renovasi besar tentu akan membuat Anda merogoh saku tambahan. 

Meski demikian bisa menjadi keberuntungan tersendiri jika Anda mendapat rumah lawas tapi masih bagus. Jadi mau beli rumah baru atau rumah lama semua ada kelebihan dan kekurangannya. Tinggal disesuaikan kebutuhan Anda.

 

Itulah beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membeli rumah. Membeli sebuah rumah bisa jadi susah-susah gampang. Dikatakan susah karena tidak mudah menemukan hunian dengan spek yang 100% sesuai keinginan Anda, kecuali Anda membangunnya sendiri. Namun, dengan banyaknya jasa marketing jual-beli rumah kegiatan cari rumah di Medan bisa jadi lebih mudah.

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua